Trik Memotret Satwa Liar Agar Mendapatkan Hasil yang Apik

Berlibur menikmati alam dan menyaksikan kehidupan satwa liar dari dekat pasti bakal jadi momen liburan yang nggak bakal terlupakan. Namun, hal tersebut tentu kurang lengkap tanpa foto-foto kehidupan satwa liar yang eksotik. Seperti apa tips memotret satwa liar yang bisa lo terapkan saat berlibur? Simak ulasan selengkapnya berikut ini, bro!

Trik Memotret Satwa Liar Agar Mendapatkan Hasil yang Apik

Mengabadikan kehidupan satwa liar memang memiliki sensasinya tersendiri. Wajar saja, jika banyak orang yang tertarik berlibur ala safari agar bisa menyaksikan dan memotret dari dekat keragaman hewan dan keunikan alam di suatu tempat.

Namun, tentu bukan hal yang mudah untuk mengabadikan pose menawan satwa liar dalam bidikan lensa kamera. Pasalnya, satwa liar cenderung bergerak aktif dan cukup sensitif dengan kehadiran manusia, bro. Oleh karena itu, lo harus terapkan beberapa tips memotret satwa liar berikut ini agar bisa menghasilkan jepretan yang apik dan menarik!

Siapkan Perlengkapan

Trik Memotret Satwa Liar Agar Mendapatkan Hasil yang Apik

Image source: justbirding.com

Tips yang pertama, tentu saja lo wajib mempersiapkan perlengkapan memotret, bro. Persiapkan kamera, lensa, tripod, dan hal-hal lainnya yang sekiranya lo perlukan nanti. 

Jangan lupa juga agar menyiapkan baterai cadangan. Pasalnya, saat ‘berburu’ foto nanti pasti lo akan berada jauh di tengah alam liar dan sulit menemukan sumber listrik ataupun toko yang menjual baterai kamera. Sebelum berangkat, pastikan semua perlengkapan sudah siap ya, bro.

Jangan Memakai Pakaian dengan Warna Mencolok

Trik Memotret Satwa Liar Agar Mendapatkan Hasil yang Apik

Image source: justbirding.com

Tips memotret satwa liar yang selanjutnya, yaitu jangan memakai pakaian dengan warna mencolok. Warna pakaian yang mencolok bisa membuat keberadaan lo mudah terdeteksi oleh satwa yang akan difoto. Saat satwa tersebut menyadari akan kehadiran lo, pasti mereka akan bergerak menjauh atau justru bisa menyerang lo, bro.

Pilihlah warna yang menyatu dengan alam seperti coklat tua atau muda atau hijau tua dan muda. Dengan begitu, lo bisa lebih tersamarkan dengan alam di sekitar lo, bro.

Bawa Lensa Sesuai Medan

Trik Memotret Satwa Liar Agar Mendapatkan Hasil yang Apik

Image source: vertexphoto.com

Jika memotret satwa di alam yang bebas seperti hutan atau padang sabana, sebaiknya bawa lensa tele 200-400 mm, bro. Namun jika memotret hewan di kebun binatang, lensa dapat lebih pendek seperti 200mm, bahkan bisa lensa fix jika memungkinkan untuk memotret satwa jarak dekat.

Atur Mode Kecepatan Kamera Tinggi

jika cahaya di atas rata-rata dan lo ingin menangkap gerakan hewan yang gesit, maka jangan lupa untuk atur shutter speed atau mode kecepatan kamera atau sampai 1/1000 atau lebih,  bro. Namun, jika memotret di cahaya yang agak redup atau mendung, maka sesuaikan lagi kecepatan kamera.

Jangan Lupakan Auto Focus Tracking

Gerakan satwa liar yang sangat gesit berarti harus diabadikan dengan cepat dan tepat. Nah, berarti lo harus atur mode auto fokus tracking untuk mengatasi masalah yang satu ini, bro. Mode pengaturan kamera yang biasa disebut juga dengan continuous shooting mode atau burst mode ini juga bisa memudahkan fotografer untuk memotret gerakan cepat dalam waktu singkat, lho.

Sehingga, lo bisa mendapat lebih banyak momen dalam beberapa detik, bro. Selanjutnya, tinggal pilih deh, foto mana yang menurut lo paling apik.

Sabar Menunggu Gerakan atau Ekspresi Hewan

Untuk memotret hewan intinya adalah sabar menunggu gerakan atau ekspresi hewan. Inilah esensi memotret satwa liar, mendapatkan momen terbaik secara alami. Jadi jangan pernah lengah dan tetap sabar saat memotret hewan liar ya, bro.

So, itulah beberapa tips memotret satwa liar bisa lo terapkan saat berlibur. Selamat mencoba!

 

Referensi : https://travel.kompas.com/read/2019/07/27/200000627/5-tips-memotret-satwa-di-alam-bebas
https://www.nationalgeographic.com/photography/photo-tips/pbb-wildlife/
Tips Beginner Extreme solo traveling

4 COMMENTS

SHARE
Heni Oen
thanks triknya
Agus Sungkawa
Nice info buat pencinta fotografi
Ldr_Lstyd
nice info
Bahar
Nice info