Tips Manajemen Waktu Mendaki Gunung yang Tepat

Mendaki gunung bisa dibilang termasuk olahraga extreme yang membutuhkan persiapan matang. Tidak hanya persiapan fisik dan mental, lo juga harus mengatur atau memanajemen waktu agar pendakian bisa berjalan lancar dan kembali ke rumah sesuai dengan waktu yang diharapkan. Seperti apa tips manajemen waktu mendaki gunung yang tepat? Simak ulasan selengkapnya berikut ini, bro!

Tips Manajemen Waktu Mendaki Gunung yang Tepat

Jalan yang terjal dan menanjak, jarak tempuh yang jauh, suhu udara yang rendah, ditambah carrier berat di punggung adalah tantangan yang harus dihadapi setiap pendaki gunung. Yup, mendaki gunung memang bukanlah aktivitas yang mudah untuk dilakukan siapa saja. Butuh fisik dan mental yang kuat agar bisa sampai di puncak gunung dan kembali pulang dengan selamat.

Jika lo mempunyai waktu yang terbatas, maka manajemen waktu menjadi hal penting yang harus lo terapkan saat mendaki gunung. Agar bisa sampai di rumah sesuai dengan waktu yang diharapkan, lo bisa terapkan beberapa tips manajemen waktu mendaki gunung yang tepat berikut ini, bro!

Kenali Karakteristik Gunung Tujuan

Tips Manajemen Waktu Mendaki Gunung yang Tepat

Image source: pexels.com/@jaime-reimer

Kesalahan terbesar yang sering dilakukan oleh pendaki Gunung Indonesia adalah mereka tidak mau melakukan riset terkait dengan kondisi gunung yang ada di jelajahi. Setiap gunung pasti memiliki keunikan dan ciri khasnya masing-masing yang tidak bisa disamaratakan.

Nah, tips manajemen waktu mendaki gunung yang pertama yaitu lo harus melakukan riset terkait gunung tujuan lo, bro. Lo bisa menanyakan kepada orang-orang yang pernah ke sana atau mencari informasinya di dunia maya.

Dengan mengetahui karakteristik gunung, berbagai persiapan bisa dilakukan dengan matang. Segala kesalahan yang membuat perjalanan menjadi molor juga bisa sedikit diminimalkan, bro.

Memahami Kondisi Fisik

Tips Manajemen Waktu Mendaki Gunung yang Tepat

Image source: pexels.com/@jaime-reimer

Setelah memahami kondisi gunung, pahami juga kondisi fisik diri lo sendiri, bro. Kalau lo baru pertama kali atau masih terbilang baru menjalani olahraga extreme ini, maka sebaiknya persiapkan fisik dengan berolahraga.

Lo bisa mulai dengan jogging atau olahraga kardio lainnya. Di puncak gunung memang tersaji pemandangan yang indah eksotik, namun untuk sampai ke titik tersebut tantangannya bukan main, bro!

Mengetahui Lokasi Basecamp dan Checkpoint

Tips Manajemen Waktu Mendaki Gunung yang Tepat

Image source: pexels.com/@clifordMervil

Selain mengenali karakter gunung, mengetahui lokasi basecamp dan checkpoint juga nggak kalah penting untuk manajemen waktu mendaki gunung, bro. Pasalnya, lo harus memperkirakan jarak dari basecamp ke checkpoint tertentu untuk memperkirakan waktu istirahat atau mendirikan tenda.

Lo bisa menanyakan hal tersebut dengan orang-orang yang pernah ke gunung tersebut atau mencari informasinya di dunia maya, bro. Ketika mengetahui lokasi basecamp dan checkpoint pasti lo bisa memperkirakan durasi pendakian dengan sebaik-baiknya. Dengan begitu lo pun bisa membuat manajemen waktu yang tepat dan akurat saat mendaki gunung impian lo, bro.

Tahu Kapan Harus Beristirahat

Tips Manajemen Waktu Mendaki Gunung yang Tepat

Image source: pexels.com/@jaime-reimer

Istirahat saat mendaki gunung memang kerap menyita waktu yang nggak sebentar. Tapi, bukan berarti lo nggak perlu istirahat saat menapaki jalur pendakian yang terjal, bro.

Jangan sampai memaksakan diri sendiri dan anggota kelompok pendakian. Sebab, hal tersebut sangat berbahaya, bro. Tubuh yang lelah pasti sangat berisiko terjadi kecelakaan selama perjalanan di tengah hutan belantara.

Tapi jangan terlalu lama beristirahat juga ya, bro. Pahami berapa lama harus beristirahat agar tubuh tidak lemas dan segeralah lanjutkan perjalanan agar tidak terbawa rasa malas karena terlalu lama berhenti berjalan.

Memiliki Target Waktu

Tips Manajemen Waktu Mendaki Gunung yang Tepat

Image source: pexels.com/@abhishekgaurav

Nah, ini dia tips manajemen waktu yang harus lo terapkan saat mendaki gunung, yaitu memiliki target waktu. Targetkan jam berapa harus sampai di check point pertama pukul berapa, istirahat berapa menit. Targetkan waktu dan berusahalah mencapai target tersebut.

Saat memiliki target waktu, kedisiplinan lo juga bakal diuji, bro. Dengan begitu, lo pasti bakal lebih bertanggung jawab di setiap aktivitas mendaki gunung. Selamat mencoba!

 

Referensi : https://akasakaoutdoor.co.id/blogs/aks-tips/tips-melakukan-manajemen-waktu-pendakian-yang-tepat
Tips Beginner Extreme solo traveling

5 COMMENTS

SHARE
Heni Oen
infonya bermanfaat
Ldr_Lstyd
nice info
Agus Sungkawa
Mantap.. Nice info
Agung Sutrisno
Tehnik dan kondisi tubuh perlu diperhatikan saat naik gunung