Perlengkapan Buat yang Mau Mendaki Gunung Pulang-Pergi

Tektok, para pendaki gunung pasti sudah nggak asing dengan istilah mendaki yang satu ini. Yup, istilah tektok ini biasanya digunakan untuk pendakian yang dilakukan sekali jalan tanpa menginap di dalam tenda. Sebagian besar orang biasanya menyebut istilah ini dengan pulang-pergi atau pp. Perlengkapan apa saja yang diperlukan saat mendaki gunung tektok? Berikut ulasan selengkapnya!gear

Perlengkapan Buat yang Mau Mendaki Gunung Pulang-Pergi

Nusantara memang dianugerahi oleh banyak medan petualangan yang sangat menarik untuk dijelajahi, mulai dari pantai, hutan kecil, sampai pegunungan yang gagah tinggi menjulang. Nggak heran, kalau banyak wisatawan dari dalam negeri maupun luar negeri berbondong-bondong ingin menyaksikan langsung keindahan alamnya dari puncak gunung yang menakjubkan.

Tak perlu berhari-hari, beberapa puncak gunung di Indonesia bisa juga dicapai dalam hitungan jam lho, bro. Para pendaki biasanya menyebut aktivitas pendakian singkat ini dengan istilah 'tektok'.

Meskipun terbilang singkat, mendaki gunung tetaplah olahraga extreme yang memiliki banyak risiko. Oleh karena itu, lo harus membawa beberapa perlengkapan penting ini saat mendaki gunung tektok, bro!

Persediaan Air Minum yang Cukup

Perlengkapan Buat yang Mau Mendaki Gunung Pulang-Pergi

Image source: unsplash.com/@khamkhor

Mendaki gunung atau aktivitas di alam bebas lainnya pasti bakal sangat menguras tenaga dan membuat tubuh kekurangan cairan. Yup, walaupun terbilang singkat, mendaki tektok pasti bakal membuat lo sangat berkeringat. Oleh karena itu, lo wajib banget bawa persediaan air minum, bro.

Tidak seperti mendaki gunung seperti biasanya yang menghabiskan dua atau tiga malam. Saat mendaki tektok, lo nggak perlu bawa kompor untuk memasak air sungai supaya layak untuk diminum, bro. Bawalah satu atau dua liter air mineral agar tubuh tetap terhidrasi.

Kudapan Kecil Penghilang Lapar

Perlengkapan Buat yang Mau Mendaki Gunung Pulang-Pergi

Image source: unsplash.com/@shootbyteo

Seperti rasa harus, lo pasti bakal merasa lapar dan kehilangan tenaga setelah jauh berjalan mendaki gunung. Oleh karena itu, jangan lupa juga untuk membawa makanan kecil untuk dimakan di sela-sela istirahat saat mendaki gunung tektok, bro. Lo bisa membawa roti, coklat, atau kudapan kecil lainnya yang mengenyangkan dan mudah disimpan di dalam tas.

Obat-obatan Pribadi Harus Selalu Sedia

Perlengkapan Buat yang Mau Mendaki Gunung Pulang-Pergi

Image source: adventuremedicalkits.com

Kalau tidak pergi bersama dokter, lo pasti bakal sulit untuk menemukan dokter di hutan belantara atau daerah pegunungan. Jadi, kalau sesuatu yang buruk terjadi, lo sudah harus bisa menanganinya sendiri, bro.

Oleh karena itu, obat-obatan sebagai pertolongan pertama harus ada di dalam tas. Bawalah obat pelancar pernapasan, antiseptik dan perban untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan. Cuaca dingin dan kelelahan bisa buat pernapasan.

Jalanan tidak rata juga membuat kaki lo bisa terkilir, bro. Kala itu, perban sangat diperlukan. Jika lo memiliki penyakit khusus dengan obat tertentu, maka jangan ragu untuk membawa obat tersebut saat mendaki gunung tektok.

Senter dan Korek Api

Perlengkapan Buat yang Mau Mendaki Gunung Pulang-Pergi

Image source: reddit.com

Berapa lama pun rencana lo mendaki gunung tektok, sediakanlah senter di dalam tas. Pasalnya, lo bisa saja terjebak di alam liar pegunungan sampai matahari terbenam, bro. Entah karena cuaca yang kurang mendukung, teman pendakian yang cedera atau kemungkinan buruk yang tidak diharapkan lainnya.

Ketika malam tiba, pasti lo butuh sumber pencahayaan agar bisa menapaki jalur pendakian yang benar. Tidak perlu senter besar, cukup senter yang setidaknya bisa menerangi jalan sudah sangat membantu kok, bro.

Korek api pun tak kalah pentingnya. Terkadang, lo harus membuat api untuk menghangatkan tubuh atau guna menerangkan sesuatu. Api juga bisa berfungsi untuk memberikan tanda saat lo tersesat atau butuh bantuan cepat.

Pakaian Cadangan dan Jas Hujan

Perlengkapan Buat yang Mau Mendaki Gunung Pulang-Pergi

Image source: pexels.com/@gabriela-palai

Cuaca di pegunungan memang sangat sulit untuk ditebak. Cuaca memang bisa diprediksi, tapi tidak benar-benar tahu kapan itu akan terjadi. Oleh karena itu, satu stel jas hujan tetap harus dibawa saat mendaki gunung tektok, bro.

Saat kehujanan di jalur pendakian, lo pasti bakal sangat sulit menemukan tempat untuk berteduh. Selain itu, lo juga harus terus melanjutkan perjalanan agar bisa cepat sampai di rumah. Nah, jas hujan ini sangat berguna di saat genting dalam situasi tersebut, bro.

Selain jas hujan, lo juga perlu pakaian cadangan guna terhindar dari angin pegunungan yang sangat dingin setelah diguyur hujan deras. Jika membawa pakaian ganti, sebaiknya bawalah tas yang tahan air atau waterproof. Percuma juga kan kalau bawa pakaian kering tapi tas yang lo gunakan kemasukan air hujan.

So, itulah beberapa perlengkapan penting yang harus lo bawa saat mendaki gunung tektok. Sudah siap mendaki lagi, bro?

 

Referensi : https://review.bukalapak.com/hobbies/hiking-satu-malam-siapkan-5-perlengkapan-ini-dalam-tas-84715
Gear Beginner Extreme solo traveling

11 COMMENTS

SHARE
Bahar
Nice info
Agung Sutrisno
Persiapan buat yang mau muncak 17 agustus
Hilman rusdiyanto
Mantabbb
Muhammad arifudin
Nice info
Rdh
Nice info
agung
tq info ya
Agus Sungkawa
Info yang bermanfaat
Yuniarto ( Tato )
Kudapan kecil Sama Buah penting banget nih
Allink
Sarangnya sangat bagus
Ilham akbar
Nice info