Zorbing, Olahraga Extreme di Dalam Bola Raksasa

Pernah melihat orang bermain dan menggelinding dalam bola besar transparan? Yup, itu namanya olahraga Zorbing, bro. Olahraga extreme yang satu ini memang sangatlah unik, karena menggunakan media yang aneh dan tidak biasa. Seperti apa fakta menarik dari Zorbing? Simak ulasan selengkapnya berikut ini, bro.

Zorbing, Olahraga Extreme di Dalam Bola Raksasa

Zorbing merupakan sebuah olahraga extreme menuruni bukit yang mengharuskan pemainnya masuk ke dalam bola plastik besar transparan bernama bola Zorb. Udara yang ada di dalam bola raksasa membuat olahraga extreme ini bisa dimainkan di area perairan, bro. Wajar saja, jika Zorbing bisa saja lo temukan di destinasi wisata dengan wilayah perairan di dalamnya.

Namun, tetap hati-hati saat mencoba olahraga ya, bro. Pasalnya, beberapa waktu yang lalu Zorbing sempat menjadi sorotan karena seorang peserta lomba Zorbing tewas di Rusia. Berikut ini lima fakta menarik terkait Zorbing yang harus lo ketahui, bro.

Sejarah Zorbing

Zorbing, Olahraga Extreme di Dalam Bola Raksasa

Image source: madventures.life

Sebuah artikel dari Rusia tentang Zorb menyebutkan bahwa permainan yang serupa dengan Zorbing telah memulai debutnya pada tahun 1973, bro. Lalu, pada awal 1980-an salah satu komunitas olahraga extreme, Dangerous Sports Club, membangun bola raksasa berukuran sekitar 23 meter dengan konfigurasi penyeimbang yang menopang dua kursi geladak di dalamnya. Hingga pada akhirnya, perangkat ini akhirnya dipotong untuk karena beberapa pertimbangan.

Pada tahun 1994, tiga investor menciptakan perusahaan ZORB Limited di Selandia Baru untuk menciptakan bola yang cocok untuk manusia dan tentu saja untuk mengkomersilkan olahraga extreme ini. Model bisnis mereka adalah mengembangkan aktivitas melalui sistem waralaba. Zorbing memasuki Concise Oxford English Dictionary pada tahun 2001 di mana ia didefinisikan sebagai: "sebuah olahraga dengan seorang peserta di dalam bola raksasa yang besar dan transparan hingga kemudian digulung di tanah atau menuruni bukit".

Rekor Tercepat Olahraga Zorbing

Zorbing, Olahraga Extreme di Dalam Bola Raksasa

Image source: klook.com

Pernah melihat bola yang berputar di atas tanah? Sekarang bayangkan, lo ada di dalam bola yang berputar itu, bro! Itulah sensasi yang ditawarkan olahraga extreme ini.

Zorbing memang olahraga extreme yang penuh resiko, tapi tak sedikit juga penggemarnya yang sudah mencatatkan beberapa rekor dunia. Mantan pemain kriket Inggris Andrew "Freddie" Flintoff memegang rekor 100m tercepat dengan waktu 26,59 detik. Sedangkan untuk jarak terjauh yang berhasil dicatat adalah 570 m yang berhasil terjadi pada 7 November 2006 di Selandia Baru, bro.

Sempat Memiliki Acara TV

Zorbing, Olahraga Extreme di Dalam Bola Raksasa

Image source: klook.com

Zorbing yang sekarang memang menggunakan bola plastik transparan sebagai medianya. Namun, tidak pada tahun 90-an. Saat itu bola yang digunakan terbuat dari besi atau baja kokoh yang lebih berisiko meningkatkan kecelakaan, bro. Olahraga ekstrem tersebut direkam dalam acara tv populer di Inggris yang bernama Gladiator "Atlaspheres".

Bisa Dimainkan di Berbagai Tempat

Zorbing, Olahraga Extreme di Dalam Bola Raksasa

Image source: stagparties.kateandtoms.com

Permainan olahraga bola besar ini bisa dimainkan di berbagai tempat lho, bro. Mulai dari wilayah perbukitan, dataran penuh salju hingga air bola zorb bisa menggelinding tanpa masalah berarti, bro. Keseruan memainkan Zorbing di tempat yang berbeda pasti bakal memberi kesan yang menarik dan pengalaman unik yang terlupakan.

Bola Zorb Dapat Dijadikan Permainan Olahraga Lain

Zorbing, Olahraga Extreme di Dalam Bola Raksasa

Image source: abingdon.org.uk

Kini bola Zorb sudah muncul dengan versi ukuran yang lebih kecil lho, bro. Bola yang lebih mungil ini muat untuk dipakai seseorang hingga menutup bagian perut. Beberapa olahraga lain yang bisa dimainkan dengan bola Zorb mini antara lain, Sepak bola dan Gulat Zorb. Tertarik untuk mencobanya?

 

Referensi : https://www.idntimes.com/sport/arena/adeliadwitas/fakta-menarik-zorbing-agp-c1c2/5
Extreme Action Beginner Extreme solo traveling

10 COMMENTS

SHARE
Ldr_Lstyd
aneh-aneh saja
Heni Oen
wah seru banget
agung
tq info ya
Yumna Aditya Prakoso
ga berani gan
Yuniarto ( Tato )
Sudah pengin punya jaket SuperAdventure nih
Rdh
Seru banget
DEVI TRI HANDOKO
olah raga ekstreme
eNeS
benteng takeshi dong..
Agus Sungkawa
Puyeng ngak ya menggelinding di dalam bola
Heni Oen
kayaknya seru nih