Buat Para Traveler, Ini Trik Bikin Video Time-lapse yang Nggak Susah!

Bro, lo termasuk traveler yang juga hobi motret di setiap perjalanan ke destinasi wisata? Selain mengabadikan momen dengan memotretnya, pasti juga pernah merekam kegiatan perjalanan dalam sebuah video, kan? Biar momen perjalanan semakin menarik, lo bisa membuat video time-lapse dengan latar belakang pemandangan indah, bro. Nggak susah kok, simak triknya berikut ini!

Buat Para Traveler, Ini Trik Bikin Video Time-lapse yang Nggak Susah!

Dalam dunia fotografi, ada berbagai macam teknik fotografi. Namun ada salah satu teknik yang membuat hasilnya sangat menarik, yaitu time-lapse photography. Time-lapse merupakan teknik pengambilan banyak foto atau gambar dengan menggunakan interval waktu dalam sebuah momen dan satu sudut pandang. Contohnya seperti pengambilan detik-detik terbenamnya matahari.

Nah, sebenarnya tujuan dari teknik ini biasanya digunakan untuk kebutuhan video. Mungkin lo pernah menemukan bagaimana sebuah footage dalam sebuah film berisi pergerakan objek dalam sebuah frame.

Buat yang masih bingung bagaimana caranya mengabadikan momen dengan teknik time-lapse, berikut trik yang bisa dipraktikkan supaya momen perjalanan lo semakin kece!

Kamera DSLR atau Smartphone Jadi Alat yang Wajib

Buat Para Traveler, Ini Trik Bikin Video Time-lapse yang Nggak Susah!

Untuk membuat teknik time-lapse, ada dua alat yang bisa membantu yaitu kamera pro seperti DSLR atau pakai smartphone, bro.

Cara pertama mungkin agak ribet, sebab perlu meng-install aplikasi khusus pada kamera. Selain itu, lo juga perlu memindahkan foto-foto time-lapse tersebut ke komputer, lalu menyuntingnya di aplikasi video editor. Namun keunggulannya adalah resolusi tinggi yang bisa didapatkan kalau menggunakan kamera ini.

Cara kedua cukup mudah, yakni menggunakan barang yang selalu dibawa kemanapun perginya, smartphone. Menggunakan smartphone itu sangat mudah untuk membuat teknik time-lapse. Sudah ada beberapa aplikasi khusus, seperti Microsoft Hyperlapse Mobile, Lapse It, Time Lapse Camera, Picpac, Time Lapse Video Recorder, dan masih banyak lagi.

Buat Rencana untuk Memilih Objek Apa yang Mau Diabadikan

Buat Para Traveler, Ini Trik Bikin Video Time-lapse yang Nggak Susah!

Mengabadikan keramaian tempat di perkotaan mungkin sudah biasa. Namun buat para traveler yang suka kedamaian, pasti mau mencoba objek lain. Hasil time-lapse bakal lebih indah kalau mengambil latar tempat pegunungan dan lautan.

Sebaiknya ambil pergerakan alam sebagai objek, seperti matahari, bulan, bintang, dan fenomena alam lainnya. Kalau mau membuat time-lapse pergerakan matahari, hal yang perlu diingat adalah jangan sampai lupa memperhatikan ke arah mana matahari bakal melakukan pergerakan.

Selain Kamera, Jangan Lupakan Tripod atau Gorillapod

Buat Para Traveler, Ini Trik Bikin Video Time-lapse yang Nggak Susah!

Menggunakan alat bantu tripod atau gorillapod untuk membuat teknik time-lapse sepertinya sudah jadi paket lengkap. Alat bantu tersebut dapat memudahkan supaya hasil jepretan yang diambil lebih konsisten. Selain repot memegang kamera berlama-lama, hasil framing pun bakal nggak konsisten. Kalau menggunakan alat bantu ini nggak bakal ada yang namanya goyang.

Kalau menggunakan smartphone, jangan lupa untuk membawa alat bantu juga seperti selfie stick misalnya. Alat bantu ini bisa membantu gadget supaya nggak langsung bersandar di tanah dan juga supaya nggak gampang goyang.

Framing Merupakan Hal Penting

Buat Para Traveler, Ini Trik Bikin Video Time-lapse yang Nggak Susah!

Memosisikan kamera tentu bakal jadi sesuatu yang penting. Pastikan gambar yang mau diambil nanti nggak ada “kebocoran”, entah itu di sisi sebelah atas, bawah, kanan, ataupun kiri. Ketelitian sangat diperlukan dalam momen ini. Jika pemosisian kamera terlaksana dengan baik, maka hasilnya pun akan keren pula.

Teknik Time-lapse dengan DSLR atau Smartphone

Buat Para Traveler, Ini Trik Bikin Video Time-lapse yang Nggak Susah!

Penggunaan kamera DSLR atau smartphone untuk membuat teknik time-lapse ternyata nggak susah, bro. Caranya, atur kamera di mode Aperture Priority. Hal tersebut dilakukan agar pencahayaan bisa teratasi.

Kemudian, atur ISO. ISO yang tinggi adalah posisi di mana kita berada dalam suasana gelap, seperti waktu jelang terbit matahari. Sedangkan ISO rendah untuk suasana cerah, seperti suasana senja menjelang matahari terbenam. Selain itu, jangan lupa atur white balance.

Sebelum benar-benar memotret dam membiarkan kamera memotret otomatis, atur Intervalometer. Contohnya bisa dipilih setting-an, 10 foto per menit. Dengan begitu bisa mendapatkan 600 foto dalam satu jam. Auto Exposure Lock pun jangan luput untuk dipencet supaya pencahayaan kamera teratur secara otomatis.

Setelah itu tekan Shutter pada kamera. Tinggal tunggu beberapa waktu sampai selesai. Terakhir, hasilnya perlu dipindahkan dan mengonversinya menjadi sebuah video pada aplikasi sunting video di perangkat komputer.

Selain kamera DSLR, smartphone juga bisa digunakan. Aplikasi-aplikasi time-lapse gratis juga sudah banyak tersedia. Caranya pun nggak beda jauh, bahkan bisa lebih sederhana. Tinggal atur waktu interval setiap jepretan, lalu hasilnya pun bisa langsung dikonversi ke dalam bentuk video. Mudah banget, kan?

Bagaimana, bro? Ternyata nggak sesulit itu, ya? Sekarang bisa bikin time-lapse buat mengabadikan keindahan alam di destinasi yang diinginkan, deh. Selamat mencoba, bro!

 

Source: hipwee.com
Tips Beginner Extreme solo traveling

7 COMMENTS

SHARE
Yuniarto ( Tato )
Plsssss Redem berhasil
Agus Sungkawa
Boleh nih di coba
Iqbal
Teknik fotografi
agung
tq info ya
Ldr_Lstyd
nice info
Adam Gilang Fadhillah
Jaket Super Adventure
Rdh
Nice info