Hutan Pinus Rahong, Wisata Adventure Favorit di Pangalengan

Berwisata ke destinasi hutan pinus menjadi salah satu pilihan tepat buat yang mau melepas penat. Apalagi nggak hanya pemandangan indah aja yang disuguhkan, melainkan kegiatan adventure yang juga bisa dilakukan. Hutan Pinus Rahong di Pangalengan bisa jadi pilihan menarik, bro.

Hutan Pinus Rahong, Wisata Adventure Favorit di Pangalengan

Buat sebagian orang, berkunjung ke hutan terkadang agak menyeramkan. Namun, kalau hutan yang didatangi justru menyejukkan dan memiliki fasilitas untuk melakukan kegiatan adventure, tentu rasa seramnya nggak kerasa ya, bro. Pemandangan serba hijau dengan pepohonan pinus menjulang tinggi pun membuat suasana makin sempurna.

Hutan Pinus Rahong yang berlokasi di Desa Rahong, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, ini cocok dikunjungi buat yang mau berwisata adventure, bro. Destinasi wisata ini memiliki kawasan yang sangat asri dengan udara yang sangat sejuk.

Ragam Aktivitas

Hutan Pinus Rahong, Wisata Adventure Favorit di Pangalengan

Image source: instagram.com/ipeppermintts

Memasuki area ini, lo akan menemukan lahan kosong yang bisa digunakan untuk berkemah, lengkap dengan tempat menyalakan api unggun. Selain itu, tersedia juga dudukan yang terbuat dari batang kayu cukup besar. Area ini bisa digunakan untuk berkemah bersama keluarga maupun teman-teman, bro.

Selain berkemah, terdapat wahana flying fox, paintball battle, dan wall climbing. Wahana ini diberi nama Area Turtle oleh pengelola, dan serunya lagi nggak dipungut biaya, bro.

Nggak hanya itu aja, di sini juga terdapat sejumlah rumah kayu yang bisa dinaiki dengan aman atau dijadikan sebagai spot foto yang keren. Dengan latar pohon pinus yang tinggi menjulang bakal menambah keindahan hasil foto pastinya.

Masih belum puas dengan aktivitas tadi? Tenang, di sini lo bisa menemukan sungai dengan aliran air yang cukup jernih. Tempatnya masih berada di kompleks Hutan Pinus Rahong. Kalau masih belum puas dengan kegiatan adventure sebelumnya, sungai ini juga bisa digunakan untuk kegiatan rafting, lho. Pihak pengelola sudah menyediakan fasilitas untuk mendukung aktivitas memacu adrenalin tersebut.

Pemandangan di tempat ini juga semakin indah karena terdapat lahan perkebunan teh di samping hutan pinus. Bahkan hanya di satu tempat wisata, lo bisa merasakan berbagai aktivitas seru, bro!

Rute Perjalanan

Hutan Pinus Rahong, Wisata Adventure Favorit di Pangalengan

Image source: instagram.com/hutan_pinus_rahong

Untuk mencapai lokasi Hutan Pinus Rahong memang sangat mudah untuk dijangkau, baik dengan kendaraan roda dua maupun roda empat. Sebaiknya gunakan kendaraan pribadi untuk ke lokasi ini ya, bro.

Dari pusat kota Bandung, arahkan kendaraan ke Jalan Raya Banjaran, lalu terus berjalan sejauh kurang lebih 10 km hingga menemukan Pasar Banjaran. Kemudian, ambil kiri sampai menemukan pertigaan Soreang dan Pangalengan. Ambil jalan ke Pangalengan atau belok kiri.

Tetap di Jalan Raya Pangalengan sejauh 21 km hingga menemukan bundaran dan ambil jalan menuju Jalan Situ Cileunca sejauh 3 km. Tujuan akan berada di sebelah kanan, bro.

Tiket dan Fasilitas

Hutan Pinus Rahong, Wisata Adventure Favorit di Pangalengan

Image source: instagram.com/hutan_pinus_rahong

Pada awal tahun 2020 lalu, memasuki Hutan Pinus Rahong ini bisa dikunjungi tanpa mengeluarkan biaya tiket masuk alias gratis, bro. Kemungkinan hanya akan dipungut biaya parkir untuk kendaraan aja. Namun, bagaimana kalau sekarang? Semoga sampai sekarang masih gratis, ya.

Fasilitas yang tersedia seperti lahan parkir cukup luas, toilet, dan sejumlah warung kopi sederhana. Penginapan yang nyaman juga tersedia di sekitar Hutan Pinus Rahong. Tapi, bakal lebih seru kalau langsung menikmati suasana sejuk dengan berkemah di sini ya, bro.

Nah, itulah beberapa informasi lengkap mengenai Hutan Pinus Rahong di Pangalengan. Buat yang mau menikmati wisata adventure di dalam satu lokasi, Hutan Pinus Rahong bisa jadi tempat tujuan untuk traveling selanjutnya. Tertarik untuk main paintball serta rafting di sini, bro?

 

Source: travelingyuk.com
brisik.id
Wilderness Beginner Extreme solo traveling

13 COMMENTS

SHARE
Agus Sungkawa
Hutan pinus sangat indah alamnya yng masih asri
Bahar
Mantap, n keren
Agung Sutrisno
Spot foto -nya keren, instagramable
Cecep Jajang
Info bagus
Heni Oen
bagus banget
Ldr_Lstyd
indah sekali
Rdh
Kereeeen
Bahar
Nice info
Yuniarto ( Tato )
asyikkkkk
arief
keren asli, nyamana