Kesalahan Umum Saat Olahraga Extreme Rafting

Sungai yang mengalir deras membuat olahraga extreme ini semakin terasa menantang. Sensasi mengarungi arus sungai deras inilah yang membuat beberapa orang ketagihan untuk bermain arung jeram atau rafting. Jika lo berniat baru ingin mencoba, sebaiknya jangan lakukan beberapa kesalahan saat rafting berikut ini, bro.

Kesalahan Umum Saat Olahraga Extreme Rafting

Bermain arung jeram atau rafting di alam bebas pasti menjadi incaran para petualang yang haus akan tantangan. Jika lo ingin merasakan sensasi mendebarkan saat mengarungi arus sungai yang deras, makan lo wajib cobain olahraga extreme yang satu ini, bro.

Atraksi wisata yang dilakukan di aliran sungai yang deras ini memang dikenal memiliki sejumlah resiko. Wajar saja, jika akhirnya rafting termasuk dalam salah satu olahraga extreme yang menantang.

Rafting memang bisa dilakukan siapa saja, syarat utamanya adalah keberanian dan semangat pantang menyerah. Selain harus menggunakan peralatan pengaman, lo juga wajib menghindari kesalahan-kesalahan ini saat menjalani olahraga extreme rafting, bro.

Tidak Minum Air Mineral Sebelum Rafting

Kesalahan Umum Saat Olahraga Extreme Rafting

Image source: pexels.com/@arniewatkins

Minumlah banyak air mineral sebelum memulai rekreasi rafting, bro. Hal ini mungkin jarang lo lakukan, karena belum merasa kehausan sebelum rafting. Perlu diingat, rafting merupakan olahraga dan memerlukan tenaga yang tak sedikit. Walaupun tidak berkeringat, tapi lo tetap saja membutuhkan asupan air mineral agar tubuh tetap terhidrasi, bro.

Pasalnya, jika mengalami dehidrasi saat rafting pasti tubuh lo akan lebih cepat merasa lelah. Jika sudah mengalami kondisi seperti pasti aktivitas rafting lo bakal terasa kurang menyenangkan, bro.

Tidak Makan Sebelum Rafting

Kesalahan Umum Saat Olahraga Extreme Rafting

Image source: unsplash.com/@akemymory

Sebelum memulai rafting, sebaiknya isi perut lo terlebih dahulu, bro. Lo bisa tanyakan kepada penyedia layanan rafting atau memperkirakan sendiri jam berapa aktivitas wisata extreme ini akan dimulai. Jika sudah mengetahui jadwalnya, lo bisa mengisi perut 2 sampai 3 jam sebelum rafting akan dimulai, bro.

Seperti yang sudah dibahas tadi, rafting merupakan olahraga yang banyak menghabiskan tenaga, maka dengan makan terlebih dahulu, lo bisa memiliki tenaga lebih untuk beraktivitas. Tetapi perhatikan jarak antara makan dan kegiatan rafting akan dimulai, bro. Sebab, hal tersebut bakal beresiko membuat perut lo terasa penuh dan mual.

Tidak Pemanasan Sebelum Rafting

Kesalahan Umum Saat Olahraga Extreme Rafting

Image source: tamasya.com

Kesalahan umum saat olahraga extreme rafting selanjutnya yaitu tidak melakukan sedikit pemanasan sebelum aktivitas rafting dimulai. Untuk menghindari terjadinya kemungkinan kram atau otot terkilir sebaiknya lakukan pemanasan sebelum memulai aktivitas olahraga extreme yang satu ini, bro. Lo bisa melakukan pemanasan ringan sekitar 10-15 menit untuk melemaskan otot, sebelum kegiatan rafting dimulai.

Panik Saat Perahu terbalik

Kesalahan Umum Saat Olahraga Extreme Rafting

Image source: balitoursclub.net

Perahu terbalik saat bermain rafting bisa dibilang merupakan hal yang biasa terjadi. Pada situasi seperti ini, kesalahan umum saat olahraga extreme rafting yang biasanya terjadi adalah panik. Bener nggak, bro?

Perlu dipahami kembali, setiap peserta sudah memakai jaket pelampung. Jadi, walaupun terjatuh ke dalam aliran sungai, lo nggak bakal tenggelam, bro. Yang harus lo lakukan adalah berpegangan dengan perahu agar tidak terbawa arus.

Memakai Sunscreen atau yang Sejenisnya Berlebihan

Kesalahan Umum Saat Olahraga Extreme Rafting

Image source: pexels.com/@rethaferguson

Olahraga extreme rafting merupakan wisata luar ruangan. Wajar saja, jika lo merasa ingin memakai sunscreen atau yang sejenisnya untuk melindungi kulit dari sengatan matahari. Tapi, sebaiknya jangan gunakan terlalu banyak ya, bro.

Pasalnya, cream tersebut biasanya berminyak dan bakal membuat kulit lo lebih licin saat terkena air dan bergesekan dengan benda lainnya, termasuk perahu karet yang bakal lo gunakan untuk bermain rafting. Kesalahan umum saat olahraga extreme rafting pada situasi ini adalah memakai sunscreen atau cream sejenisnya berlebihan.

Jika lo berniat ingin memakai cream tersebut sebaiknya gunakan sedikit saja, hindari pemakaian pada bagian kaki bawah, terutama yang bersentuhan langsung dengan perahu karet agar tidak licin. Jadi, jika terjadi goncangan lo nggak akan kesulitan bertahan di atas perahu, bro.

So, itulah kesalahan- kesalahan umum saat olahraga extreme rafting. Semoga bisa menambah wawasan dan pengetahuan terhadap olahraga extreme yang satu ini ya, bro. Selamat berpetualang!

 

Referensi : https://www.balitoursclub.net/kesalahan-umum-saat-wisata-rafting/
Extreme Action Beginner Extreme solo traveling

5 COMMENTS

SHARE
Yumna Aditya Prakoso
bener gan
Heni Oen
wah seru nih
Yuniarto ( Tato )
Semoga Redeemnya berhasil
dephy
safety dalam bermain arung jeram sangatlah harus dipatuhi bagi peserta
Agus Sungkawa
Nice information