Menikmati Indahnya Sunrise Ditemani Hawa Dingin di Danau Talang

Jujur deh, pasti lo sudah nggak sabar ingin cepat-cepat traveling dan menjelajahi destinasi wisata baru? Apalagi setelah menghadapi pandemi yang nggak sudah-sudah ini, traveling menjadi salah satu cara buat melepas rasa bosan dan penat. Buat yang mau traveling menikmati panorama alam, Danau Talang bisa menjadi pilihan nih, bro. Dijamin bakal bikin lo terpesona dengan keindahannya! Simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Menikmati Indahnya Sunrise Ditemani Hawa Dingin di Danau Talang

Danau Talang, sebuah destinasi cantik nan tersembunyi di Nagari Aia Batumbuk, Kecamatan Danau Kembar, Kabupaten Solok, Sumatera Barat. Meskipun tempat ini nggak terlalu luas, perairan di Danau Talang terlihat begitu tenang. Selain itu lokasinya juga dikelilingi bukit hingga suasana sekitarnya terasa sangat nyaman.

Melewati Nagari Aia Batumbuk, wisatawan akan disuguhi pemandangan hijau hamparan kebun teh yang terlihat sejauh mata memandang. Walaupun matahari bersinar, namun harus tetap menggunakan pakaian yang tebal karena hembusan angin yang dingin.

Terbentuk dari Aktivitas Vulkanik

Menikmati Indahnya Sunrise Ditemani Hawa Dingin di Danau Talang

Image source: instagram.com/kiddrock85

Danau Talang terbentuk dari aktivitas vulkanik gunung yang bernama sama dengan danau tersebut. Tercatat sebagai salah satu gunung aktif di Sumatera Barat, letusan Gunung Talang membentuk dua kawah besar dan salah satunya kini menjelma menjadi sebuah danau.

Pemandangan di sekitar danau juga tampak semakin indah dengan kehadiran bebatuan gunung. Menurut cerita masyarakat setempat, batu-batu tersebut merupakan sisa-sisa dari letusan gunung beberapa waktu silam,

Akses Menuju Danau Talang

Menikmati Indahnya Sunrise Ditemani Hawa Dingin di Danau Talang

Image source: instagram.com/ryanalviii

Danau Talang bisa ditempuh via jalur darat dengan perjalanan sekitar tiga jam dari Padang, Sumatera Barat, menuju ke arah Solok. Begitu sampai di Solok, tinggal melanjutkan perjalanan darat yang bisa ditempuh selama kurang lebih satu jam.

Begitu memasuki kawasan Alahan Panjang, wisatawan bakal dibuat takjub dengan indahnya hamparan kebun teh yang luas. Belum lagi ditambah kehadiran hamparan perkebunan sayur milik warga seperti seledri, daun bawang, dan kubis, yang terlihat di sepanjang jalan menuju danau.

Akses menuju Danau Talang sendiri butuh waktu sekitar satu jam menumpang sepeda motor dari Aia Batumbuk. Perlu diingat, melewati jalanan ini harus ekstra hati-hati karena jalannya penuh tanjakan dan turunan yang terjal.

Rute jalanan yang menanjak dan menurun tersebut memang cukup terjal, hal ini menjadi rute yang cukup menantang untuk dilewati. Banyak juga komunitas sepeda yang mengunjungi kawasan ini untuk menguji adrenalin.

Destinasi Wisata yang Terus Dipromosikan

Menikmati Indahnya Sunrise Ditemani Hawa Dingin di Danau Talang

Image source: instagram.com/davidoktapersianem

Danau Talang merupakan salah satu dari lima danau yang menjadi destinasi wisata di Kabupaten Solok yang terus dipromosikan, selain Danau Singkarak, Danau Di Atas, Danau Di Bawah, dan Danau Tuo.

Ada beberapa lokasi foto menarik yang telah disiapkan pengelola agar pengunjung semakin menikmati danau tersebut. Tampak batang kayu yang cukup besar diletakkan di beberapa sudut ke arah danau untuk pengunjung yang ini berfoto.

Selain pemandangan danau, pihak pengelola menyediakan kapal bagi pengunjung yang ingin berkeliling melihat Danau Talang dari dekat. Buat yang suka melakukan kegiatan berkemah, bisa membawa tenda dan perlengkapan masak lainnya untuk merasakan bermalam di Danau Talang.

Pemandangan pagi yang indah bersinar di Danau Talang akan memicu semangat dan rasa tenang. Semburat oranye dengan pemandangan Gunung Talang dan perbukitan yang mengelilinginya, sukses memanjakan mata di pagi hari.

Bahkan, tanpa perlu mendaki, di ketinggian di atas 1.500 meter dari atas permukaan laut sudah bisa merasakan hawa dingin yang cukup menusuk badan.

Memasuki era new normal, objek wisata Danau Talang kembali ramai dikunjungi wisatawan. Di kawasan tersebut, akan ada beberapa petugas pengelola yang akan memberhentikan pengunjung untuk diperiksa suhu tubuhnya sebelum memasuki objek wisata.

Mengunjungi destinasi wisata Danau Talang ini bisa menjadi pilihan traveling di masa new normal, bro. Selain menikmati panorama alam yang indah, lo juga bisa camping seru untuk bermalam di sini. Tertarik untuk berkunjung ke Danau Talang, bro?

 

Source: cnnindonesia.com
Wilderness Beginner Extreme solo traveling

21 COMMENTS

SHARE
Bahar
Nice info
ditra nugraha
rindu jalan2
agung
tq info ya
Kristian Mustafa
Nice info.
Ldr_Lstyd
keren lur
SRI YAYA ASTUTI
SUNGUH INDAH DAN CANTIK PEMANDANGANNYA
Yuniarto ( Tato )
Bagus nih
Shutter
nice infooo
Umar
nice info....
Adam Gilang Fadhillah
Ntappppppp