Sejarah Menarik dan Panjang dari Hagia Sophia

Tempat ibadah menjadi bangunan yang sakral dan suci untuk dikunjungi. Nggak jarang juga tempat ibadah menjadi ikon salah satu tempat wisata di dunia. Salah satunya adalah Hagia Sophia di Turki, bangunan bersejarah yang sebelumnya adalah museum ini kembali dijadikan sebagai masjid. Mau tahu bagaimana fakta menariknya? Simak ulasannya berikut ini!

Sejarah Menarik dan Panjang dari Hagia Sophia

Pada 10 Juli 2020 lalu, presiden Turki, Erdogan secara resmi mengalihfungsikan bangunan Hagia Sophia sebagai masjid. Kini umat muslim di seluruh Turki bisa beribadah di bangunan bersejarah tersebut. Keputusan ini pun menjadi perbincangan hangat di media sosial.

Meski disambut secara sukacita oleh umat muslim di Turki, pengadilan yang memutuskan pencabutan status museum pada Hagia Sophia nggak luput dari kritikan. Terutama kritik dari dunia Internasional karena bangunan tersebut begitu bersejarah bagi banyak orang.

Mau tau apa aja fakta menarik mengenai Hagia Sophia? Langsung aja simak ulasan selengkapnya berikut ini!

Hagia Sophia Memiliki Arti Holy Wisdom

Sejarah Menarik dan Panjang dari Hagia Sophia

Image source: FaktualNews.co/Istimewa

Hagia Sophia merupakan ikon kota Istanbul abad keenam. Bangunan ini juga sangat terkenal di kalangan umat muslim maupun umat Kristen Ortodoks. Nama Hagia Sophia sendiri memiliki arti holy wisdom atau kebijaksanaan yang suci.

Hagia Sophia sendiri merupakan bangunan yang merupakan monumen berkubah yang dibuat untuk katedral pengikut Kristen Ortodoks di Konstantinopel atau sekarang lebih dikenal dengan nama Istanbul, Turki. Bangunan megah ini juga memiliki nama lain seperti Ayasofya dan Sancta Sophia.

Dibangun dalam Waktu 6 Tahun

Sejarah Menarik dan Panjang dari Hagia Sophia

Image source: Anadolu Agency/Getty Images

Selain memiliki nama yang filosofis, fakta menarik lainnya dari bangunan berkubah ini adalah waktu pembuatan bangunan. Bangunan bersejarah ini dibangun dalam waktu yang cukup singkat yakni hanya 6 tahun aja.

Karena pembuatannya yang relatif singkat dan cepat, nama arsitek yang membangun Hagia Sophia menjadi terkenal ke seluruh dunia. Mereka adalah Anthemius dari Tralles dan Isidore dari Miletus. Konon keduanya memiliki keahlian di bidang matematika dan mekanika.

Pernah Runtuh karena Gempa Bumi

Meski kini bangunan Hagia Sophia masih berdiri dengan kokoh, ternyata bangunan ini pernah mengalami kerusakan beberapa kali. Sebelum seperti sekarang, struktur Hagia Sophia pertama dibangun dengan atap kayu.

Bangunan ini sempat terbakar saat terjadi pemberontakan di Konstantinopel pada tahun 404 M. Setelah diperbaiki kembali, Hagia Sophia kembali terbakar untuk kedua kalinya saat terjadi Revolusi Nika. Kerusakan akibat Revolusi Nika terjadi cukup parah sehingga pemimpin saat itu memerintahkan untuk merombak ulang bangunan tersebut.

Pembongkaran terjadi pada tahun 532 dan selesai pada tahun 537. Struktur bangunan ini kembali runtuh akibat gempa besar yang terjadi pada tahun 558 dan mendapat renovasi sehingga berdiri kokoh hingga saat ini.

Pernah Beralih Fungsi Beberapa Kali

Sebelum ditetapkan menjadi warisan dunia oleh UNESCO, Hagia Sophia beberapa kali pernah beralih fungsi. Saat penaklukan Konstantinopel oleh Kekaisaran Ottoman, bangunan ini dialihfungsikan menjadi masjid. Sebelumnya Hagia Sophia adalah tempat ibadah untuk umat Kristen Ortodoks.

Saat perubahan menjadi masjid, Hagia Sophia mengalami perubahan pada interior. Mozaik-mozaik Kristen Ortodoks banyak ditutupi dengan kaligrafi Islam. Lalu pada tahun 1934, tempat ini dijadikan museum oleh pemerintah yang berkuasa saat itu. Kini keputusan pada tahun 1934 tersebut dibatalkan dan Erdogan menjadikan Hagia Sophia kembali menjadi masjid.

Nah, itulah beberapa fakta mengenai Hagia Sophia, bangunan bersejarah yang kembali menjadi masjid. Kalau dilihat dari bentuk kubah di bangunan ini sih, memang terlihat seperti masjid ya, bro. Siapa yang mau berkunjung ke bangunan megah ini?

 

Source: hipwee.com
In Depth Beginner Extreme solo traveling

16 COMMENTS

SHARE
Kristian Mustafa
Alhamdulillah kembali bisa digunakan Sholat.
agung
tq info ya
Ldr_Lstyd
nice info lur
Rdh
Nice info
Yuniarto ( Tato )
Bangunan yg penuh sejarah
dephy
jadi inget lagunya BARASUARA
Bahar
Nice info
Yumna Aditya Prakoso
yang penting udah jadi masjid
Heni Oen
bagus banget
ditra nugraha
semoga jadi simbol toleransi