Keseruan Main Skuter di Gunung Salju, Bikin Mau Coba!

Main skuter alias otopet di jalan itu sudah biasa alias mainstream. Pernah terbayang nggak kalau main skuter di gunung bersalju? 

Keseruan Main Skuter di Gunung Salju, Bikin Mau Coba!

Iya bro, olahraga ekstrem di gunung salju itu nggak cuma berselancar di atas papan, atau istilahnya snowboarding, ski, atau mobil seluncur. Satu yang mungkin tertinggal dan belum populer di telinga kita yakni snowscoots alias snowscooting alias skuter salju. Dari namanya lo pasti langsung kebayang kayak apasih olahraga snowscooting. Mari kita bahas bro.

Dikembangkan Tahun 1990 di Prancis

Keseruan Main Skuter di Gunung Salju, Bikin Mau Coba!

Image source: pinkbike.com

Snowscooting ini menjadi salah satu alternatif olahraga ekstrem berselancar di salju selain ski dan snowboarding Dan, ternyata olahraga ini sudah dikembangkan sejak tahun 1990 di Prancis. Usianya sudah 30 tahun bro.

Sesuai namanya, snowscooting ini punya penampakan fisik seperti skuter atau otopet pada umumnya. Sebuah papan seluncur dengan tongkat di bagian depan yang fungsinya sebagai setir. Nah, kalau skuter 'mainstream' itu mengaplikasikan dua roda sebagai alat penggeraknya, kalau snowscooting itu hanya papan tanpa roda. Persis seperti papan ski dan snowboarding.

Karena snowscooting ini terus mencuri perhatian, sejak pengembangan tahun 90-an itu beberapa merek terkenal mulai masuk ke skena skuter salju ini. Contohnya, ada salah satu perusahaan yang membuat frame BMX untuk snowscooting dengan dua papan di bawahnya.

Nggak susah kok buat main snowscooting ini. Dalam satu jam juga lo sudah bisa menguasai si otopet salju. Lo hanya perlu menyeimbangkan badan sedikit supaya bisa meluncur lebih kencang yang bikin adrenalin jadi meningkat. Kalau sudah jago, lo bisa deh next level untuk melakukan atraksi atau akrobat  sambil melayang di bukit bersalju.

Trik-trik yang bisa dilakukin basicnya sama seperti trik bermainskuter. Lo bisa melakukan barspin atau melompat di ketinggian. 

Spesifikasi Snowscooting

Keseruan Main Skuter di Gunung Salju, Bikin Mau Coba!

Image source: pinkbike.com

Snowscooting ini sudah punya ajang perlombaannya. Bahkan sudah sampai kelas dunia bro. Jadi klasifikasinya itu ada empat pertama klasik, pro, race, dan terakhir piala dunia

Kebanyakan, material frame dari snowscooting ini terbuat dari baja dengan pilihan model yang beda dan ketebalannya. Kalau lo cuma meluncur di jalur atau lereng yang biasa lo butuh frame yang diameternya 20-24 mm. Tapi kalau lo mau melakukan atraksi melompat melakukan trik, maka tipe frame yang lo butuhkan itu ukuran 28 mm. Karena lebih kuat dibanding frame ukuran lainnya.

Semakin ringan snowscoot, maka semakin mudah buat melakukan trik di gunung salju. Setang atau stirnya juga harus kuat. Stang yang lebih lebar dan tinggi bisa bikin kenyamanan sewaktu bermanuver.

Satu hal yang nggak kalah penting yakni bagian pads atau bantalan. Pad adalah satu komponen antara papan dan frame. Kalau lo mainnya sedikit gila dengan trik-trik ekstrem, baiknya lo menggunakan snowscoot yang khusus race atau world cup alias piala dunia. Terus juga gripnya lo harus punya yang lebih banyak tekstur genggaman. 

Kalau lo sudah lihat video-videonya, dijamin bikin pengen coba deh. Tapi permasalahannya, di Indonesia nggak ada gunung salju. So, sabar-sabar deh ya yang sudah mupeng buat coba. Mudah-mudahan bisa nabung buat ke negara yang menyediakan permainan ini. Ingat, nabung dulu bro!

 

Source: https://www.tsugaike.gr.jp/english/activity/snowmoto
Extreme Action Beginner Extreme solo traveling

11 COMMENTS

SHARE
nugraha
mau nyoba nih
Ldr_Lstyd
pengen cobain nih
Iqbal
Jadi pengen coba
Agung Sutrisno
main skuter di gunung Bersalju olah raga ekstrim yg patut dicoba
Yuniarto ( Tato )
Seru Abis nihhhh
Heni Oen
menantang maut
Agus Sungkawa
Seruuuuu banget
Shutter
nice infoo
Iqbal
Biaya sewa nya mahal
Rdh
Jadi mau nyoba