3 Destinasi Wisata Menakjubkan di Kabupaten Pesisir Selatan

Perbukitan yang hijau dan hamparan lautnya yang mempesona membuat Kabupaten di Provinsi Sumatera Barat ini memiliki banyak destinasi wisata yang sangat menakjubkan. Diantara banyaknya tempat wisata di Kabupaten Pesisir Selatan, tiga destinasi ini nampaknya wajib banget lo masukan dalam daftar liburan lo, bro. Dimana saja tempat-tempat tersebut? Simak ulasan selengkapnya!

3 Destinasi Wisata Menakjubkan di Kabupaten Pesisir Selatan

Sesuai namanya, Provinsi Sumatera Barat merupakan sebuah provinsi yang terletak di bagian barat Pulau Sumatera. Berbatasan langsung dengan Samudera Hindia beserta pulau–pulau kecil dan beberapa besar di lepas pantainya, Sumatera Barat populer dengan banyaknya destinasi wisata yang sangat menakjubkan.

Beberapa diantaranya terletak di Kabupaten Pesisir Selatan, tepat di sebelah barat Kota Padang. Kabupaten di Sumatera Barat ini pasti bakal membuat lo merasa bersyukur terlahir di Nusantara, bro. Berikut tiga destinasi wisata yang wajib lo kunjungi saat berada di Kabupaten Pesisir Selatan, Provinsi Sumatera Barat.

Bukit Langkisau

3 Destinasi Wisata Menakjubkan di Kabupaten Pesisir Selatan

Image source: innagroup.co.id

Setelah menaiki puluhan anak tangga, lo bisa langsung sampai di puncak Bukit Langkisau, bro. Sesampainya di sana, pemandangan yang didominasi laut lepas dan beberapa pulau yang berbaris dengan apik bakal langsung menyambut lo dengan ramah. Bukit langkisau merupakan bukit yang cenderung landai dengan rumput halus yang menghiasinya. Di sisi lainnya, lo bisa melihat dengan jelas sudut Kota Painan, bro.

Menoleh sedikit ke arah timur, lo bakal melihat gugusan bukit barisan yang berbaris dengan indahnya. Sebaliknya dari arah barat, laut biru yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia terlihat seakan merayu siapapun yang memandangnya agar terdiam memandangnya lebih lama.

Tak hanya sebagai destinasi wisata di Kabupaten Pesisir Selatan, tempat yang satu ini biasanya juga digunakan para pecinta olahraga extreme untuk menguji adrenalin mereka dengan kegiatan paralayang lho, bro. Titik pendaratannya pun bisa dipilih sesuai selera lo, bro. Jika lo berminat untuk mencicipi paralayang di tempat ini, lo bisa memilih mendarat di Pantai Salido atau di Kota Painan.

Sensasi melayang dengan parasut dari aktivitas paralayang di Bukit Langkisau pun sudah menjadi trend sendiri bagi pecinta paralayang, baik lokal maupun mancanegara. Wajar saja, jika banyak event–event paralayang dilaksanakan di Bukit Langkisau.

Puncak Mandeh

3 Destinasi Wisata Menakjubkan di Kabupaten Pesisir Selatan

Keindahan Puncak Mandeh bisa dibilang nggak kalah dengan Bukit Langkisau, bro. Bahkan, ada beberapa hal yang bisa lo lakukan disini, seperti berkemah, atau hanya sekadar berfoto–foto sambil menikmati lautan biru yang dinaungi awan bergumpal. Jika melihat ke sisi selatan, lo bakal disuguhi pemandangan kapal–kapal kecil berbaris rapi di Pantai Carocok, pantai yang menjadi pintu gerbang ke pulau – pulau kecil di sekitarnya.

Destinasi wisata di Kabupaten Pesisir Selatan yang satu ini memang memiliki daya tarik sendiri. Wajar saja, kebanyakan orang yang sudah berkunjung berpendapat kalau Mandeh merupakan saudara kembar-nya Raja Ampat yang terpisah jauh. Menariknya, jika lo ingin menikmati panorama dari Puncak Mandeh, lo nggak akan dikenakan biaya sedikitpun alias gratis, bro!

Namun, untuk menikmati semua itu lo harus melewati beberapa tantangan, bro. Salah satunya jalan menuju ke Puncak Mandeh yang cenderung berkelok–kelok. Wajar saja, jika beberapa pengendara sengaja memacu kendaraan mereka dengan kecepatan yang relatif lambat ketika melewati jalan tersebut.

Jalan yang curam dengan jurang lautan, serta badan jalan yang juga tidak terlalu lebar menjadi alasan selanjutnya mengapa pengendara yang lalu–lalang tak berani memacu laju kendaraan dengan kencang.

Bukit Bendera Bayang

3 Destinasi Wisata Menakjubkan di Kabupaten Pesisir Selatan

Bukit Bendera Bayang merupakan tempat berbentuk seperti taman wisata alam yang unik. Sebab, jika berada di sini, lo bisa bersantai di atas pohon yang tinggi atau bergaya di atas bukit dengan hamparan pepohonan hijau yang terpampang luas di depan mata. Jadi, nggak melulu soal taman yang ada benderanya, bro. Itulah yang membuat Bukit Bendera terasa berbeda dari taman wisata alam lainnya.

Tahu nggak sih bro, ternyata dulunya tempat ini jadi pos pemantauan warga, lho. Dulunya warga sekitar mengamati kawanan Penjajah Belanda dari Puncak Bukit Bendera. Menurut cerita warga sekitar, apabila ada kawanan penjajah yang terlihat, bendera yang ada di sini akan perlahan diturunkan. Dari situlah diambil nama Bukit Bendera Bayang ini diambil.

Nah, itulah tiga destinasi wisata yang wajib lo kunjungi saat berada di Kabupaten Pesisir Selatan, Provinsi Sumatera Barat. Mana yang jadi favorit lo, bro?

 

Referensi : https://phinemo.com/5-serpihan-surga-kabupaten-pesisir-selatan-sumatera-barat/
Wilderness Beginner Extreme solo traveling

9 COMMENTS

SHARE
Yumna Aditya Prakoso
mantap bgt gan
Heni Oen
keren banget
Yuniarto ( Tato )
Semoga Redem Kali ini berhasil
Agung Sutrisno
Puncak Mandeh liat pemandangan jadi adem
dephy
tuhan menciptakan alam semesta sungguh indah dan sempurna
Heni Oen
Masih asri
Agus Sungkawa
Indah banget bro
Bahar
Nice info
Rdh
Kereeen banget