Ini Lho Bro Perbedaan Laut dan Samudra, Jangan Sampai Salah, Ya!

Saat berlibur di pantai, pernah nggak sih lo bertanya, sebenarnya apa sih yang sedang ada di hadapan lo saat itu? Laut atau Samudra? Meski sama-sama memiliki air yang umumnya berwarna biru dan asin, ternyata ada perbedaan antara laut dan samudra lho, bro. Mau tau apa saja perbedaannya? simak ulasan selengkapnya berikut ini!

Ini Lho Bro Perbedaan Laut dan Samudra, Jangan Sampai Salah, Ya!

Pada umumnya, laut dan samudra bisa diartikan sebagai hamparan perairan yang sangat luas. Kedua perairan yang luas ini juga biasanya memiliki warna biru dan sama-sama memiliki air yang terasa asin.

Tapi, ternyata laut dan samudra itu memiliki perbedaan dari beberapa sisi yang sangat menarik untuk dikulik lebih dalam lho, bro. Yuk, kenali apa saja perbedaan dari laut dan samudra yang harus lo pahami.

Perbedaan Definisi

Ini Lho Bro Perbedaan Laut dan Samudra, Jangan Sampai Salah, Ya!

Image source: pexels.com/@fabianwiktor

Laut bisa diartikan sebagai kumpulan air yang menutupi lapisan permukaan bumi dan menjadi bagian dari samudra. Sedangkan, samudra merupakan kumpulan laut yang terpisahkan oleh benua atau pulau besar, serta memiliki massa air sekitar 70 persen bumi.

Sebagai contoh, samudera Hindia merupakan kumpulan beberapa laut, yaitu Laut Cina Selatan, Laut Arab, Laut Indonesia, dan lainnya. Begitu pula dengan samudra-samudra yang terdiri lautan lainnya di seluruh dunia, bro.

Perbedaan Luas

Ini Lho Bro Perbedaan Laut dan Samudra, Jangan Sampai Salah, Ya!

Image source: pexels.com/@fabianwiktor

Dilihat dari segi ukuran atau luasnya, laut dan samudera mempunyai perbedaan yang cukup mencolok lho, bro. Ukuran samudera pasti bakal jauh lebih luas daripada ukuran luas laut.

Contohnya, Laut Karibia yang memiliki luas 2.754.000 kilometer persegi dan Laut Mediterania yang memiliki luas 2.500.000 kilometer persegi. Sementara itu, Samudra Pasifik memiliki luas 165.250.000 kilometer persegi dan Samudera Atlantik dengan luas 106.450.000 kilometer persegi.

Perbedaan Kedalaman

Selain dilihat dari luasnya, kedua hamparan perairan ini juga memiliki tingkat kedalaman yang sangat berbeda, bro. Laut memiliki kedalaman 1.000-2.000 meter saja, sedangkan samudra bisa mencapai kedalaman hingga belasan ribu meter. Sehingga, laut biasanya memiliki kedalaman yang lebih dangkal dibanding samudra. Sudah mulai paham kan, bro?

Perbedaan Letaknya

Perbedaan laut dan samudra yang terakhir ni, bro. Yaitu perbedaan yang bisa dilihat dari fisik atau letaknya. Pada umumnya, laut memisahkan dua daratan atau lebih yang berupa pulau. Sedangkan, samudra memisahkan dua daratan atau lebih berupa benua atau daratan yang sangat luas, bro.

Sebagai contoh letak samudra, Samudra Pasifik memisahkan Benua Asia, Benua Australia, dan juga benua Amerika. Samudra Atlantik pun turut memisahkan Benua Amerika, Benua Eropa, dan juga Benua Arika. Begitu juga dengan samudra lainnya yang ada di muka bumi.

Contoh lain letak laut, Laut Jawa memisahkan Pulau Jawa, Pulau Sumatera, dan Pulau Kalimantan. Laut Maluku memisahkan Pulau Sulawesi dengan Kepulauan Maluku. Begitu juga dengan laut lainnya yang ada di muka bumi.

So, itulah beberapa perbedaan antara laut dan samudra yang harus lo pahami. Semoga bisa menambah wawasan dan pengetahuan ya, bro. Menurut lo apalagi yang jadi perbedaan laut dan samudra?

 

Referensi : https://www.idntimes.com/travel/tips/dhiya-azzahra/perbedaan-laut-dan-samudra/4
In Depth Beginner Extreme solo traveling

7 COMMENTS

SHARE
Rdh
Nice info
Yuniarto ( Tato )
nice infoo
Ldr_Lstyd
Nice info
Binthan Pramoedhimas
Nice info gan....
agung
tq info ya
eNeS
baru tau aing mah
Bahar
Nice info