Tips Packing Kalau Mau Traveling Menggunakan Duffle Bag

Membawa barang bawaan untuk traveling memang nggak melulu harus menggunakan koper. Buat sebagian traveler, packing barang ke dalam koper justru agak merepotkan. Sebaliknya, backpack atau duffle bag justru dianggap lebih praktis dan lebih ringan saat dibawa. Nah, kalau mau traveling menggunakan duffle bag, simak tips packing-nya berikut ini!

Tips Packing Kalau Mau Traveling Menggunakan Duffle Bag

Duffle bag atau yang lebih dikenal dengan gym bag memang dinilai lebih efisien, terutama untuk liburan ke tempat-tempat tertentu. Memang sih, duffle bag nggak memiliki roda seperti koper, namun duffle bag juga bisa menunjang penampilan. Kalau punya jenis tas ini, bisa banget digunakan untuk traveling sebagai pengganti koper, bro.

Nah, buat yang mau traveling dengan menggunakan duffle bag, ada tips packing khusus, bro. Supaya semua barang bawaan bisa masuk ke dalam satu tas. Berikut tipsnya!

Tentukan dan Batasi Barang yang akan Dibawa

Tips Packing Kalau Mau Traveling Menggunakan Duffle Bag

Packing bakal terasa mudah kalau sudah menentukan barang bawaan apa aja yang akan dibawa. Maka dari itu, hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan menulis daftar barang bawaan wajib. Ingat, ruang duffle bag nggak sebesar koper sehingga harus membatasi setiap barang bawaan.

Tinggalkan barang bawaan yang sekiranya nggak penting dan cukup bawa barang yang akan menunjang perjalanan nantinya. Setelah semua barang telah ditentukan, cobalah untuk meletakkan semua barang di atas kasur. Kemudian perhatikan lagi setiap barang tersebut, apakah sudah sesuai dengan kebutuhan atau belum. Jangan sampai ada yang tertinggal, bro!

Pisahkan Barang Bawaan Berdasarkan Fungsinya

Tips Packing Kalau Mau Traveling Menggunakan Duffle Bag

Image source: unsplash.com/@brevite

Hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah mengelompokkan barang bawaan sesuai fungsinya. Misalnya, satukan kaos atau atasan lainnya dengan celana, tapi pisahkan pakaian dalam.

Nah, buat yang membawa sepatu lebih, gunakan ruang sepatu cadangan untuk menyimpan barang-barang berukuran kecil seperti kaos kaki dan barang-barang anti tumpah. Sementara perlengkapan sisanya seperti dompet, passport, kacamata, bisa dikelompokkan menjadi satu.

Gulung Semua Pakaian

Tips Packing Kalau Mau Traveling Menggunakan Duffle Bag

Mungkin tips packing pakaian dengan cara menggulung sudah sering dilakukan, begitu juga kalau mau menggunakan duffle bag. Yap, dibandingkan dengan melipatnya yang hanya akan memakan ruang, lebih baik untuk menggulung setiap pakaian yang akan dibawa, mulai dari baju, celana, jaket, hingga handuk.

Teknik packing dengan cara menggulung memang bisa membuat pakaian mudah kusut, untuk itu bisa disiasati dengan memilih bahan baju yang nggak mudah kusut. Supaya gulungan baju nggak terurai dan berantakan saat di-packing di dalam duffle bag, gunakan karet untuk menjaganya tetap rapi.

Masukkan Barang Sesuai Ukuran

Tips Packing Kalau Mau Traveling Menggunakan Duffle Bag

Image source: review.bukalapak.com

Selanjutnya adalah memasukkan semua barang ke dalam duffle bag. Eits, tapi nggak boleh asal menatanya karena harus dikemas dengan menyesuaikan ukuran dan berat dari barang tersebut.

Pertama, masukkanlah barang yang memiliki berat dan ukuran paling besar, misalnya sepatu dan alat mandi. Kemudian, pada lapisan kedua, letakkan pakaian yang telah digulung, pouch, dan lainnya. Dan di lapisan terakhir, masukkan barang-barang esensial yang akan digunakan setiap saat, seperti charger gadget, dompet, botol minum, atau camilan.

Susun Pakaian Berdasarkan Hari Pemakaian

Tips Packing Kalau Mau Traveling Menggunakan Duffle Bag

Image source: unsplash.com/@sweetpagesco

Ada tips khusus saat menata pakaian, bro. Jangan asal menatanya, susunlah pakaian sesuai dengan urutan hari pemakaiannya. Misalnya untuk pakaian yang akan terakhir kali dipakai harus diletakkan di bagian paling pinggir atau paling bawah.

Sedangkan, pakaian yang akan dipakai di hari pertama harus diletakkan di bagian tengah atau paling atas. Selain memudahkan untuk menjangkau pakaian, cara packing ini juga akan membuat tumpukan pakaian lain tetap rapi.

Manfaatkan Kompartemen Duffle Bag

Tips Packing Kalau Mau Traveling Menggunakan Duffle Bag

Image source: unsplash.com/@erol

Sebuah duffle bag biasanya dilengkapi dengan beberapa kompartemen di setiap sisinya. Biasanya, kompartemen tersebut terletak di bagian sisi kanan kiri dan juga di bagian depan. Supaya semua barang bisa muat dibawa dan tertata rapi, sebaiknya manfaatkan kompartemen yang ada pada duffle bag.

Kompartemen tersebut bisa digunakan untuk menyimpan barang-barang berukuran kecil namun penting, seperti dompet dan passport. Charger gadget, camera pocket, dan barang elektronik lainnya juga bisa disimpan di kompartemen yang masih kosong.

Nah, itulah tips packing barang bawaan kalau mau traveling menggunakan duffle bag, bro. Perlu diingat, duffle bag nggak memiliki supporter untuk menahan beban yang terlalu berat. Jadi, lebih baik untuk membawa barang bawaan yang penting aja ya, bro!

 

Source: review.bukalapak.com
Tips Beginner Extreme solo traveling

11 COMMENTS

SHARE
Yumna Aditya Prakoso
siyap gan
Adam Gilang Fadhillah
Cussssaa
Fajar Satritama
Thx broo info nys
Heni Oen
thanks tipsnya
Iqbal
Tips yang bagus
Rdh
Nice info
Yuniarto ( Tato )
Semoga Redemmnya Berhasil
Agus Sungkawa
Tips menarik
nugraha
makasih infonya
Heni Oen
saran yang bagus