Biar Lo Tahu, Destinasi Wisata Ini Lahir dari Legenda

Indonesia itu nggak bisa lepas dengan mitos atau cerita legenda. Nggak sedikit lho kawasan di Indonesia dengan cerita menarik yang dikelola lalu dijadikan tempat kunjungan wisata. 

Biar Lo Tahu, Destinasi Wisata Ini Lahir dari Legenda

Kisah-kisah itu diyakini sampai sekarang. Makanya nggak heran banyak yang penasaran dan menjadikan kawasatan itu sebagai destinasi legenda, yang positifnya jadi tempat wisata. 

Batu Gantung

Biar Lo Tahu, Destinasi Wisata Ini Lahir dari Legenda

Image source: indozone.id

Kalau pernah berkunjung ke Danau Toba, objek wisata yang satu ini nggak pernah terlewatkan. Batu Gantung adalah sebuah pahatan alam berupa bebatuan yang terletak di Parapat.

Menurut cerita, batu yang terlihat menyerupai tubuh manusia merupakan seorang gadis cantik bernama Seruni dan seekor anjing kesayangannya yang sedang duduk melamun di tepi tebing.

Seruni melamunkan nasibnya yang akan dijodohkan dengan pria yang tak dicintainya. Tragisnya, dia ingin mengakhiri hidupnya dengan melompat ke Danau Toba dari pinggir tebing yang curam. Namun, dia terpeleset dalam lubang batu yang besar.

Seruni akhirnya memutuskan untuk mengakhiri hidupnya di batu itu. Ia berteriak 'Parapat, Parapat!' yang artinya merapat, agar batu itu merapat dan menghimpit tubuhnya. Singkat cerita, batu tersebut akhirnya menghimpit tubuh Seruni di dalamnya.

Tangkuban Perahu

Biar Lo Tahu, Destinasi Wisata Ini Lahir dari Legenda

Gunung ini diberi nama Tangkuban Perahu karena memang bentuknya yang menyerupai perahu terbalik. Tangkuban Perahu ini ada karena legenda yang bernama Sangkuriang. Sangkuriang adalah seorang anak dari wanita cantik bernama Dayang Sumbi yang hidup di tengah hutan.

Kala itu Sangkuriang melakukan kesalahan dan membunuh anjing peliharaan yang ternyata adalah jelmaan ayahnya sendiri. Dayang Sumbi yang mengetahui hal itu kemudian marah dan mengusir Sangkuriang dari rumahnya.

Bertahun-tahun silam, Sangkuriang pun tumbuh dewasa dan menjadi seorang pemuda kuat, sakti dan gagah perkasa. Dia kembali ke hutan tempatnya tinggal bersama ibundanya dulu dan bertemu dengan ibunya Dayang Sumbi.

Saat bertemu, Dayang Sumbi yang tidak menyadari bahwa pria gagah tersebut adalah anaknya. Sampai akhirnya mereka pun saling memadu kasih. Dayang Sumbi belakangan sadar kalau pria yang dicintainya itu adalah anaknya sendiri. Meski begitu, Sangkuriang yang terlanjur jatuh hati pada ibunya ini tetap memaksa menikahi ibunya, dan dayang Sumbi pun menolak keras.

Candi Prambanan, Yogyakarta

Biar Lo Tahu, Destinasi Wisata Ini Lahir dari Legenda

Candi Prambanan menjadi salah satu bangunan bersejarah yang ditemukan di tanah Yogyakarta. Candi yang oleh masyarakat lokal dikenal dengan nama Roro Jonggrang ini memiliki legenda, bahwa dahulu ada seorang pemuda sakti dan kuat ingin menikahi putri yang cantik bernama Roro Jonggrang.

Pada saat itu, Roro dipaksa untuk menikah dengan Bandung Bondowoso. Roro yang tidak ingin menikah dengan pria tak dicintainya ini akhirnya memberikan syarat khusus kepada Bandung Bondowoso.Jika berhasil, Roro mau menikah dengannya.

Dia diminta harus membangun 1.000 buah candi dalam waktu semalam sebelum ayam berkokok. Bandung Bondowoso mampu menyelesaikan 999 candi dengan bantuan jin dan kekuatannya. Roro jonggrang pun meminta para wanita di kampung untuk mulai memukul padi agar para ayam terbangun dan mulai berkokok.

Kecewa dengan perlakuan Roro Jonggrang, Bandung Bondowoso lalu mengubah Roro Jonggrang menjadi batu yang kini dikenal sebagai Candi Prambanan, sedangkan candi di sekitarnya dinamakan Candi Sewu atau Seribu candi.

Danau Toba

Biar Lo Tahu, Destinasi Wisata Ini Lahir dari Legenda

Image source: goodnewsfromindonesia.id

Danau yang indah ini juga tidak luput dari cerita rakyat. Awal mula danau ini terbentuk ini akibat dari kemarahan seekor ikan kepada manusia yang tidak bisa menyimpan baik amanah.

Ketika itu ada seorang pria pergi ke sungai untuk memancing ikan. Namun sudah berkali-kali melempar umpan, pria ini belum juga mendapatkan ikan yang dicarinya. Hingga pada suatu ketika, kail pancing disambar ikan besar yang tidak diduga.

Ikan besar yang berhasil ditangkapnya kemudian dibawa ke rumah. Sesampainya di rumah, pria itu lantas membawa ikan hasil tangkapannya ke dapur. Tetapi ketika hendak mencari kayu bakar, ikan yang disimpan mendadak menghilang dan justru meninggalkan jejak berupa kepingan uang emas.

 

source: https://www.idntimes.com/travel/destination/rosma-stifani/objek-wisata-yang-mengingatkan-legenda-yang-ada-di-indonesia-c1c2/5
Urban Places Beginner Extreme solo traveling

9 COMMENTS

SHARE
Ldr_Lstyd
nice info
Fajar Satritama
Thx info bro
Yuniarto ( Tato )
Amazingggggg
Yumna Aditya Prakoso
bener gan
Rizky setiawan
Mantap gan
Rdh
Nice info
Agus Sungkawa
Tangkiban parahi
nugraha
mantap gan
Yoga prisma haryanto
Indah nusantara