Tradisi Unik Perayaan Iduladha di Indonesia, Ada yang Gendong Kambing!

Indonesia memang dikenal dengan kekayaan budaya serta tradisi uniknya. Di beberapa daerah di Indonesia, tradisi tersebut sudah dilakukan secara turun-temurun dan masih dilakukan sampai sekarang. Termasuk beberapa tradisi unik dalam perayaan hari besar umat muslim, yaitu perayaan Iduladha. Di mana aja yang punya tradisi unik tersebut? Simak selengkapnya berikut ini!

Tradisi Unik Perayaan Iduladha di Indonesia, Ada yang Gendong Kambing!

Memasuki tanggal 10 bulan Dzulhijjah pada penanggalan Hijriah, umat muslim mulai disibukkan untuk melaksanakan ibadah kurban. Kurban sendiri di Indonesia secara umum dilakukan dengan menyembelih hewan-hewan ternak seperti sapi dan kambing. Tapi, ternyata tradisi Iduladha pun nggak hanya sekadar menyembelih hewan kurban, bro.

Di berbagai tempat di Indonesia, perayaan Iduladha disambut dengan beragam tradisi unik dan menarik yang sudah dilakukan turun-temurun. Penasaran seperti apa tradisi unik Iduladha yang ada di Indonesia? Berikut ulasannya!

Manten Sapi, Pasuruan

Tradisi Unik Perayaan Iduladha di Indonesia, Ada yang Gendong Kambing!

Image source: Liputan6

Tradisi unik perayaan Iduladha  yang pertama adalah tradisi Manten Sapi yang bisa ditemukan di Pasuruan, Jawa Timur. Sebelum sapi-sapi disembelih, masyarakat akan memandikan sapi dan menghiasnya dengan kembang tujuh rupa dan juga kain putih.

Sapi yang telah di-“dandan”-i ini kemudian akan diarak sebelum akhirnya dikurbankan. Makna dibalik tradisi Iduladha ini sendiri adalah untuk menghormati hewan-hewan kurban sebelum nantinya dikurbankan.

Grebeg Gunungan, Yogyakarta

Tradisi Unik Perayaan Iduladha di Indonesia, Ada yang Gendong Kambing!

Di Yogyakarta, Grebeg Gunungan menjadi tradisi Iduladha yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat. Pada saat tradisi Iduladha ini berlangsung, tiga buah gunungan yang terbuat dari beragam hasil bumi akan diarak dari halaman Keraton hingga berakhir di Masjid Gedhe Kauman. Pada akhir tradisi perayaan Iduladha, masyarakat akan memperebutkan beragam hasil bumi di gunungan tersebut.

Gamelan Sekaten, Cirebon

Tradisi Unik Perayaan Iduladha di Indonesia, Ada yang Gendong Kambing!

Tradisi unik perayaan Iduladha lainnya adalah tradisi Gamelan Sekaten di Cirebon. Tradisi yang diselenggarakan setelah menunaikan shalat Iduladha ini sangat erat dengan kebudayaan setempat. Gamelan yang digunakan untuk pertunjukkan seni ini sendiri hanya dimainkan sebanyak dua kali dalam setahun, yakni pada saat Iduladha dan juga Idul Fitri.

Kalau lo menunaikan shalat Iduladha di Cirebon yang berlangsung di Masjid Agung Sang Cipta Rasa, lo juga bisa melihat tongkat Cis yang dahulu digunakan Sunan Gunung Jati saat berkhutbah di Masjid ini ratusan tahun silam.

Kaul dan Abda’u, Maluku Tengah

Tradisi Unik Perayaan Iduladha di Indonesia, Ada yang Gendong Kambing!

Image source: m.medcom.id

Beralih ke bagian timur Indonesia, tepatnya di Maluku Tengah, lo bakal menemukan tradisi unik Iduladha lainnya, bro. Tradisi Kaul dan Abda’u merupakan tradisi di mana para pemuka adat dan agama akan menggendong kambing menggunakan kain, layaknya menggendong anak kecil, yang akan dikurbankan setelah shalat Iduladha.

Kambing tersebut kemudian diarak keliling desa sambil diiringi dzikir dan shalawat sebelum akhirnya disembelih bersama hewan-hewan kurban lainnya. Unik banget ya, bro?

Sementara itu, Abda’u merupakan tradisi merebut bendera bertuliskan kalimat tauhid oleh ribuan pemuda di Desa Tulehu, Ambon. Tradisi ini menjadi sebuah bentuk ketulusan menerima Islam sebagai agama yang harus dijaga. Selain itu, Abda’u diselenggarakan untuk mempererat hubungan persaudaraan antarpemuda.

Apitan, Semarang

Tradisi Unik Perayaan Iduladha di Indonesia, Ada yang Gendong Kambing!

Image source: Budaya Jawa

Tradisi Apitan di Semarang memang sekilas mirip dengan tradisi Iduladha di Yogyakarta. Pada saat Iduladha, masyarakat muslim di Semarang akan mengarak hasil-hasil bumi dan juga tumpeng.

Dimulai dengan doa, tradisi Iduladha ini diakhiri dengan warga yang akan memperebutkan berbagai hasil bumi dan isi-isi lainnya yang ada pada Apitan. Dikenal juga dengan nama tradisi Sedekah Bumi Apitan, tradisi Iduladha di Semarang ini merupakan perwujudan syukur kepada Tuhan atas rezeki yang telah diberikan.

Itulah beberapa tradisi unik perayaan Iduladha yang ada di Indonesia. Tapi, dalam kondisi pandemi seperti sekarang ini, masih belum tau apakah tradisi tersebut akan tetap dilaksanakan pada tahun ini atau nggak, bro. Menurut lo tradisi mana yang paling unik, bro?

 

Source: tokopedia.com
Trending Beginner Extreme solo traveling

9 COMMENTS

SHARE
Rdh
Nice info
nugraha
unik sekali, sayang gara2 pandemi jadi tidak bisa menyaksikan
Fajar Satritama
Mantap mantapo
Ldr_Lstyd
Uniknya Indonesia
Yuniarto ( Tato )
oke beutttt
Shutter
nice infoo..
Agus Sungkawa
Tradisi yang unik
Heni Oen
untung gendong kambing kalau kebo
Bahar
Nice info