Bernyali Besar? Coba Coasteering Bro, Mendaki Tebing Terus Lompat ke Air!

Hiking alias mendaki bukan kegiatan yang asing lagi buat para pecinta alam.  Aktivitas ekstrem ini biasanya dilakukan sebagai alternatif lain ketika sudah bosan melakukan petualangan ke puncak gunung. Jadi, pilihan lain menikmati alam itu dengan cara mendaki gunung. Tantangannya kurang lebih sama dan tentunya sensasinya beda banget.

Bernyali Besar? Coba Coasteering Bro, Mendaki Tebing Terus Lompat ke Air!

Mendaki tebing bisa berasa lebih mengerikan karena lo bakal merayap bak spiderman di pinggiran bebatuan yang risikonya bisa jatuh ke jurang. Kalau lo bernyali besar, maka olahraga mendaki atau panjat tebing wajib masuk list petualangan lo tahun ini. 

Kalau mau next level lagi, ada yang namanya Coasteering bro. Ini merupakan kegiatan mendaki tebing dengan kadar tantangan lebih sulit lagi.

Apa Itu Coasteering?

Bernyali Besar? Coba Coasteering Bro, Mendaki Tebing Terus Lompat ke Air!

Image source: experitour.com

Aktivitas ekstrem ini mirip banget sama hiking, tapi lebih sulit lagi. Kegiatan ini biasanya dilakukan di tebing-tebing tepi pantai. Jangan kaget ya bro, Coasteering ternyata sudah dilakukan sejak ratusan tahun silam. Awalnya, kegiatan ini bisa dipakai untuk para anggota militer berlatih ketahanan fisik dan cara bertahan hidup. Tapi lama kelamaan, tepatnya di tahun 1990-an, Coasteering jadi kegiatan yang memacu adrenalin. 

Daerah pertama yang sukses menyelenggarakan aktivitas coasteering adalah sebuah daerah di Wales bernama Pembrokeshire. Kegiatan itu sukses banget. Bahkan pada saat itu banyak yang mendorong supaya coasteering ini jadi agenda tahunan.

Melompat ke Air dari Puncak Tebing

Bernyali Besar? Coba Coasteering Bro, Mendaki Tebing Terus Lompat ke Air!

Image source: experitour.com

Yang bikin beda hiking biasa dengan coasteering ini yakni kegiatan lanjutan setelah benar-benar menginjakan kaki di puncak tebing. Para pelakunya selalu melakukan lompatan-lompatan dengan gaya yang bervariasi. Mulai dari jump a dive, bomb, belly flop atau bahkan stunt jump. Ini yang bikin coasteering  lebih seru dari kegiatan panjat tebing 'mainstream'.

Jalurnya selama pendakian juga nggak gampang lho. Karena lintasan yang dipijak pada pendaki itu bervariasi mulai dari garis pantai, melewati jurang, mendaki tebing, baru terjun ke air. Makanya nggak heran kalau coasteering ini butuh nyali besar.

Oh iya, sebelum melakukan kegiatan ini tentunya mesti persiapan yang matang banget ya bro. Stamina harus fit pokoknya. Ingat, jalur yang bakal dilewati itu nggak mudah. Jadi nggak bisa tuh kalau lo mau jajal coasteering  dengan persiapan yang minim. 

Syarat-syarat Coasteering 

Ada persyaratan wajib buat para pelaku coasteering. Pertama harus berusia 18 tahun ke atas, lalu bisa berenang di kedalaman 50 meter tanpa alat bantu apapun. Lalu bersedia menggunakan perlengkapan keamanan, mulai dari wetsuit, helm, hingga pelampung. Maklum, ini bukan olahraga sembarangan, jadi safety item harus nempel di tubuh.

Di Indonesia sendiri, kegiatan alam bebas ini masih belum banyak dikenal. Padahal banyak pantai di Indonesia yang memiliki daya tarik tersendiri untuk dijelajahi. Kalau tempat terbaik untuk melakukan kegiatan ini, sampai sekarang masih di tempat asalnya yaitu Pembrokeshire, Wales.

Para pencinta coasteering sudah menganggap kalau pantai Pembrokeshire adalah tempat yang paling ideal untuk melakukan aktivitas ini. Karena di pantai itu banyak tebing curam dan gua-gua yang indah untuk dijelajahi. Tertarik coba bro?

 

Source: https://www.superadventure.co.id/news/2142/hei-adrenalin-junkie-berani-coba-untuk-coasteering/
Extreme Action Beginner Extreme solo traveling

8 COMMENTS

SHARE
Iqbal
Jangan tiru sangat berbahaya
Agung Sutrisno
Olahraga ektrem yang butuh nyali besar
agung
tq info ya
Ldr_Lstyd
ngeri, jadi takut
Yumna Aditya Prakoso
ga berani gan
Yuniarto ( Tato )
Asyikkkkkkkkkk
ditra nugraha
nyalinya besar
Rdh
Ngerii bro