Sering Traveling Naik Kereta? Kenalan Yuk Sama Pramugari KA

Traveling naik kereta api memang nyenengin banget. Menuju destinasi traveling pakai kereta bisa banget bikin pengalaman lo jadi lebih kaya. Interaksi di gerbong menambah cerita menarik perjalanan lo. 

Sering Traveling Naik Kereta? Kenalan Yuk Sama Pramugari KA

Oh iya, satu hal yang mungkin luput dari perhatian ketika sudah duduk nyaman di kursi penumpang adalah sosok wanita yang selalu ada di garda depan untuk melayani lo selama perjalanan. Mereka ada adalah para Pramugari Kereta Api (KA). Jadi, Pramugari bukan bukan cuma ada di pesawat aja, tapi juga ada di kereta api, khususnya kereta api jarak jauh

Pramugari ini jadi penyempurna pelayanan perjalanan di kereta api selain masinis. Sebelum bertugas, pramugari ini biasanya memoles wajahnya untuk tampil menawan menyambut para penumpang. Yuk kenalan dulu bro, apa sih tugas pramugari KA?

Meski sebutannya sama-sama pramugari, tapi pramugari KA ini beda lho dengan awak kabin pesawat. Banyak banget daftar tugas mereka, semata-mata dedikasi tenaganya untuk kenyamanan penumpang.

Soal disiplin, pramugari kereta api ini kudu tepat waktu bro. Nggak boleh telat. Mereka harus sudah siap satu jam sebelum keberangkatan kereta api. Sampai di stasiun, mereka mesti menghitung barang yang akan dijual di restorasi. Tugas mereka memastikan semuanya berfungsi dengan baik, mulai dari microwave sampai boiler. Pokoknya peralatan di ruang restorasi kereta hari bisa digunakan

Nggak cuma itu aja lho, sebelum kereta meninggalkan stasiun, pramugari kereta api ini juga menunggu di peron keberangkatan. Penumpang yang baru masuk kereta nanti akan diarahkan oleh si pramugari kereta api ini sampai ke tempat duduk yang sudah dipesan sesuai tiket.

Sampai di sini, tugas si pramugari kereta api ini belum selesai. Mereka mesti masuk ke ruangan announcer untuk mengumumkan menu apa saja yang ada di restoran. Maklum perjalanan jauh, penumpang harus isi perut. Kalau sudah diumumkan, penumpang bisa memesan makanan lewat aplikasi atau dispatch center dipantau secara berkala.

Pelayanan Saat Fase Kenormalan Baru

Sering Traveling Naik Kereta? Kenalan Yuk Sama Pramugari KA

Image source: Bonauli/detikcom

Di tengah pandemi ini, pelayanan kepada penumpang sudah pasti akan berbeda dari biasanya. Kebetulan, sekarang operasional kereta api jarak jauh sudah dibolehkan lagi. Syaratnya, kapasitas penumpang harus 50 persen. 

Petugas pramugari juga ikut berkurang untuk melayani penumpang. Jadi, kalau sebelumnya itu, dalam satu keberangkatan kereta api jarak jauh, bisa ada empat kru. Komposisinya, dua prama dan dua prami. Prama atau prami itu sebutan buat pramugara dan pramugari ya bro.

Di saat kondisi pandemi kayak gini, jumlah pramugari dipangkas. Jadi kalau perjalanan dekat misalnya Bandung atau Tegal, kru yang ikut berangkat hanya satu petugas, itu pun bisa pramugara atau pramugari. 

Nah, di masa kayak gini para pramugari kereta api tetap bertugas dengan sigap. Tentunya dengan protokol kesehatan yang sudah diatur ya. Jadi kalau lo mau naik kereta api jangan ragu. Kenyamanan dan pengawasan kesehatan diperhatikan betul-betul oleh petugas

Di fase kenormalan baru ini, pramugari kereta api nggak lagi melakukan pelayanan keliling kereta. Penumpang juga sudah pasti duduk berjauhan. Pramugari kereta api akan memberikan face shield untuk penumpang sebelum boarding.

Apa Bedanya Pramugara dan Pramugari Kereta Api?

Sering Traveling Naik Kereta? Kenalan Yuk Sama Pramugari KA

Image source: twitter.com/KAI121

Pramugara dan pramugari di kereta api nggak spesifik memiliki tugas yang berbeda. Mereka sama-sama bekerja sesuai tupoksinya alias tugas pokok dan fungsi.

Cuma kalau tugas tertentu, misalnya membawa baki berisi minuman, itu akan di-handle oleh pramugara. Karena terlalu berisiko kalau diberikan tugas ke pramugari. Kenapa? Soalnya jalur kereta api itu nggak selalu lurus kan. So, berbahaya juga untuk menjaga keseimbangan ketika lagi bertugas membawa baki yang isinya makanan atau minuman.

Risikonya makanan atau minuman bisa tumpah. Kalau kejadian, mereka yang harus ganti kerugiannya. Makanya urusan membawa baki biasanya diserahkan ke si pramugara.

Gimana nih bro, kapan terakhir lo traveling naik kereta api?

 

Source: https://travel.detik.com/travel-news/d-5091495/pengalaman-pertama-pramugari-ka-mabuk-perjalanan-tetap-harus-senyum
Urban Action Beginner Extreme solo traveling

12 COMMENTS

SHARE
nugraha
uda kayak naik pesawat nih
Ldr_Lstyd
nice info slur
Yoga prisma haryanto
Beuuh manap niiih
Bahar
Nice info
Yuniarto ( Tato )
Wadidaweee
Heni Oen
pengen nyoba yang bisnis
Agus Sungkawa
Naik kereta api sdh lama nih ngk jajal lagi
Adam Gilang Fadhillah
KEMEJA SUPER ADVENTURE
Rdh
Nice info
Iqbal
Peraturan baru