Jejak Penyelam di Palung Mariana, Apa Saja yang Ditemukan di Tempat Terdalam Bumi?

Ada yang pernah mendengar Palung Mariana? Lokasi itu menjadi titik terdalam bumi yang tak banyak diselami manusia. 

Jejak Penyelam di Palung Mariana, Apa Saja yang Ditemukan di Tempat Terdalam Bumi?

Palung Mariana atau biasa disebut Mariana trench ini adalah jurang yang letaknya di dasar laut, tepatnya di timur Pulau mariana Barat Samudra Pasifik. Lokasinya dekat juga sama Pulau Guam. 

Palung Mariana ini dicatat sebagai perairan terdalam di dunia. Bentangannya sepanjang .550 kilometer dengan lebar 63 meter. Ada yang bisa tebak kedalamannya? 

Jadi spot ini memiliki kedalaman 11 kilometer. Saking dalamnya, para ilmuwan membandingkan seberapa dalam Palung Mariana dengan Puncak Everest apabila cara mengukurnya dibuat seperti ke dasar laut. Rupanya, Palung Mariana masih lebih dalam lho.

Tekanan Sangat Tinggi di Dalam Air

Jejak Penyelam di Palung Mariana, Apa Saja yang Ditemukan di Tempat Terdalam Bumi?

Image source: ATLANTIC PRODUCTIONS FOR DISCOVERY CHANNEL

Kedalaman Palung Mariana ini disebut-sebut mencapai 11 kilometer. Selama penyelaman, otomatis gendang telinga akan tertekan. Tekanan tertingginya mencapai 8 ton per inci persegi. Tekanan itu bisa dirasakan manusia jika menyelam ke dasar palung tanpa bantuan alat pelindung.

Usut punya usut, berdasarkan penelitian Palung Mariana ini sudah terbentuk sejak 180 juta tahun yang lalu. Gara-garanya nih bro, ada tumbukan antara dua lempeng. Nah, dua lempeng itu berasal dari lempengan tektonik Pasifik dan lempengan Filipina. 

Kini, Palung Mariana sudah jadi objek penelitian. Kawasan itu dilabeli sebagai area mematikan yang nggak boleh dilewati pelaut atau penyelam.

Jejak Penyelam di Palung Mariana

Jejak Penyelam di Palung Mariana, Apa Saja yang Ditemukan di Tempat Terdalam Bumi?

Image source: REEVE JOLLIFFE

Tahu nggak sih bro, meski Palung Mariana ini terkenal karena kedalamannya, tapi jejak penyelam di tempat terdalam di bumi itu nggak banyak lho. Malah nih ya, masih hitungan jari. Kalau dibandingkan dengan ekspedisi manusia ke luar angkasa, penjelajahan Palung Mariana justru lebih sedikit banget. 

Pada 23 Januari 1960, Jacques Piccard dan Don Walsh melakukan penyelaman perdananya ke Palung Mariana. Saat penyelaman itu keduanya hanya mampu sampai kedalaman 10.994 meter. Kaca pelindung luar dan dinding kaca helm melengkung. Dengan kedalaman itu, Piccard dan Walsh menghabiskan waktu 8 jam

Selanjutnya ada seorang pria bernama James Cameron yang menyelam hingga kedalaman 10.898 meter. Cameron melakukan penyelaman seorang diri.

Jika manusia masuk ke Palung Mariana hingga kedalaman tertentu tanpa pelindung apa-apa, maka tubuh manusia akan mendapat tekanan yang sama dengan sedang ditindih oleh 48 pesawat Boeing 747.

Ditemukan Kantong Plastik dan Hewan

Victor Vescovo  penjelajah asal Amerika Serikat menemukan kantong plastik di dasar laut saat memecahkan rekor penyelaman terdalam di Palung Mariana. Dia menghabiskan 4 jam menjelajah dasar palung dengan menumpang kapal selam yang dirancang untuk menahan tekanan laut dalam.

Penyelaman paling anyar adalah ketika Vescovo mencapai kedalaman 10.927 meter di bawah permukaan air. Ini artinya Vescovo memecahkan rekor penyelaman paling dalam dengan selisih 11 meter.

Vescovo dan timnya meyakini mereka telah menemukan empat spesies baru sejenis udang yang bernama amphipod, menyaksikan cacing sendok di kedalaman 7.000 meter, serta snailfish merah jambu pada kedalaman 8.000 meter.

Dia tak hanya menemukan sejumlah makhluk laut, tapi juga kantong plastik dan bungkus permen. Vescovo melakukan lima kali penyelaman ke dasar palung. Perangkat robot juga dikerahkan untuk menjelajah kawasan itu.

 

Source: https://www.hitekno.com/sains/2018/10/15/113000/deretan-jejak-para-penyelam-untuk-taklukkan-palung-mariana
Trending Beginner Extreme solo traveling

12 COMMENTS

SHARE
Yuniarto ( Tato )
Luar biasaaaaa
Bahar
Wowww luar biasa
Ldr_Lstyd
Paling paling dalam
Fajar Satritama
Mantaaap inimah
Binthan Pramoedhimas
Waw Benar2 Amazing...
agung
tq info ya
dephy
sang legenda
Rdh
Mantaaap
Agung Sutrisno
Kawasan itu dilabeli sebagai area mematikan yang nggak boleh dilewati pelaut atau penyelam.
Fajar Satritama
Thx info bro