Di Beberapa Negara, Makanan Ini Dilarang untuk Dikonsumsi

Pernah makan permen karet, bro? Atau makan kentang goreng sambil dicocol saus tomat? Kalau di Indonesia sih, makanan tersebut bisa bebas dimakan tanpa ada yang melarang, ya. Namun, di negara tertentu, makanan tersebut justru dilarang untuk dikonsumsi masyarakatnya. Nggak hanya itu, jenis makanan lain juga ada yang dilarang di beberapa negara. Apa aja? Simak ulasannya berikut ini!

Di Beberapa Negara, Makanan Ini Dilarang untuk Dikonsumsi

Biasanya adanya larangan memakan sesuatu dikarenakan alasan kesehatan, tapi berbeda dengan jenis-jenis makanan berikut. Makanan-makanan ini keberadaannya malah sangat dilarang karena berbagai alasan; mulai dari proses produksi yang nggak manusiawi, pelanggaran merek, hingga hukum,

Dilansir Eat This, memang ada beberapa jenis makanan yang masuk dalam kategori kejahatan. Hingga kehadiran makanan tersebut sangat dilarang untuk dikonsumsi masyarakat dunia. Apa aja jenis makanan paling terlarang di dunia itu? Kenapa bisa dikatakan dalam kategori kejahatan? Berikut ulasan selengkapnya.

Salmon Hasil Peternakan

Di Beberapa Negara, Makanan Ini Dilarang untuk Dikonsumsi

Image source: pexels.com/@valeriya

Jenis ikan yang satu ini sepertinya punya banyak penggemar di seluruh dunia. Ikan yang terkenal akan kekayaan asam lemak omega-3 ini sering dijadikan berbagai jenis makanan. Namun ternyata, iklan salmon juga memiliki sisi gelap, bro. Terutama iklan salmon yang sengaja diternakan.

Dikenal juga sebagai salmon atlantik, menurut The Environmental Defense Fund, keberadaan ikan ini telah menimbulkan sejumlah masalah lingkungan. Sehingga negara seperti Selandia Baru dan Australia melarang penjualan salmon ternak tersebut guna mengurangi masalah polusi.

Foie Gras

Di Beberapa Negara, Makanan Ini Dilarang untuk Dikonsumsi

Foie gras bagi warga Prancis merupakan makanan yang mewah, namun nggak untuk warga California. Ini karena, mengambil hingga mengonsumsi foie gras atau hati angsa dianggap tindakan yang nggak manusiawi.

Konon beberapa peternakan melakukan tindakan asusila, dengan memberi pakan secara paksa untuk memperbesar hati angsa hingga ukurannya membesar sepuluh kali lipat. Akhirnya, nggak hanya California, negara lain seperti Italia, Denmark, Finlandia, Norwegia, Polandia, Israel, dan Jerman kini juga melarang hingga membatasi keberadaan bahan makanan tersebut.

Kaviar

Di Beberapa Negara, Makanan Ini Dilarang untuk Dikonsumsi

Image source: unsplash.com/@oxaroxa

Jenis makanan yang satu ini juga bisa dibilang makanan mewah, bro. Namun, sejak tahun 2005, Amerika Serikat telah melarang impor kaviar guna mengurangi perburuan ikan sturgeon yang kini dianggap sebagai hewan langka.

Sehingga jenis ikan tersebut masuk ke dalam daftar hewan punah karena jumlahnya yang semakin sedikit, terutama di Laut Kaspia dan Laut Hitam.

Permen karet

Di Beberapa Negara, Makanan Ini Dilarang untuk Dikonsumsi

Image source: unsplash.com/@marvelous

Makanan yang satu ini pasti sudah sering banget dikonsumsi sejak kecil kan, bro? Namun, di negara tetangga Singapura, permen karet merupakan makanan yang dilarang.

Singapura pernah melarang keberadaan permen karet pada tahun 1992. Demi alasan kebersihan, permen kenyal itu pun nggak boleh lagi dijual di negara tersebut. Bahkan jika ada merek yang berani mengeluarkan produk permen karet, akan dikenakan denda 1.000 dolar Singapura atau sekitar Rp 10,4 juta hingga hukuman dua tahun penjara.

Saus Tomat

Di Beberapa Negara, Makanan Ini Dilarang untuk Dikonsumsi

Image source: pexels.com/@vovaflame

Mungkin agak sedikit aneh kalau saus tomat ini dilarang untuk dikonsumsi. Apalagi makan kentang goreng dengan cocolan saus tomat, enak banget, bro! Namun, lain halnya dengan warga Prancis. Saus tomat terutama yang sudah dalam kemasan botolan dianggap sebagai makanan nggak sehat karena mengandung banyak pemanis.

Sehingga pada tahun 2011 negara tersebut melarang sekolah-sekolah menyediakan saus tomat di kantin mereka. Sebagai kompensasi, siswa hanya boleh mengonsumsi kentang goreng dengan saus tomat sekali dalam seminggu.

Nah, buat lo yang mau berkunjung ke beberapa negara tadi, kemungkinan lo nggak bisa mencicipi makanan-makanan yang dilarang itu, bro. Mending cicipi makanan yang lain aja, ya!

 

Source: kumparan.com
In Depth Beginner Extreme solo traveling

8 COMMENTS

SHARE
Yumna Aditya Prakoso
mantap hehe
nugraha
wah padahal enak tuh
Rdh
Nice info
Yuniarto ( Tato )
Yu Berhasillll
Agus Sungkawa
Ko bisa ya
eNeS
foie gras itu layaknya ayam potong di Indonesia. dipaksa gemuk
Bahar
Nice info
Umar
nice info