Lagi Musim Gowes, Lo Tim Bersepeda Malam atau Pagi Hari?

Sudah nggak dipungkiri lagi deh, kalau belakangan ini tren sepeda sedang booming lagi. Pagi siang sore pasti ada aja tuh yang kelihatan lagi sepedaan. Entah itu mau berangkat kerja atau baru pulang dari kantor. Intinya sepeda hype lagi sebagai alternatif olahraga yang nggak bisa dilakukan di dalam ruangan, fitnes contohnya ya. Tapi kalau dilakukan di rumah ya bisa-bisa aja.

Lagi Musim Gowes, Lo Tim Bersepeda Malam atau Pagi Hari?

Nah di tengah keramaian sepeda ini, masih banyak juga tuh yang galau. Mau gowes di pagi hari atau malam hari. Karena ada lho mitos yang bilang kalau sepedaan pagi itu lebih enak, lebih sehat. Terus muncul juga yang beranggapan kalau bersepeda malam hari itu nggak baik. 

Terlepas dari perkara sehat atau nggak, faktanya mau baik pagi atau sore, khususnya di Jakarta, jalan masih ramai pesepeda. Coba deh, acung jari yang tinggal di Jakarta. Kalau lo bepergian menuju arah Senayan setiap weekend itu selalu ramai para pengayuh roda dua. Ada yang bersepeda sendiri.

Bersepeda Pagi Hari

Lagi Musim Gowes, Lo Tim Bersepeda Malam atau Pagi Hari?

Olahraga di pagi hari itu bikin badan jadi bugar bro. Selain udaranya masih segar, manfaatnya juga banyak. Pertama, bisa meningkatkan konsentrasi, kekuatan, sampai keseimbangan. Satu gerakan kaki yang teratu bisa meningkatkan kesehatan yang nggak main-main lho.

Pengaruhnya juga bisa ke pernapasan bro. Sepedaan setiap pagi bisa melatih pernapasan jadi nggak cepat ngos-ngosan buat melakukan kegiatan harian. 

Berat badan juga bisa jadi lebih ideal. Poin ini sebenarnya tergantung olahraga dan bisa dilakukan kapan aja sih. Tapi yang jelas, bersepeda pagi hari itu bisa meningkatkan metabolisme tubuh sekaligus membakar kalori dengan cepat. 

Kinerja otot juga bisa lebih optimal, termasuk sistem kardiovaskular dalam tubuh bisa bekerja dengan baik. Dengan kegiatan ini, secara nggak langsung bisa menjaga berat tubuh tetap ideal alias nggak kegendutan. Nggak berhenti samapai di sini bro. Bisa juga mengurangi penyakit serius seperti jantung, diabetes, sampai stroke. 

Bersepeda Malam Hari

Lagi Musim Gowes, Lo Tim Bersepeda Malam atau Pagi Hari?

Terus gimana dong kalau gowes ketika matahari sudah mulai terbenam? Banyak yang beranggapan kalau angin malam nggak baik untuk kesehatan jantung. Malahan ada juga yang bilang bisa bikin 'angin duduk'.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas tadi bro, bersepeda secara teratur itu bisa merangsang dan memperbaiki jantung, sirkulasi udara, sampai paru-paru. Jadi kalau bersepeda di malam hari itu nggak akan memicu terjadinya 'angin duduk'. 

Sepedaan malam hari juga nggak bisa menyebabkan paru-paru basah atau pneumonia. Angin malam bukan jadi salah satu penyebab pneumonia. Pneumonia itu bisa dialami seseorang ketika udara yang dihirup mengandung bakteri dan virus.

Selain soal penyakit, ada juga yang bilang, malam itu waktunya istirahat dan tidur. Kok malah bersepeda. Anggapan itu mungkin bisa jadi perdebatan, tapi bersepeda sejak sore hingga menjelang malam justru bisa mengurangi stres

Olahraga secara rutin bisa meningkatkan kualitas tidur jadi lebih enak. Nah, buat yang insomnia bisa tuh memanfaatkan waktunya dengan olahraga. Nah, dari penjelasan di atas, lo tim yang mana nih? Tim gowes malam hari atau siang hari?

 

Source: https://www.halodoc.com/artikel/5-mitos-bersepeda-pada-malam-hari-yang-tak-banyak-diketahui
idntimes.com/health/fitness/iip-afifullah/5-manfaat-hebat-bersepeda-di-pagi-hari-exp-c1c2/5
Trending Beginner Extreme solo traveling

10 COMMENTS

SHARE
Yuniarto ( Tato )
Dua 2 nya
Ldr_Lstyd
enakan pagi
Yumna Aditya Prakoso
enak sore
agung
tq info y
Heni Oen
tim pagi
Yoga prisma haryanto
Pagi sama malem... Soale cuma bs liat yg gowes doang
Agus Sungkawa
Lebih suka gowes pagi
Rdh
Team pagi
nugraha
sak luangnya waktu
Fajar Satritama
Malam hariii