Beberapa Gerakan Pendinginan Setelah Melakukan Extreme Sports

Aktivitas olahraga extreme memang membutuhkan tenaga dan stamina ekstra para pecintanya. Wajar saja, jika badan terasa pegal dan sakit setelah menjalaninya. Oleh karena itu, sebaiknya lakukan beberapa gerakan pendinginan setelah menjalani olahraga extreme berikut ini, bro!

Beberapa Gerakan Pendinginan Setelah Melakukan Extreme Sports

Tahu nggak sih, ternyata pendinginan sama pentingnya dengan pemanasan lho, bro. Saat  melakukan pendinginan, maka otomatis lo telah membantu tubuh yang semula beraktivitas karena latihan menjadi kembali tenang.

Setiap aktivitas olahraga extreme pasti membuat tekanan darah dan detak jantung lo meningkat. Nah, pendinginan ini bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah dan suhu tubuh lo kembali normal, bro.

Jika lo menghentikan aktivitas otot-otot tubuh mendadak usai olahraga yang intens, maka suhu tubuh lo juga bakal menjadi dingin dengan tiba-tiba juga. Inilah yang menyebabkan rasa sakit di beberapa bagian otot tubuh pada keesokan harinya.

Apa saja gerakan pendinginan setelah olahraga extreme yang efektif? Berikut ini beberapa gerakan pendinginan setelah menjalani olahraga extreme yang harus lo ketahui, bro!

Seated Hamstring Stretch

Beberapa Gerakan Pendinginan Setelah Melakukan Extreme Sports

Image source: pexels.com/@elly-fairytale

Gerakan pendinginan setelah menjalani olahraga extreme pertama yang bisa lo lakukan yaitu Seated Hamstring Stretch. Caranya cukup mudah kok, bro.

Lo cukup duduk di atas lantai atau di atas matras dengan posisi kedua kaki lurus ke depan. Pertahankan posisi tersebut sambil sedapat mungkin menjaga posisi dada mengarah ke depan dan kedua bahu ke belakang. Setelah itu, raih ujung ibu jari kaki dan tahan selama 30-45 detik, bro.

Quad Stretch

Beberapa Gerakan Pendinginan Setelah Melakukan Extreme Sports

Image source: pexels.com/@gustavo-fring

Nah, yang kedua ini agak sulit dan bakal menguji keseimbangan lo, bro. Pertama-tama, berdirilah tegak seperti biasa dengan posisi kedua kaki dan lengan berada di sisi tubuh. Setelah itu, naikan kaki kanan dengan posisi di belakang.

Untuk Menjaga keseimbangan, lo boleh berpegangan pada  kursi atau meja dengan tangan kiri lo, bro. Tahan selama kurang lebih 30-45 detik. Jika dirasa cukup, terapkan hal yang sama berganti dengan kaki kiri.

Shoulder Stretch

Beberapa Gerakan Pendinginan Setelah Melakukan Extreme Sports

Image source: pexels.com/@olly

Pasti lo nggak asing dengan gerakan yang satu ini. Yup, gerakan pendinginan ini memang dipercaya bisa melemaskan bahu yang kaku dan tegang saat beraktivitas.

Caranya juga relatif mudah, yaitu tarik lengan kanan menyilang melewati dada. Tariklah sampai lo merasakan tarikan yang cukup nyaman, sambil menjaga agar dada dan bahu lo ke belakang, bro. Tahan selama 30-45 detik dan ulangi dengan lengan kiri.

Arm Stretch

Beberapa Gerakan Pendinginan Setelah Melakukan Extreme Sports

Image source: pexels.com/@olly

Selanjutnya yaitu gerakan arm stretch. Caranya, berdiri tegak dengan kedua kaki dengan dada ke depan, dan bahu sedikit di tarik ke belakang.

Julurkan lengan kanan lurus ke atas, lalu jatuhkan atau tekuk ke belakang kepala, bro. Gunakan lengan kiri untuk menahan siku tetap di posisinya. Tahan posisi ini selama 30-45 detik sebelum kemudian berganti lengan.

Sky Stretch

Beberapa Gerakan Pendinginan Setelah Melakukan Extreme Sports

Image source: pexels.com/@ketut-subiyanto

Nah, yang terakhir ada gerakan sky stretch nih, bro. Cara melakukan ini yaitu awali dengan berdiri tegak menggunakan kedua kaki. Sambil melakukan gerakan tersebut, angkat kedua lengan lo ke atas, setinggi yang lo bisa, bro. Tahan posisi ini selama 10-15 detik dan ulangi 2-3 kali.

So, itulah beberapa gerakan pendinginan setelah menjalani olahraga extreme yang harus lo ketahui. Pendinginan ternyata juga berguna untuk mencegah perasaan gamang dan pusing usai latihan lho, bro.

Tentu tidak nyaman jika selesai berolahraga, bukannya merasa sehat tapi malah sakit. Ketika lo berhenti bergerak, otot tetap berkontraksi dan tegang tetapi detak jantung sudah melambat. Inilah sumber gamang dan pusing, akibat tidak melakukan pendinginan setelah berolahraga.  Oleh karena itu, jangan malas melakukan pendinginan ya, bro!

 

Referensi : https://lifestyle.kompas.com/read/2015/09/11/111500823/pentingnya.5.gerakan.pendinginan.setelah.olahraga?page=all
Tips Beginner Extreme solo traveling

14 COMMENTS

SHARE
nugraha
makasih infonya
SRI YAYA ASTUTI
Aktivitas olahraga extreme memang membutuhkan tenaga dan stamina ekstra
agung
tq info ya
Yumna Aditya Prakoso
siyap gan
Yuniarto ( Tato )
mantepppppp
Ldr_Lstyd
nice info gan
Shutter
nice info...
Rdh
Nice info
Agus Sungkawa
Biaa di peraktekan.
Heni Oen
mending jalan santai