Negara Asia Tenggara dengan Wisata Kuliner Street Food Autentik

Berlibur ke luar negeri bisa dibilang menjadi impian para traveler di Indonesia. Selain bisa menambah wawasan tentang budaya baru, kesempatan ini juga bisa lo manfaatkan untuk menambah pengalaman terkait kuliner di negara tertentu, bro. Nggak perlu negara yang terlalu jauh dan kuliner yang terlalu mahal, Negara Asia Tenggara pun memiliki wisata kuliner street food yang sangat terjangkau dengan sensasi rasa yang nggak bakal bisa bikin lo lupa, bro. Berikut ulasan selengkapnya!

Negara Asia Tenggara dengan Wisata Kuliner Street Food Autentik

Selain mengunjungi tempat-tempat yang menakjubkan, wisata kuliner tampaknya nggak boleh dilewatkan begitu saja saat berlibur ke negara-negara di Asia Tenggara. Yup, mencicipi makanan 'pinggir jalan' khas dari negara yang lo kunjungi bisa dibilang menjadi hal wajib yang harus lo rasakan, apalagi jika lo hobi wisata kuliner street food.

Bingung destinasi negara Asia Tenggara mana saja yang menyimpan kelezatan street food? Berikut ini beberapa negara Asia Tenggara dengan wisata kuliner street food yang sangat autentik.

Jalan Alor, Kuala Lumpur, Malaysia

Negara Asia Tenggara dengan Wisata Kuliner Street Food Autentik

Image source: getlost.id

Jika lo ke Malaysia, cobalah sempatkan untuk mampir ke pusat street food di Jalan Alor. Berada di jantung Kuala Lumpur, Malaysia, destinasi wisata kuliner yang satu ini biasanya selalu ramai pengunjung, bro. Warga lokal maupun turis asing yang ingin mencicipi berbagai jajanan nikmat di tempat ini.

Semakin malam, suasana di Jalan Alor tentunya jadi kian meriah. Lampion merah khas China yang dipasang di sepanjang jalan pun menambah semarak pusat kuliner street food tersebut. Bahkan, tidak sedikit yang kemudian membagikan suasana Jalan Alor ke media sosial.

Soal menu makanan yang dijajakan, lo pasti akan dibuat bingung karena saking banyaknya pilihan. Mulai dari masakan bercita rasa oriental, hingga kuliner khas Thailand, semua bisa ditemukan di salah satu destinasi wisata kuliner street food yang satu ini, bro!

Changi Village Hawker Centre, Singapura

Negara Asia Tenggara dengan Wisata Kuliner Street Food Autentik

Image source: discoversg.com

Negara Asia Tenggara yang satu ini ternyata juga memiliki wisata kuliner street food yang autentik lho, bro. Terletak di Changi Village, destinasi wisata kuliner street food di Singapura ini dianggap surganya kuliner maknyus.

Selain nikmat, jajanan di Changi Village Hawker Centre juga memiliki harga yang terbilang murah jika dibanding tempat makan lain di Singapura, bro. Wajar saja, jika destinasi wisata kuliner street food yang satu ini menjadi favorit para turis yang berkunjung ke Singapura.

Kalau lo mampir ke Changi Village Hawker Centre, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi BBQ Chicken Wings dari kedai Ah Hwee, yang terkenal dengan rasanya yang juicy dan kaya rempah, bro. Ada juga Cendol Melaka yang fenomenal di kalangan pecinta kuliner. Agar lebih nikmat, lo juga bisa memesan tambahan topping berupa kacang merah, durian, atau jagung manis, bro.

Quiapo Market, Filipina

Negara Asia Tenggara dengan Wisata Kuliner Street Food Autentik

Image source: roadsandkingdoms.com

Destinasi wisata kuliner street food Negara Asia Tenggara berikutnya adalah Quiapo Market di Filipina. Jika lo penasaran dengan makanan tradisional Filipina, maka destinasi wisata street food yang satu ini cocok banget buat lo, bro. Di Quiapo Market ini lo juga bisa menemukan salah satu menu dessert yang sangat diburu turis maupun warga lokal, yaitu halo-halo.

Dalam bahasa Tagalog, halo-halo sendiri berarti campur. Dessert dingin ini terbuat dari es serut yang dicampur dengan kacang manis, serutan kelapa, rumput laut, irisan buah, dan masih banyak lagi. Hidangan ini sekilas mirip es campur di Indonesia. Menarik untuk dicicipi kan, bro?

Gadong Night Market, Brunei Darussalam

Negara Asia Tenggara dengan Wisata Kuliner Street Food Autentik

Image source: thestar.com.my

Selayaknya pasar malam, lo bakal menemukan beragam kuliner street food yang dijajakan oleh kedai-kedai yang buka di Gadong Night Market ini. Mulai dari daging panggang sampai aneka jajanan ringan bisa lo temukan di tempat ini, bro.

Berada di Bandar Seri Begawan, pasar malam ini juga menjadi tempat yang tepat untuk mencicipi berbagai hidangan lokal khas Brunei Darussalam. Di salah satu destinasi wisata kuliner street food ini, lo bisa menikmati sepiring nasi ketan legit yang bercampur santan atau seporsi ikan bakar yang disajikan bersama sambal dan jeruk nipis. Seger banget deh, bro.

Nah, itulah beberapa negara Asia Tenggara dengan wisata kuliner street food yang sangat autentik. Punya referensi tambahan lagi, bro? Tambahkan di kolom komentar, ya!

 

Referensi : https://www.traveloka.com/en-id/explore/destination/negara-dengan-street-food-terkenal-acc/21559
Urban Places Beginner Extreme solo traveling

14 COMMENTS

SHARE
Rdh
Nice info
Yumna Aditya Prakoso
mantapp gan
SRI YAYA ASTUTI
semoga bisa merasakan jalan-jalan di negara tetangga
Heni Oen
singapore kuliner my fav
Ldr_Lstyd
beragam budaya
Agus Sungkawa
Boleh nih klau punya budget jln ke negara2 tsb
agung
tq info ya
Kristian Mustafa
Thanks Infonya Min.
Yuniarto ( Tato )
Asyik juga nihhhhh
Yuniarto ( Tato )
Mantep nihhhhhh