Deretan Gunung Di Indonesia yang Memiliki Jalur Pendakian Ekstrem

Mendaki gunung memang bukanlah aktivitas yang bisa dilakukan sembarang orang. Terlebih, gunung di Indonesia memiliki karakter yang unik dan tingkat kesulitannya masing-masing. Kalau lo sudah cukup pengalaman dan ingin tantangan lebih, maka beberapa gunung di Indonesia yang memiliki jalur pendakian extreme berikut ini cocok banget buat lo, bro!

Deretan Gunung Di Indonesia yang Memiliki Jalur Pendakian Ekstrem

Bumi Nusantara memang terkenal dengan deretan pegunungannya yang indah dan menakjubkan. Gunung-gunung yang gagah ini pun menjadi 'wahana' bermain yang asyik bagi para pendaki yang haus akan tantangan.

Tak hanya dari dalam negeri, pendaki mancanegara pun banyak yang datang ke Indonesia khusus untuk 'mencicipi' setiap keindahan gunung di Tanah Air, bro. Setiap gunung yang ada di Indonesia sejatinya punya karakter dan keunikannya masing-masing. Mulai dari ketinggian, struktur, vegetasi, hingga jalur pendakiannya sangat bervariasi.

Selain dikenal dengan pemandangannya yang indah, sejumlah pegunungan di Indonesia juga memiliki jalur pendakian yang terbilang sulit lho, bro. Berikut ini beberapa gunung di Indonesia yang memiliki jalur pendakian ekstrem!

Gunung Cartensz, Papua

Deretan Gunung Di Indonesia yang Memiliki Jalur Pendakian Ekstrem

Menjadi gunung tertinggi di Indonesia, Gunung Cartensz termasuk salah satu gunung yang memiliki medan pendakian ekstrem. Dengan ketinggian mencapai 4.884 mdpl, puncak Cartenz adalah satu-satunya tempat di Indonesia yang diselimuti salju abadi, bro.

Udara dingin tentu saja menjadi kendala terbesar para pendaki yang ingin pergi ke sana. Bayangkan, di lereng gunungnya saja suhu bisa mencapai 10 derajat celcius. Bahkan, semakin dekat ke puncak gunung, maka suhunya bisa sampai 0 derajat celcius, bro!

Oksigen yang tipis juga membuat pendaki harus berhati-hati saat mendaki. Pasalnya, hal ini semakin memperbesar resiko serangan hipotermia para pendaki.

Gunung Latimojong, Sulawesi Selatan

Deretan Gunung Di Indonesia yang Memiliki Jalur Pendakian Ekstrem

Image source: backpacker-kere.com

Gunung di Indonesia yang memiliki jalur pendakian ekstrem selanjutnya ada Gunung Latimojong yang juga terkenal dengan medan pendakiannya yang cukup berat. Tanjakan ekstrem, jalur pendakian yang berliku, bebatuan cadas dan tajam pasti bakal jadi pemandangan yang lazim lo temukan saat mendaki Gunung Latimojong, bro!

Tak hanya itu, lo juga harus melewati derasnya sungai dan berjalan di atas kayu tipis di atasnya untuk bisa mencapai puncak gunung Latimojong. Bahkan, di beberapa titik lo harus meniti pinggiran jurang dan berpegangan erat pada akar-akar pohon, bro.

Oleh karena itu, dibutuhkan persiapan khusus untuk bisa sampai ke puncak gunung ini. Selain stamina dan keahlian lebih, peralatan mendaki pun harus lengkap. Tali-temali dan alat lainnya sangat diperlukan untuk memanjat tebing curam di Gunung Latimojong, bro.

Gunung Raung, Jawa Timur

Deretan Gunung Di Indonesia yang Memiliki Jalur Pendakian Ekstrem

Image source: cultura.id

Memiliki ketinggian sekitar 3.332 mdpl, lo harus memakai peralatan dan menguasai teknik panjat tebing jika ingin mencapai puncak Gunung Raung, bro. Pasalnya, lo harus berjibaku melewati tebing curam yang kanan kirinya adalah jurang yang sangat dalam.

Yup, demi mencapai puncak, lo juga harus menyebrang dari tebing satu ke tebing lainnya dengan menggunakan seutas tali, bro. Terlepas dari itu semua, Gunung Raung terkenal angker. Hal ini bisa lo rasakan saat melihat nama-nama posnya, seperti pos Pondok Sumur, Pondok Demit, Pondok Mayit dan Pondok Angin. Tertarik mendaki ke gunung ini, bro?

Gunung Leuser, Nanggroe Aceh Darussalam

Deretan Gunung Di Indonesia yang Memiliki Jalur Pendakian Ekstrem

Image source: instagram.com/arey_rossi

Keganasan jalur pendakian Gunung Leuser bisa dibilang jadi tantangan tersendiri bagi pendaki profesional. Di sini, lo memang tidak akan menemukan jurang yang dalam ataupun tebing yang curam. Tapi, hewan buas di lebatnya hutan belantara bakal jadi tantangan yang harus lo hadapi di gunung ini, bro!

Sebut saja harimau dan badak Sumatera yang masih banyak ditemukan di dalam hutan tersebut. Sebagai bagian dari Taman Nasional Gunung Leuser, puncak tertinggi gunung ini berada di ketinggian 3.404 mdpl.

Untuk mencapai puncaknya dibutuhkan waktu yang tidak sebentar, sekitar 9 sampai 10 hari tergantung cuaca dan kondisi fisik pendaki itu sendiri. Dikali dua dengan perjalanan pulang, maka total waktu yang dibutuhkan untuk menaklukan Gunung Leuser bisa mencapai 20 hari, bro.

Medan yang sulit membuat pihak yang berwenang harus memperketat perizinan mendaki gunung ini. Yup, jika lo ingin mendaki Gunung Leuser, lo harus mengantongi izin terlebih dahulu dari sejumlah pihak, termasuk Kapolres Aceh Tenggara, bro. Surat keterangan pendakian serta surat dokter juga harus ikut disertakan sebelum mendaki gunung satu ini.

So, itulah beberapa gunung-gunung di Indonesia yang memiliki jalur pendakian ekstrem. Pernah mendaki gunung yang mana, bro? Atau baru mau ingin merasakan salah satunya?

 

Referensi : https://review.bukalapak.com/travel/gunung-di-indonesia-dengan-medan-tersulit-109220
Wilderness Beginner Extreme solo traveling

12 COMMENTS

SHARE
Yuniarto ( Tato )
wah wahhhhhh
Ldr_Lstyd
Jadi pengen nyobain
Binthan Pramoedhimas
Jd pgn mendaki gunung lagi...
agung
tq info ya
eNeS
Semoga bisa mendaki gunung di luar Jawa.
Cecep Jajang
Duuhh mantuull nih
Heni Oen
bagus bamget pemandangannya
Heni Oen
thanks infonya gan
Agung Sutrisno
Gunung Cartensz memiliki medan pendakian ekstrem
Bahar
Nice info