Rafting Seru Melewati 54 Jeram di Songa Atas, Probolinggo

Kalau mendengar tentang Probolinggo, sepertinya nggak banyak yang tahu kalau di kota ini ada tempat rafting seru yang bisa dijajal para pencinta olahraga air. Di Songa Atas, Probolinggo lo bisa merasakan sensasi seru rafting melewati 54 jeram, bro.

Rafting Seru Melewati 54 Jeram di Songa Atas, Probolinggo

Rafting menjadi salah satu kegiatan yang banyak diminati oleh para pencinta olahraga ekstrem. Olahraga air dengan mengarungi sungai ini juga bisa dinikmati oleh semua kalangan. Di Indonesia sendiri, sudah banyak lokasi rafting dari yang paling mudah sampai yang paling ekstrem.

Salah satu lokasi rafting seru tersebut ada di Songa Atas, Probolinggo. Kalau lagi jalan-jalan ke Probolinggo, coba mampir ke Songa Adventure, arung jeram terbaik di Jawa Timur, bro. Songa telah lama dikenal sebagai operator rafting di Sungai Pekalen yang berarus deras.

Kegiatan Outdoor Menantang Adrenalin

Rafting Seru Melewati 54 Jeram di Songa Atas, Probolinggo

Image source: instagram.com/ferdi_copler_sidoarjo

Pencinta kegiatan outdoor yang suka menantang adrenalin pasti bakal tertantang untuk menaklukkan rute arung jeram di Songa.

Di Songa sendiri terdapat dua jenis paket rafting di Sungai Pekalen, yakni Songa Atas dan Songa Bawah. Menyelesaikan rute Songa Bawah hanya membutuhkan 1,5 jam. Sedangkan kalau memilih Songa Atas yang lebih ekstrem, lo akan melalui jalur sejauh 12 km melewati 54 jeram.

Songa dan Sungai Pekalen sendiri terletak di Desa Ranu Gedang, Kecamatan Tiris. Sungai Pekalen memang tepat untuk dijadikan arena rafting karena punya puluhan jeram.

Ada Beberapa Grade

Rafting Seru Melewati 54 Jeram di Songa Atas, Probolinggo

Image source: instagram.com/iiq.songadventure

Jeram dibagi dalam beberapa grade berdasarkan tinggi-rendahnya. Grade 1-4 adalah kategori yang dianggap aman untuk wisatawan dan pemula. Nah, Sungai Pekalen dihiasi jeram Grade 2-4.

Rafting di Songa Atas dapat diselesaikan dalam 3,5 jam menyusuri sungai. Selama itu pun, lo akan merasa tegang, naik di atas perahu karet yang biasanya diisi 5 orang termasuk pemandu. Tentu setiap orang memiliki peran penting dalam menghadapi arus air yang deras dan jeram yang menantang, karena semua awak wajib ikut mendayung.

Sebelum meluncur ke sungai, pemandu-pemandu Songa akan menjelaskan instruksi yang harus didengarkan baik-baik dan diingat. Ia akan memberikan aba-aba dan memberi tahu apa yang harus dilakukan. Misalnya aba-aba mendayung maju dan mundur, berbelok, hingga bagaimana saat melewati jeram deras.

Jalur Penuh Pemandangan

Kedalaman Sungai Pekalen mencapai 1 sampai 3 meter dengan lebar 5 sampai 20 meter. Rafting juga akan semakin tertantang dengan adanya batu-batuan besar yang menghiasi sungai. Nggak perlu khawatir jika perahu karet terbalik dan nggak bisa berenang. Pelampung yang dipakai dan pemandu akan membuat tetap aman.

Sepanjang rute Songa Atas nggak selalu deras dan berkelok-kelok. Di rute ini lo juga bisa sambil menikmati pemandangan di kanan-kiri saat arus sedang tenang. Nggak hanya itu, Sungai Pekalen juga dikelilingi oleh tebing yang tinggi dan hijau.

Di antara tebing-tebing tersebut lo juga bisa melihat gua kelelawar. Terdapat ratusan kelelawar bersarang di sana dan bisa dilihat dengan jelas karena gua nggak terlalu dalam. Di sini juga bisa ditemui 7 air terjun di sepanjang rute yang sangat menyejukkan.

Di tengah-tengah rute, pemandu akan meminta para peserta rafting menepi untuk beristirahat di rest area. Di pos tersebut telah tersedia minuman pokak khas Probolinggo ditemani gorengan yang masih hangat. Cukup untuk mengisi energi sebelum melanjutkan perjalanan.

Kalau lo tertantang untuk merasakan pengalaman rafting di Songa Atas, Songa Adventure mematok tarif senilai Rp 299 ribu per orang dengan minimal 5 peserta dalam satu kelompok. Tertarik untuk mencobanya setelah pandemi, bro?

 

Source: kumparan.com
Extreme Action Beginner Extreme solo traveling

9 COMMENTS

SHARE
Ldr_Lstyd
Seru banget
Binthan Pramoedhimas
Sudah pernah ke sini, lumayan seru
agung
tq info ya
Bahar
Nice info
Yuniarto ( Tato )
Seruuuuuuuu Abissssss
Ani
seru banget rafting
Agung Sutrisno
Yes....pernah juga kesini tempatnya asyik...buat yg belum silahkan datang
Iqbal
Sangat rekomendasi laa
ditra nugraha
serunya euy