Beberapa Kesalahan yang Sering Dilakukan Pesepeda Pemula

Selain untuk meningkatkan stamina tubuh, namun berolahraga sepeda kerap kali menimbulkan kesalahan yang dilakukan pesepeda pemula. Tentu kesalahan-kesalahan tersebut membuat aktivitas bersepeda jadi kurang nyaman. Biar nggak sampai kejadian, sebaiknya simak beberapa kesalahan dalam bersepeda yang mesti lo hindari, bro!

Beberapa Kesalahan yang Sering Dilakukan Pesepeda Pemula

Bersepeda sepertinya bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan, bahkan dari berbagai macam usia bisa mengendarai sepeda. Namun, nggak jarang juga yang melakukan kesalahan saat mengendarai sepeda. Kesalahan tersebut biasanya dilakukan oleh para pesepeda pemula. Tentu hal ini membuat aktivitas gowes jadi nggak nyaman.

Jangan sampai karena masalah ketidaknyamanan ini, malah membuat nggak ingin mengendarai sepeda lagi. Maka dari itu, berikut ini kesalahan yang perlu dihindari saat melakukan aktivitas olahraga dengan sepeda.

Posisi Sadel Terlalu Rendah

Beberapa Kesalahan yang Sering Dilakukan Pesepeda Pemula

Image source: id.wikihow.com

Posisi sadel yang terlalu rendah bisa menyebabkan rasa nyeri di bagian depan lutut, bro. Ini menyebabkan kaki nggak berada di posisi terbaik saat mengayuh pedal. Di ketinggian sadel yang tepat, lutut seharusnya sedikit tertekuk saat telapak kaki berada di bagian terbawah kayuhan, bukan tegak lurus dengan posisi jalan.

Berasumsi Butuh Peralatan Terbaik

Beberapa Kesalahan yang Sering Dilakukan Pesepeda Pemula

Sesungguhnya, untuk jadi pesepeda nggak perlu pakaian yang keren, sepatu clipped-in, atau sepeda seharga ratusan juta rupiah. Memang sih ada kepuasan tersendiri kalau punya perlengkapan yang keren, tapi yang paling penting adalah mengendarai sepeda dengan baik dan benar. Soal upgrade perlengkapan bersepeda bisa dipikirkan belakangan.

Pengaturan Sepeda yang Nggak Sesuai

Beberapa Kesalahan yang Sering Dilakukan Pesepeda Pemula

Image source: id.wikihow.com

Bagian terpenting saat bersepeda adalah pengaturan sepeda yang sesuai dengan postur tubuh. Jika pengaturannya membuat nggak nyaman, atau menyebabkan rasa sakit atau nyeri di bagian tubuh tertentu, lo nggak akan melewatkan banyak waktu untuk bersepeda, bro.

Ketinggian sadel sebaiknya memungkinkan lutut sedikit tertekuk ketika telapak kaki berada di posisi terbawah kayuhan pedal. Lengan dan torso sebaiknya membentuk sudut 45 derajat di atas sepeda. Jika terlalu menjangkau ke depan, punggung pun bakal tersiksa. Sementara jika jangkauan terlalu pendek, posisi lutut bakal terlalu dekat dengan lengan. Ketika membeli sepeda baru, pastikan melakukan test ride untuk menemukan ukuran sepeda yang pas.

Nggak Memelihara Sepeda

Beberapa Kesalahan yang Sering Dilakukan Pesepeda Pemula

Image source: muc-off.com

Nggak perlu jago sebagai mekanik sepeda, bro. Namun perawatan yang rutin nggak hanya menghemat pengeluaran aja, tapi juga membuat sepeda tetap awet dan tahan lama.

Terlalu Tergesa-gesa

Beberapa Kesalahan yang Sering Dilakukan Pesepeda Pemula

Image source: pixabay

Salah satu penyebab terbesar cedera adalah memaksakan diri untuk menempuh jarak lebih jauh sebelum tubuh merasa siap. Bangun kemampuan diri secara bertahap dan beri waktu bagi tubuh untuk beradaptasi dengan jarak yang baru.

Kalau sedang berlatih bersepeda, sebaiknya jangan memulai terlalu cepat dan kemudian tubuh menyerah di paruh perjalanan. Lakukan pemanasan di sepertiga perjalanan, kemudian cari ritme kayuhan di sepertiga kedua, dan berikan kemampuan yang dimiliki di sepertiga perjalanan terakhir.

Nggak Membawa Peralatan Darurat

Beberapa Kesalahan yang Sering Dilakukan Pesepeda Pemula

Image source: bicycling.com

Sebaiknya siapkan peralatan cadangan yang sewaktu-waktu akan diperlukan. Bisa membawa beberapa perlengkapan cadangan dan sebuah pompa mini. Lo juga bisa belajar bagaimana cara mengganti dan menambal ban sendiri, bro.

Nggak Menghargai Group Ride

Beberapa Kesalahan yang Sering Dilakukan Pesepeda Pemula

Image source: pixabay

Tiap kelompok bersepeda (group ride) biasanya memiliki aturan dan etika tersendiri untuk sebuah alasan. Bakal mudah terjadi kecelakaan jika cara bersepeda anggota sebuah group ride nggak bisa diduga pergerakannya.

Kalau baru bersepeda untuk pertama kalinya dengan sebuah group ride, ambil posisi di belakang, lakukan pengamatan, dan minta bantuan jika membutuhkannya.

Kurang Pasokan Nutrisi

Kalau berencana bersepeda lebih dari dua jam, jangan lupa untuk bawa cemilan dan mulai konsumsi makanan tersebut 45 menit setelah kayuhan pertama. Lanjutkan dengan mengonsumsi cemilan porsi kecil tiap 15-20 menit berikutnya.

Mengabaikan nutrisi yang masuk ke tubuh bisa menyebabkan kehilangan tenaga atau berada di kondisi hypoglycemic.

Setelah mengetahui beberapa kesalahan yang kerap dilakukan pesepeda pemula, sebaiknya lo menghindari hal-hal tersebut ya, bro. Jadilah pesepeda yang taat aturan dan nggak mengganggu pengguna jalan lainnya.

 

Source: male.co.id
Urban Action Beginner Extreme solo traveling

11 COMMENTS

SHARE
Rdh
Nice info
Yumna Aditya Prakoso
wah aku banget nih
Heni Oen
terima kasih tipsnya
Ldr_Lstyd
bener banget
Agus Sungkawa
Informasi yang bermanfaat
agung
tq info ya
Bahar
Nice info
Heni Oen
terima kasih infonya
Heni Oen
mantap sarannya
Bahar
Nice info