Main Flowriding Asyik Juga Lho, Belajar Surfing Nggak Pakai Tenggelam

Surfing alias berselancar air sekarang nggak harus dilakukan di pantai bro. Ombak tinggi nggak perlu diburu lagi. Lo bisa menjajal manuver di atas ombak dengan sebuah mesin ombak buatan. 

Main Flowriding Asyik Juga Lho, Belajar Surfing Nggak Pakai Tenggelam

Betul banget bro, nama wahana surfing buatan adalah flowrider. Kegiatan ini mungkin sudah nggak asing lagi di telinga. Lokasi wahananya juga sudah banyak kok di Jakarta. Jadi kalau lo mau menjajal olahraga ekstrem surfing ini bisa banget menyambangi tempat-tempat rekreasi yang menyediakan wahana berselancar air tanpa harus ke laut. 

Didesain Khusus

Main Flowriding Asyik Juga Lho, Belajar Surfing Nggak Pakai Tenggelam

Image source: klook.com

Surfing kekinian yang lahir di abad ke-20 ini ramai peminatnya. Maklum aja, buat merasakan sensasi surfing nggak perlu lagi menunggu ombak, berenang ke tengah laut untuk mendapat gulungan ombak yang sempurna. Olahraga ini dirancang secara khusus.

Derasnya air di wahana ini dibuat oleh mesin. Nggak sembarangan lho, ombak buatan ini memiliki ketebalan air sekitar 3 inci dan memiliki kecepatan sekitar 20-30 MPH. Jadi, deras airnya lumayan kencang bro. Nggak sedikit para pemainnya tersapu ombak ketika gagal menjaga keseimbangan di atas papan surfing.

Ombak yang dihasilkan dalam wahana flowriding ini karena semburan air kencang di wahana ini akan tertahan oleh lintasan yang didesain khusus. Butuh papan khusus buat menaklukan ombak buatan ini. Instrumennya juga harus lengkap.

Papan dalam flowboarding ini biasa disebut stand-up board. Biasanya papan yang dipakai nggak jauh berbeda dengan papan wakeboarding. Papan dalam flowboarding ini memiliki panjang sekitar 910 milimeter atau sekitar 36 inchi sampai 1070 milimeter atau sekitar 42 inchi.

Dan, lebarnya sekitar 280 milimeter atau 11 inchi sampai 356 milimeter atau 114 inchi. Untuk bobotnya sendiri papan flowboarding ini biasanya memiliki berat sekitar 1,4 kilogram sampai 2,8 kilogram. 

Bisa Pamer Trik

Main Flowriding Asyik Juga Lho, Belajar Surfing Nggak Pakai Tenggelam

Image source: m.traveloka.com

Meski lo hanya berdiri di atas ombak buatan, tapi di wahana flowrider ini nggak cuma sekadar berdiri saja. Kalau lo sudah menguasai basicnya atau sudah andal mengendalikan keseimbangan, baru kemudian bisa melakukan trik-trik api dalam berselancar.

Lo bisa melakukan trik-trik yang biasa dilakukan dalam wakeboarding, snowboarding, dan skateboarding. Trik yang biasa dilakukan adalah seperti carving, berputar, pop-shuvits, kick-flips, hingga foot-plant and fast-plant.

Pada dasarnya flowrider ini gabungan dari bodyboarding. Nah perlengkapan yang bakal lo pakai juga sudah berarti apa yang para pelaku bodyboarding siapkan. Lo diwajibkan mengendarai dan melakukan trik bodyboard ini dari berbagai macam posisi, dari posisi tiarap dan berlutut. 

Meski kelihatan ini cuma wahana air biasa. Jangan anggap flowrider sekadar permainan. Karena olahraga ini sudah punya organisasinya. Bahkan sampai kelas dunia. Namanya FLOW, akronim dari Flowboarding League of The World. Organisasi ini dijalankan oleh WhiteWater Inc. Karena sudah ada organisasinya, flowboarding ini juga ada lho kompetisinya.

Kompetisinya flowrider ini semarak di Amerika Serikat. Kompetisi ini dibagi menjadi dua yaitu The North American Flow Tour Prime Events dan Flow Series Event. Kompetisi ini ada juga kok yang di Asia yaitu Flow Tour Asia. Flow Tour Asia ini memang ada di Asia, cuma sepertinya belum tercatat ada yang di Indonesia.

 

source: https://www.superadventure.co.id/news/3308/mau-surfing-tapi-ga-bisa-ke-laut-coba-flowboarding-bro/
Extreme Action Beginner Extreme solo traveling

7 COMMENTS

SHARE
Agung Sutrisno
Perlu menjajal olahraga ekstrem surfing ini
agung
tq info ya
Ldr_Lstyd
pengen coba
Yumna Aditya Prakoso
susah gan
Yuniarto ( Tato )
Nice...........
ditra nugraha
thanks infonya ya
Rdh
Seruuuuu