Tips Aman Saat Mengarungi Derasnya Jalur Rafting

Air sungai tampak mengalir sangat deras. Suara riaknya pun begitu nyaring, hingga terdengar ratusan meter jauhnya. Yup, inilah arena permainan olahraga extreme arung jeram atau yang saat ini biasa disebut rafting. Agar bisa aman saat bermain rafting lo bisa menerapkan beberapa tips berikut ini, bro!

Tips Aman Saat Mengarungi Derasnya Jalur Rafting

Banyak orang yang enggan melakukan arung jeram atau rafting dengan alasan tidak bisa berenang ataupun merasa tidak mahir berenang. Padahal, tidak bisa berenang pun tidak menjadi masalah. Lo bisa tetap ikut merasakan sensasi rafting di sungai yang mengalir deras dengan prosedur tertentu kok, bro.

Disamping itu, risiko saat bermain rafting pasti ada. Apalagi rafting merupakan sebuah olahraga extreme yang dilakukan di alam bebas. Tapi jangan khawatir, lo tetap bisa aman bermain rafting jika menerapkan beberapa tips berikut ini, bro!

Kondisi Sehat

Tips Aman Saat Mengarungi Derasnya Jalur Rafting

Image source: pexels.com/@tomfisk

Sebelum bermain rafting, pastikan dulu kondisi kesehatan diri lo, bro. Jika merasa krang fit, maka jangan ragu untuk menunda aktivitas olahraga extreme yang satu ini. Tenang, lo masih bisa mencobanya di lain waktu kok, bro.

Selain itu, persiapkan juga mental lo sebelum mencoba olahraga extreme ini. Pasalnya, rafting merupakan olahraga air yang penuh dengan tantangan dan bisa membuat detak jantung berdebar kencang. Jadi, lo harus memiliki keberanian dan mental yang kuat, bro.

Pakaian

Tips Aman Saat Mengarungi Derasnya Jalur Rafting

Image source: unsplash.com/@anggaindratama

Sebaiknya gunakan celana pendek dan kaus katun yang nyaman. Agar lebih nyaman, kenakan sandal sebagai alas kaki. Sebaiknya, gunakan sandal gunung daripada harus mengenakan sandal jepit. Pasalnya, sandal gunung memiliki telapak yang lebih kasar, sehingga aman digunakan saat berjalan di pinggir sungai yang licin. Selain itu, sandal gunung memiliki pengait pada tumitnya, jadi lo nggak usah khawatir kehilangan sandal saat bermain rafting, bro.

Perlengkapan Keselamatan

Tips Aman Saat Mengarungi Derasnya Jalur Rafting

Image source: unsplash.com/@habonimana

Gunakan juga helm pelindung dan jaket pelampung (life jacket). Yup, walaupun lo sudah mahir berenang, jaket pelampung tetaplah menjadi salah satu perlengkapan wajib dalam olahraga extreme ini.

Pilih jaket sesuai ukuran tubuh. Cari jaket yang pas di badan, tidak kesempitan maupun terlalu longgar. Jaket pelampung biasanya tersedia dalam beberapa ukuran dan bisa diatur tali pengencangnya sesuai ukuran tubuh lo, bro.

Setelah menemukan pelampung yang cocok, pilihlah helm dengan ukuran yang pas di kepala. Caranya, pastikan tali helm tidak menyeberang dagu, melainkan berada di bawah dagu. Tetapi jangan sampai tali terlalu sempit atau menyakiti dagu.

Pemanasan

Tips Aman Saat Mengarungi Derasnya Jalur Rafting

Image source: tamasya.com

Tak ada salahnya melakukan sedikit pemanasan sebelum melakukan arung jeram. Di beberapa operator arung jeram, hal ini seringkali jarang dilakukan. Kram otot pada tangan saat mendayung bisa saja terjadi jika tubuh lo kurang pemanasan.

Posisi Duduk

Tips Aman Saat Mengarungi Derasnya Jalur Rafting

Image source: unsplash.com/@patrikvelich

Duduklah di tepi perahu karet. Jangan di tengah ataupun di dasar perahu karet. Hal ini untuk memudahkan lo menyeimbangkan tubuh, bro. Selain itu, ikuti instruksi guide di mana posisi duduk yang seharusnya. Terkadang, posisi duduk diatur pada posisi tertentu sesuai dengan berat badan peserta. Selain itu, lo juga bisa memilih duduk di sisi kiri atau sisi kanan. Ingatlah posisi duduk lo sangat berhubungan dengan cara mengayuh dayung dan instruksi saat mengayuh.

Setelah menemukan posisi duduk yang nyaman, jepit kaki di bagian dasar perahu. Ada kantung khusus untuk meletakkan kaki agar lo tak mudah terjatuh ke dalam air, bro

Ikuti Aba-aba Guide Saat Mengayuh

Tips Aman Saat Mengarungi Derasnya Jalur Rafting

Image source: pexels.com/@tomfisk

Sebelum memulai rafting, biasanya seorang guide bakal mengajarkan terlebih dahulu berbagai aba-aba. Saat rafting dimulai, guide akan terus memberi aba-aba sembari mengamati situasi yang terjadi. Pahami dan ikuti arahan dari guide tersebut agar aman dan selamat saat bermain rafting ya, bro.

Perahu Terbalik

Tips Aman Saat Mengarungi Derasnya Jalur Rafting

Image source: unsplash.com/@runehaugseng

Kadang saat arus deras atau memang disengaja, perahu akan terbalik. Dalam situasi, lo bisa saja terjebak di dalam perahu yang terbalik, bro. Suasana yang seketika gelap kadang kala membuat sebagian panik dan histeris.

Namun, jika lo mengalami situasi ini sebaiknya tetaplah tenang dan jangan panik. Walau perahu terbalik, sebenarnya di perahu terdapat celah udara, bro. Cobalah keluar dari balik perahu dengan sedikit menyelam. Namun, sebenarnya di dalam perahu pun tetap aman. Hanya saja, sebaiknya berusaha keluar agar tidak terkena batu yang bisa saja membahayakan.

So, itulah beberapa tips aman saat bermain rafting. Tetap utamakan keamanan dan keselamatan saat mencoba olahraga extreme ini ya, bro. Selamat berpetualang!

 

Referensi : travel.kompas.com/read/2012/03/07/07561423/Inilah.Tips.Rafting.untuk.Pemula
Tips Beginner Extreme solo traveling

10 COMMENTS

SHARE
SRI YAYA ASTUTI
GUNAKANLAH ALAT PELINDUNG DIRI SESUAI ATURAN DEMI KESELAMTAN KITA SEMUA
Agung Sutrisno
Dibutuhkan tehnik dan kondisi yg baik dalam rafting
Yuniarto ( Tato )
Senoga Redeem kali ini Berhasil
Iqbal
Olahraga extrem
agung
tq info ya
Ldr_Lstyd
nice info
Adam Gilang Fadhillah
Jaket Super Adventure
Fajar Satritama
Jadi kangen rafting
Rdh
Nice info
Agus Sungkawa
Seru banget pastinyA