Melihat Lebih Dekat Ice Yachting, Balap Kapal di Atas Sungai Beku

Langit sudah kelabu. Tapi hasrat untuk memacu kecepatan kapal yacht tidak ada menurun sedikit pun. Sang pilot berjalan pelan-pelan. Langkah kakinya di atas es begitu perlahan menuju kokpit. 

Melihat Lebih Dekat Ice Yachting, Balap Kapal di Atas Sungai Beku

Lengkap dengan kostum lengkap. Kapal itu mulah didorong. Kapal pun bergerak perlahan. Saat sudah dalam kecepatan yang cukup, sang pilot mulai tancap gas. Setir digenggam dengan kepalan yang keras. Embusan angin yang begitu kencang membawa kapal melesat lebih kencang.

Iya, itu adalah gambaran bagaimana ice yachting beraksi di atas lautan beku. Kapal layar ini bisa dibilang cara lain menikmati kebut-kebutan di laut atau sungai saat musim dingin datang. Meski air beku, naluri pembalap masih bisa tersalurkan. Kapal Yacht yang biasa menerjang ombak mulai berevolusi dimainkan di atas es.

Secara tampilannya masih sama dengan kapal Yacht yang biasa diperlombakan untuk adu balap. Tetap menggunakan layar, hanya saja untuk menggerakan kapal di awal bertumpu pada dorongan si pilot.

Kapal es ini bisa melaju dengan kecepatan di atas sampai 60 mil per jam atau 100 km per jam. Karena kecepatannya itu, kapal es kadang digunakan untuk rekreasi juga selain buat balap. Pilotnya juga cuma satu, tidak bisa lebih banyak.

Sejarah Ice Yachting

Melihat Lebih Dekat Ice Yachting, Balap Kapal di Atas Sungai Beku

Image source: duluthnewstribune.com

Ice Yachting atau iceboating ini pertama kali dimulai di Eropa, khususnya di teluk laut Baltik dan kanal-kanal Belanda. Awalnya kapal ini hanya digunakan untuk berdagang. Tapi lama kelamaan, berkembang jadi kapal es di Amerika.

Kapal es atau ice yachting ini pertama kali diperkenalkan di Sungai Hudson Negara Bagian New York di Amerika Serikat pada tahun 1790. Kapal pertama dibangun oleh Olever Booth dari Poughkeepsie. Tahun 1865, terbentuk perkumpulan kapal es. Baru di tahun 1881 ada lima klub kapal es yang berlomba. Balapan layar di sekitar jalur segitiga Sungai Hudson dengan jarak 1 mil

Masuk abad ke-20 dan seterusnya, frame kapal es ini berbentuk segitiga atau silang yang didukung oleh tiga bilang skate untuk bisa melaju di permukaan es. Bilah itu terbuat dari besi atau baja dengan tepian yang tajam. Komponen dari kapal es itu bisa menahan es dan mencegah kapal selip ke kiri dan kanan ketika layar dihempas angin.  Karena kapal yang ringan, jadi ketika angin mulai berembus, kapal bisa melaju dengan cepat. 

Ada beberapa kelas dalam perlombaan ice yachting ini. Untuk kelas internasional, kapal bisa melaju dengan kecepatan 55-68 mil per jam alias 89-109 km per jam. Lalu ada kelas kapal es klasi yang kecepatannya bisa 100-150 mil per jam atau 160 sampai 140 km per jamnya. Catatan rekor tercepat yang pernah ada adalah 155,9 mil per jam atau 250,9 km per jam. Gokil!

Memburu Perairan Beku

Melihat Lebih Dekat Ice Yachting, Balap Kapal di Atas Sungai Beku

Image source: iceboat.org

Nggak gampang lho untuk melakukan kegiatan ekstrem seperti balap kapales ini. Sebab, perlintasannya cuma bisa ditemukan di setiap musim di dingin. Waktu adalah faktor terpenting. Lintasan balapnya nggak bisa diprediksi. Bahkan kadang harus 'memburu' dulu, melakukan perjalanan untuk mencari perairan beku. 

Kualitas es nya juga berpengaruh pada balapan. Termasuk angin. Jika turun salju, maka itu bisa menghentikan perlombaan. Dalam perlombaan di Inggris, rencana balap sudah diproyeksikan untuk lima hari, namun mendadak hanya berlangsung satu hari karena salju tiba-tiba turun. 

Yang bahaya dari olahraga ekstrem ini adalah nggak bisa dilakukan pelayaran seorang diri aja. Artinya nggak bisa tuh melakukan perjalanan solo Karena berada di permukaan es terlalu berisiko jika hanya seorang diri. Karena lo berada di atas permukaan air yang beku, maka harus paham betul soal lubang-lubang yang rawan. Di mana ada es yang tipis, sehingga sangat berisiko.

 

Source: https://sportsgazette.co.uk/why-ice-yachting-is-the-thrilling-sport-youve-been-missing/
Extreme Action Beginner Extreme solo traveling

8 COMMENTS

SHARE
Heni Oen
wah keren nin
Yuniarto ( Tato )
Mantep nih
Rdh
Kereeeen
Agung Sutrisno
Butuh Skill tinggi untuk sang pilot mengendarai kapal es tsb
SRI YAYA ASTUTI
balapan yang tidak bisa dilakukan di sembarang tempat karena perlintasannya es setiap musim dingin
nugraha
seru banget nih
Agus Sungkawa
olahraga ekstrem
Bahar
Nice info