Viral Karena Penuh Wisatawan, Ini Fakta Menarik Gunung Telomoyo

Pada masa Adaptasi Kebiasaan Baru seperti sekarang ini, beberapa tempat wisata sudah mulai kembali beroperasi dan mulai dikunjungi wisatawan. Termasuk salah satunya Gunung Telomoyo, destinasi satu ini sudah kembali beroperasi dan mulai dikunjungi wisatawan. Konon wisatawan banyak memenuhi lokasi ini, bro. Simak ulasan selengkapnya berikut ini!

Viral Karena Penuh Wisatawan, Ini Fakta Menarik Gunung Telomoyo

Beberapa waktu lalu, puncak Gunung Telomoyo yang dipadati wisatawan sempat viral di media sosial Instagram. Banyak wisatawan berkunjung ke gunung yang di terletak di antara Kabupaten Semarang dan Kabupaten Magelang, Jawa Tengah ini, meski di tengah pandemi.

Kepadatan pengunjung tersebut bisa dibilang bukan lagi hal yang mengagetkan, sebab memang Gunung Telomoyo merupakan salah satu gunung yang mudah diakses tanpa perlu mendaki. Puncak gunung ini bisa dicapai dengan kendaraan bermotor, seperti sepeda motor dan mobil jip.

Tapi, sudah pada tau belum fakta menarik dari Gunung Telomoyo? Penasaran? Berikut ulasannya!

Gunung Api yang Belum Pernah Meletus

Viral Karena Penuh Wisatawan, Ini Fakta Menarik Gunung Telomoyo

Gunung Telomoyo termasuk dalam jajaran gunung api dengan tipe stratovolcano atau gunung api kerucut. Namun, gunung dengan ketinggian 1.894 meter di atas permukaan laut ini belum pernah tercatat meletus.

Mudah Dijangkau dengan Kendaraan Bermotor

Viral Karena Penuh Wisatawan, Ini Fakta Menarik Gunung Telomoyo

Kalau biasanya untuk mencapai puncak gunung harus melakukan pendakian melelahkan, di Gunung Telomoyo nggak perlu mendaki, bro. Puncak Gunung Telomoyo bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan bermotor. Hal ini dikarenakan infrastruktur yang memadai di gunung tersebut.

Rute ke puncak gunung dengan mengendarai motor bisa dicapai dari area parkir wisata Gunung Telomoyo yang ada di Kecamatan Ngablak, Magelang. Oleh karena itu, perlu banget untuk mempersiapkan kondisi kendaraan dengan baik, bro.

Dikelilingi Empat Gunung

Gunung Telomoyo bisa dibilang memiliki lokasi yang strategis. Terletak di antara Magelang dan Semarang, Gunung Telomoyo dikelilingi oleh empat gunung lain yang ada di Jawa Tengah.

Keempat gunung tersebut adalah Gunung Ungaran, Gunung Sumbing, Gunung Merbabu, dan Gunung Andong.

Punya Landasan Paralayang Tertinggi

Ternyata Gunung Telomoyo nggak hanya dikenal dengan keindahan alamnya aja, gunung ini juga memiliki landasan paralayang tertinggi di Indonesia, bro. Buat yang gemar olahraga satu ini, Gunung Telomoyo bisa jadi pilihan menarik untuk dijajal.

Selain fasilitasnya yang mumpuni, Gunung Telomoyo juga menawarkan pemandangan yang indah. Bahkan, sejumlah kejuaraan paralayang dan gantole telah digelar dari atas Gunung Telomoyo. Bisa nih dicobain, bro!

Menawarkan Pemandangan Indah

Berada di ketinggian 1.894 meter di atas permukaan laut, membuat para wisatawan yang mendaki Gunung Telomoyo bisa menyaksikan berbagai keindahan dari puncaknya. Di sini juga terdapat air terjun kecil saat menapaki jalan menuju puncak gunung.

Dari puncak Gunung Telomoyo sendiri bisa melihat indahnya pemandangan Rawa Pening, Ambarawa, serta Kota Ambarawa. Selain itu, dari puncak Gunung Telomoyo ini bisa juga melihat Kota Salatiga dan Kota Magelang. Kebayang nggak gimana indahnya pemandangan di atas sini?

Namun sayangnya, setelah viralnya destinasi Gunung Telomoyo yang dipadati wisatawan di media sosial, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo akhirnya meminta kepada pengelola destinasi wisata di Puncak Gunung Telomoyo untuk menutup kawasan tersebut.

Hal ini tentu untuk kepentingan bersama, karena banyaknya wisatawan yang mengabaikan protokol kesehatan saat memadati destinasi tersebut.

Nah, buat yang mau mengunjungi destinasi wisata di tengah pandemi, sebaiknya patuhi aturan protokol kesehatan ya, bro. Jangan sampai mengabaikan aturan yang malah bisa merugikan!

 

Source: kumparan.com
Trending Beginner Extreme solo traveling

8 COMMENTS

SHARE
Fajar Satritama
Thx info bro
Endra korniawan
Perlu disambangi
Ldr_Lstyd
baru tau infonya
Bahar
Nice info
Agus Sungkawa
Indah banget pemandangan alamnya
Yuniarto ( Tato )
asyikkkkkk nih
Heni Oen
baru dengar ternyata madih banyak gunung yg belum dikunjungi
Hilman rusdiyanto
info bagus