12 Ekor Paus Terdampar di Perairan NTT Selama Bulan Juli, Apa Penyebabnya?

Ada peristiwa memprihatinkan nih bro dari Nusa Tenggara Timur (NTT). Perairan NTT mendadak kedatangan paus pilot. Sayangnya, kehadiran paus berwarna hitam itu nggak bikin para wisatawan atau warga sekitar kegirangan, tapi justru kesedihan.

12 Ekor Paus Terdampar di Perairan NTT Selama Bulan Juli, Apa Penyebabnya?

Belasan paus pilot di perairan NTT itu terdampar di perairan dangkal. Sebagian mati, tapi ada juga yang masih hidup. Paus pilot yang mati karena gagal kembali ke laut dalam. Total ada 12 ekor paus yang terdampar. 

10 Ikan paus di antaranya mati dan satu lagi berhasil diselamatkan oleh warga pesisir. Sementara satu ekor paus lagi merupakan paus raksasa, paus biru atau blue whale, ditemukan mati. 

Mamalia itu ditemukan di dua lokasi terpisah di perairan dangkal Sabu Raijua, Nusa Tenggara Timur. Ada yang ditemukan di Pantai Lie Jaka, ada juga di Ladeunu. 

Penyebab Paus Terdampar

12 Ekor Paus Terdampar di Perairan NTT Selama Bulan Juli, Apa Penyebabnya?

Image source: ANTARA FOTO/MUHAMMAD BAGUS KHOIRUNAS

Balai Kawasan Konservasi Perairan Nasional (BKKPN) Kupang Menjelaskan terdamparnya belasan paus itu terjadi secara alami. Jadi bukan karena ada perburuan liar yang dilakukan manusia di tengah laut. 

Buat sekadar info ya bro, Perairan NTT khususnya Laut Sawu memang merupakan lokasi berkumpulnya mamalia laut khususnya paus dari berbagai jenis. Lokasi ini jadi tempat favorit buat paus untuk mencari makan. Sayangnya, gerombolan paus itu terlalu asyik mencari makan. Sampai akhirnya lupa untuk kembali ke laut dalam. Ketika sudah terdampar, maka sangat sulit untuk bisa bergerak lagi tersapu ombak. Butuh bantuan manusia supaya bisa hidup.

Saat ditemukan, paus-puas ini terlihat memiliki luka di bagian tubuhnya. Cuma, BKKPN memastikan kalau luka pada belasan paus itu bukan karena perburuan atau bekas tombak. Tapi gara-gara ada gesekan antara tubuh ikan di atas batu karang.

Belum lagi masyarakat NTT sudah paham larangan berburu atau menangkap hewan laut yang dilindungi, Jadi sangat kecil kalau paus yang mati akibat ulah manusia. 

Tentang Paus Pilot Sirip Pendek

Belasan paus yang terdampar di perairan NTT ini jenisnya paus pilot sirip pendek atau globicephala macrorhynchus. Mamalia ini masuk dalam kelompok Cetacea dari genus Globicephala

Kalau lagi di dalam laut, paus pilot sirip pendek agak sulit dibedakan dengan kerabatnya, paus pilot sirip panjang (Globicephala melas). Keduanya banyak memiliki keserupaan fisik, hanya saja paus pilot sirip panjang cenderung lebih besar dan mempunyai beberapa perbedaan fisik tertentu.

Nama paus pilot sendiri berasal dari kepercayaan bahwa pemimpin kelompok, berperan sebagai 'pilot' dari kelompok tersebut. Pengikutnya akan membuntuti ke mana pemimpinnya pergi, meskipun keputusan tersebut dapat membahayakan paus pengikut.

Umumnya, paus ini ditemukan jauh dari pantai. Meskipun sebagian ada yang ditemukan di daerah perairan dekat pantai. Nah beberapa kasusnya, seperti yang terjadi di perairan NTT ini, saking dekatnya dengan perairan dangkal, banyak paus pilot sirip pendek yang mati terdampar. 

Paus pilot sirip pendek memiliki kepala yang mempunyai benjolan, dengan paruh yang sangat pendek. Beberapa varietas paus-pilot sirip-pendek memiliki benjolan menyerupai persegi ketika dilihat dari atas atau bawah. Sirip punggung terletak 1/3 bagian dari kepala, relatif pendek dan melengkung mirip bulan sabit.

 

Source: https://travel.detik.com/travel-news/d-5116742/12-ekor-paus-terdampar-di-perairan-ntt-di-bulan-juli?_ga=2.123587275.1724588062.1596011085-477543907.1593418840
Trending Beginner Extreme solo traveling

11 COMMENTS

SHARE
Yuniarto ( Tato )
ada juga yaaa
Rdh
Nice info
Bahar
Nice info
agung
tq info ya
Ldr_Lstyd
ternyata yaa
Fajar Satritama
Ohhh gituuu
Fajar Satritama
Kasian euyy
Endra korniawan
Penyebabnya keserakahan manusia
SURIANTO
Stock hadiahnya kosong MIN ????????????
Yuniarto ( Tato )
niceeeeee