Tips Menghadapi Bagasi Pesawat Terlambat Saat Sampai di Bandara Tujuan

Setelah lelah menempuh perjalanan udara, bagasi terlambat tentu menjadi persoalan yang sangat tidak diharapkan ketika lo sampai di bandara tujuan. Kondisi ini pastinya bakal membuat lo khawatir tentang barang-barang kesayangan lo di bagasi. Jangan panik, bro. Lo bisa menerapkan beberapa tips ini jika mengalami situasi tersebut. Simak ulasan selengkapnya berikut ini!

Tips Menghadapi Bagasi Pesawat Terlambat Saat Sampai di Bandara Tujuan

Rasanya tentu menyebalkan ketika sudah sampai di bandara dan harus menunggu lama di bandara untuk mengambil barang bawaan di bagasi pesawat. Padahal, penumpang lainnya sudah mengambil semua barang bawaan mereka masing-masing. Jangan-jangan bagasi lo tidak sampai dengan selamat alias hilang, bro!

Lalu, apa yang semestinya dilakukan saat mengetahui bahwa bagasi hilang? Sudah pasti hal pertama kali yang harus lo lakukan adalah menenangkan diri agar tidak panik. Pasalnya, belum tentu bagasi lo hilang, bro. Mungkin saja, tidak lama lagi akan ditemukan kembali dengan selamat. Menghadapi situasi yang semacam ini lo harus berusaha tetap tenang dan mengikuti beberapa tips di berikut ini.

Melapor Sesegera Mungkin

Tips Menghadapi Bagasi Pesawat Terlambat Saat Sampai di Bandara Tujuan

Image source: unsplash.com/@callemac

Langkah pertama setelah lo tidak menemukan bagasi lo di bandara tujuan adalah segera melapor ke kantor unit Pelayanan Bagasi Airline dari maskapai penerbangan yang bersangkutan. Biasanya, terletak tidak jauh di area pengambilan bagasi, bro. Namun sebelumnya perlu dipastikan terlebih dahulu bahwa lo memiliki Claim Tag atau tanda terima bagasi yang diberikan untuk setiap koper atau tas di bagasi. Alat yang satu ini sangat penting, sebab petugas otomatis akan menanyakan sekaligus menentukan kejelasan nasib bagasi lo, bro.

Setelah itu, biasanya petugas akan meminta Boarding Pass/ Paspor/ ID untuk di photo copy. Selanjutnya, petugas menanyakan ciri-ciri bagasi dan menanyakan alamat pengiriman bagasi jika sudah ditemukan. Pastikan sudah memiliki salinan laporan, sebelum meninggalkan kantor Pelayanan Bagasi dan meminta nomor telepon dari kantor yang bersangkutan, bro.

Deskripsikan Ciri-Ciri Koper dan Tas Yang Hilang dengan Detail

Tips Menghadapi Bagasi Pesawat Terlambat Saat Sampai di Bandara Tujuan

Image source: unsplash.com/@cselfors

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, petugas kantor Pelayanan Bagasi pasti akan menanyakan ciri-ciri dari koper atau tas lo yang hilang dalam bagasi. Nah, di sini lo harus mampu memberikan gambaran akurat dari tas atau koper tersebut, bro. Mulai darinya, warna maupun fitur lainnya yang sangat mencirikan atau membedakan dengan yang lainnya. Akan lebih bagus lagi, jika lo memiliki foto koper atau tas pribadi lo dalam smartphone, bro.

Melacak Keberadaan Bagasi

Tips Menghadapi Bagasi Pesawat Terlambat Saat Sampai di Bandara Tujuan

Image source: unsplash.com/@gohrhyyan

Jika dalam waktu 3 hari koper hilang lo belum juga ditemukan datang, lakukanlah pengecekan bagasi dengan menghubungi pihak terkait. Lo bisa menghubungi kantor layanan di bandara maupun kantor pusat dari maskapai penerbangan yang lo gunakan. Jika memang tas atau koper lo belum juga ditemukan setelah mencapai 3 minggu, maka koper lo dinyatakan hilang, bro.

Mengurus Klaim

Tips Menghadapi Bagasi Pesawat Terlambat Saat Sampai di Bandara Tujuan

Image source: unsplash.com/@esther

Ketika lo bepergian menggunakan pesawat dan kemudian tidak memiliki cukup uang karena koper atau tas hilang di bagai, lo bisa meminta maskapai penerbangan untuk bertanggung jawab, bro.

Caranya, lo bisa urus klaim kepada pihak maskapai yang bersangkutan dalam kurun waktu 21 hari sebelum barang bawaan atau bagasi Anda benar-benar dinyatakan hilang. Siapkan juga dokumen-dokumen penting yang sekiranya diperlukan, mulai dari Claim Tagg atau tanda terima bagasi, boarding pass, paspor dan dokumen penting lainnya.

Mengurus Asuransi Perjalanan

Asuransi perjalanan adalah hal yang wajib untuk dilakukan guna mendapatkan kompensasi atau penggantian bagasi. Terlebih ketika maskapai yang lo gunakan ternyata tidak memberikan ganti terhadap barang lo yang hilang. Pastikan juga, bahwa asuransi perjalanan yang lo gunakan sudah mencakup pada perlindungan bagasi. Jadi jangan pernah meremehkan manfaat asuransi, bro. Terutama asuransi yang mengutamakan perlindungan perjalanan dan bagasi.

So, itulah beberapa tips yang bisa lo lakukan untuk menghadapi bagasi pesawat terlambat saat sampai di bandara tujuan. Semoga bisa berguna untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan ya, bro.

 

Referensi : https://www.tiket2.com/blog/tips-jitu-menghindari-kehilangan-bagasi-saat-penerbangan/
Tips Beginner Extreme solo traveling

8 COMMENTS

SHARE
Yuniarto ( Tato )
Jaket Super Adventure
Agus Sungkawa
Tips yang bermanfaat
agung
tq info ya
Bahar
Nice info
Ldr_Lstyd
nice info
Adam Gilang Fadhillah
Jaket Super Adventure
Fajar Satritama
Thx bro info nya
Rdh
Nice info