Wajib Punya Gadget Ini Kalau Mau Jadi Motovlogger, Bro!

Lo pengguna motor untuk bepergian ke mana-mana, bro? Buat para bikers, mungkin sudah nggak asing sama istilah motovlogger. Yap, kegiatan merekam perjalanan berkendara motor ini disebut dengan motovlogging dan sudah banyak dilakukan oleh pengguna motor di Indonesia. Tapi, buat jadi motovlogger perlu beberapa gadget pendukung, bro. Simak ulasan selengkapnya berikut ini!

Wajib Punya Gadget Ini Kalau Mau Jadi Motovlogger, Bro!

Motovlog sendiri merupakan jenis video yang direkam oleh seseorang saat mengendarai sepeda motor atau kendaraan bermotor apapun. Kata motovlog berasal dari “motorcycle”, “video”, dan “log”. Kegiatan membuat motovlog disebut dengan motovlogging. Sang pengendara yang membuat motovlogging inilah yang biasanya disebut motovlogger.

Motovlog juga menjadi pembicaraan seru di dunia maya, khususnya di YouTube. Kegiatan merekam segala aktivitas para bikers di jalan ini semakin digandrungi oleh para warganet. Itu sebabnya, ada banyak motovlogger Indonesia dan luar negeri yang membuat vlog dengan gayanya masing-masing.

Buat yang tertarik untuk menjadi motovlogger, wajib punya beberapa gadget untuk mendukung kegiatan ini, bro. Berikut ini daftarnya!

Action Camera

Wajib Punya Gadget Ini Kalau Mau Jadi Motovlogger, Bro!

Image source: unsplash.com/@jakobowens1

Gadget yang satu ini tentu menjadi nyawa dari kegiatan motovlogging. Untuk menjadi seorang motovlogger tentunya butuh kamera yang tahan dengan segala kondisi, mulai dari panas atau dingin, bahkan bisa diajak untuk basah-basahan.

Sebenarnya, ada banyak banget action camera di pasaran yang sudah memenuhi syarat-syarat berikut. Sebut saja produk-produk keluaran GoPro atau Xiaomi Yi. Punya bentuk yang ringkas, kamera tersebut juga punya kemampuan yang mumpuni. Rata-rata produk tersebut sudah mampu merekam video dengan kualitas HD bahkan juga dilengkapi dengan teknologi stabilizer.

Second Camera

Wajib Punya Gadget Ini Kalau Mau Jadi Motovlogger, Bro!

Image source: unsplash.com/@seleksi1989

Untuk kamera kedua ini, sebenarnya bisa menggunakan smartphone untuk vlogging atau merekam video saat nggak lagi berkendara. Namun, smartphone biasanya punya masalah dalam optical zoom. Efeknya kalau hendak merekam video dengan objek yang letaknya jauh dari posisi berdiri dengan menggunakan smartphone, hal itu bisa berimbas pada kualitas video yang dihasilkan.

Helm

Wajib Punya Gadget Ini Kalau Mau Jadi Motovlogger, Bro!

Image source: unsplash.com/@nomadbikers

Tentu aja ini adalah hal paling utama bukan cuma buat para motovlogger, tapi juga semua pengendara motor di dunia, bro. Yap, helm!

Helm dibuat untuk mengurangi dampak dari benturan yang diterima kalau mengalami hal yang nggak diinginkan seperti kecelakaan. Berhubung menjadi motovlogger berarti selalu merekam semua kegiatan, mulai dari persiapan sebelum berkendara sampai after riding, juga perlu helm yang punya tampilan keren.

Pastikan juga kalau helm yang digunakan merupakan Standar Nasional Indonesia (SNI) ya, bro. Supaya lebih aman dan nyaman saat dipakai berkendara.

Audio

Selain kamera, untuk menghasilkan konten yang bagus buat menjadi motovlogger sejati, juga dibutuhkan kualitas audio yang bagus pula. Karena kalau hanya mengandalkan kualitas suara dari action camera yang dipakai, itu namanya sama aja bohong, bro.

Karena buat apa capek-capek merekam perjalanan berkendara, kalau ternyata hasil videonya nggak bisa mendengar suara percakapan diri yang dikalahkan oleh kerasnya suara angin yang menerpa action camera.

Caranya bisa menambahkan alat audio yang dipasangkan ke action camera dan digunakan sebagai mic. Suara yang dihasilkan pun bisa terdengar dengan jelas dan lebih keren pastinya.

Intercom Dua Arah

Berkendara dengan teman adalah salah satu kegiatan yang paling seru buat dilakukan. Kalau punya teman yang ternyata juga seorang motovlogger, butuh intercom dua arah, bro. Dengan alat ini, jadi bisa ngobrol sama teman sambil berkendara. Bisa juga membuat video cut-to-cut dengan memanfaatkan video dan audio yang sudah direkam oleh teman dengan alat ini.

Nah, bagaimana nih sudah tertarik untuk memulai motovlogging belum, bro? Beberapa gadget tadi bisa disiapkan buat jadi motovlogger keren, bro.

 

Source: review.bukalapak.com
Gear Beginner Extreme solo traveling

15 COMMENTS

SHARE
Yuniarto ( Tato )
Wajib punya tuuu
Rdh
Nice info
SRI YAYA ASTUTI
peralatan turing yang harus dibawa
Bahar
Nice info
Ani
pegen punya
agung
tq info ya
Bahar
Nice info
Fajar Satritama
Mantaaap inimah
Rizky Mochammad
Semoga segera punya lengkap
Bahar
Nice info