Chase Tag, Permainan Masa Kecil yang Berevolusi Jadi Olahraga Ekstrem

Masa kecil itu nggak pernah kehabisan permainan. Kalau ingat yang namanya permainan petak umpet, itu sama sekali nggak perlu peralatan yang macam-macam. Cuma dinding rumah aja, bahkan tiang listrik, permainan petak umpet bisa berjalan panjang sampai larut malam. Seru banget.

Chase Tag, Permainan Masa Kecil yang Berevolusi Jadi Olahraga Ekstrem

Nah, beranjak dewasa, permainan masa kecil itu sudah nggak relevan lagi dilakukan sekarang. Tapi ternyata, permainan masa kecil itu kini berevolusi jadi cabang olahraga ekstrem yang memacu adrenalin. Kok bisa ya

Salah satunya yakni Chase Tag. Ada yang ingat permainan ini? Jadi chase tag itu permainan kejar-kejaran dulunya. Nah sekarang sudah dikenal menjadi cabang olahraga profesional. Memang sih, belum diketahui se-antero dunia, tapi chase tag ini sudah ada pertandingannya. 

Cara bermainnya simple banget. Pertandingan diikuti oleh dua tim yang masih-masing terdiri dari empat orang. Lalu dalam satu kali permainan, ada 16 sesi. Masing-masing anggotanya harus bisa mengejar anggota dari tim lawan dalam waktu 20 detik. Semakin banyak anggota tim lawan yang dikejar dan tertangkap, maka perolehan pon jadi semakin tinggi. Seperti pada umumnya, tim yang menang adalah mereka yang berhasil meraup poin paling banyak. Olahraga ini diramaikan di seluruh UK, Jepang, Kroasia, dan India. 

Asal Usul Jadi Cabang Olahraga

Chase Tag, Permainan Masa Kecil yang Berevolusi Jadi Olahraga Ekstrem

Image source: expressandstar.com

Olahraga ini pertama kali dicetuskan oleh Christian Devaux. Itu pun nggak sengaja. Jadi ketika itu Devaux sedang bermain dengan anaknya. Nah, di momen itu anak Devaux menantang siapa yang paling baik dalam permainan melintasi rintangan ini. Dulu, permainan ini dilakukan di kebun belakang halaman rumah Devaux

Halang rintangnya sudah pasti benda-benda yang ada di halaman belakang. Dulu tempat sampah bisa jadi tantangannya yang dikombinasikan dengan meja atau bangku. Lama kelamaan jenis tantangannya dibuat lebih sulit. Tapi Devaux dan putranya itu berhasil menyelesaikan rintangan itu.

Barulah pada tahun 2015 Devaux membuat permainan dengan sang anak menjadi sebuah cabang olahraga. Karena olahraga ini menyenangkan, sampai-sampai James Bond juga ikut larut dalam permainan ini. Termasuk atlet dunia.

Sudah Punya Turnamen Resmi

Chase Tag, Permainan Masa Kecil yang Berevolusi Jadi Olahraga Ekstrem

Image source: engoo.id

Turnamen resmi Chase Tag ini sering kali dilakukan di New York, Amerika Serikat. Olahraga ini akan mempertandingkan dua tim siapa yang paling cepat melintasi rintangan yang disiapkan. Nggak cuma rintangan aja, tapi tim yang bertanding juga berhadapan dengan lawan yang tugasnya menangkap atau mengenai lawan. 

Chase tag dinilai menarik karena bisa membawa ke masa kecil. Jadi semangat dalam pertandingan ini juga jadi personal banget buat para pemainnya. 

Kalau dilihat sekelebat, chase tag bakal tampak mirip dengan olahraga parkour dari segi teknik. Tapi secara umum berbeda. Kalau parkour itu melewati rintangan dengan cara melompat. Sementara chase teg itu menghindari rintangan yang ada di depan mata dengan cara apapun. Jadi, nggak bisa tuh chase tah digabungkan dengan gerakan parkour.

Waktu di film James Bond, Chase Tag dipakai di adegan film yang judulnya Casino Royale. Olahraga ini juga dibilang lebih teknis dan taktis. Karena para pemainnya harus bisa langsung memikirkan pergerakan dans aat itu juga harus cepat menghindari lawan, termasuk menganalisa lawan.

 

Source: https://m.top.skor.id/detail/55788/Chase-Tag-Permainan-Masa-Kecil-yang-Mendunia
Extreme Action Beginner Extreme solo traveling

14 COMMENTS

SHARE
nugraha
seru banget nih jd inget masa kecil
Shutter
nice info..
Umar
nice info
Ldr_Lstyd
seru banget nih
Yuniarto ( Tato )
Bagusssss
Iqbal
Sangat berisko
Heni Oen
cocok buat anak muda
Kristian Mustafa
Keren juga mainannya.
Rdh
Nice info
Heni Oen
walah.. boleh juga