Bukit Holbung, Keindahan di Pulau Samosir Selain Danau Toba

Kalau mendengar Pulau Samosir di Sumatera Utara, pasti teringat dengan Danau Toba yang sudah tersohor namanya. Tapi selain Danau Toba, juga ada Bukit Holbung yang nggak kalah menakjubkan untuk dijadikan destinasi wisata, bro. Seperti apa keindahannya? Simak ulasan selengkapnya berikut ini!

Bukit Holbung, Keindahan di Pulau Samosir Selain Danau Toba

Daya tarik di Pulau Samosir ini tentu terletak pada panorama bentang alamnya yang megah dan menakjubkan. Pulau Samosir yang dekat dengan Danau Toba ini juga memiliki salah satu destinasi wisata unggulan, yakni Bukit Holbung.

Bukit Holbung sendiri merupakan desa yang usianya telah mencapai 200 tahun lamanya. Dari atas bukit sendiri para wisatawan bisa menikmati panorama alam dan menilik potensi alam dan kehidupan masyarakat setempat. Suasana di Bukit Holbung juga sangat tenang, jadi nyaman buat wisatawan yang menghindar dari ramainya pusat kota.

Padang Sabana Luas

Bukit Holbung, Keindahan di Pulau Samosir Selain Danau Toba

Image source: Astacala

Bukit Holbung merupakan destinasi wisata alam yang terletak di Dolok Raja, Kecamatan Harian, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara. Kawasan ini menawarkan pesona padang sabana yang luas, serta kemegahan panorama bentang alam yang menakjubkan.

Hal ini menjadikan Bukit Holbung sebagai tempat wisata yang diminati oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Suasana di Bukit Holbung juga sangat tenang, jadi sangat cocok buat yang mau refreshing melepas penat dari segudang aktivitas.

Bukit Teletubbies

Bukit Holbung, Keindahan di Pulau Samosir Selain Danau Toba

Image source: backpackwanderer.com

Keistimewaan dari Bukit Holbung yang menjadi daya tarik bagi wisatawan tentu karena pemandangan alam yang indah. Penduduk setempat juga menyebut lokasi ini sebagai Bukit Teletubbies. Hal ini disebabkan adanya kesamaan dengan ukuran dan keelokan pemandangannya dengan bukit bernama serupa.

Nggak hanya memberikan pemandangan yang menakjubkan, bukit ini menawarkan suasana yang menyegarkan. Dari sini, bahkan bisa melihat Pusuk Buhit yang megah dan Danau Toba. Semua keindahan ini membuat potret alam yang indah.

Berburu Sunset yang Mempesona

Nggak hanya dijadikan sebagai spot foto menarik, Bukit Holbing juga merupakan tempat terbaik untuk berkemah bagi yang mau merasakan suasana bermalam di alam terbuka. Berkemah atau camping di Bukit Holbung ini bukan tanpa alasan, sebab view untuk melihat sunset di sini adalah hal yang paling ditunggu.

Dari puncak Bukit Holbung wisatawan juga bisa menyaksikan keindahan alam serta suasana kehidupan masyarakat setempat ditemani sunset yang mengesankan.

Bahkan saat di pagi hari, suasana Bukit Holbung juga nggak kalah cantik. Gumpalan kabut tebal terlihat jelas seperti awan yang bertingkat menambah nilai eksotis tempat ini.

Ditambah lagi ada bukit-bukit kecil yang terletak di pinggiran Danau Toba membuat pemandangan ini sungguh sayang untuk dilewatkan.

Rute menuju Bukit Holbung

Untuk mencapai bukit, bisa menggunakan dua rute berbeda. Pertama, dari Medan ke Tele. Selama perjalanan bisa melewati Kabanjahe. Rute lainnya adalah melalui Siantar, Parapat, dan Samosir. Itu tergantung pada titik awal. Jika memilih rute kedua, harus melalui Pelabuhan Tiga Raja untuk mencapai Tomok di Pulau Samosir.

Ketika hendak ke bukit, selanjutnya bisa melakukan trekking dalam waktu 10 sampai 15 menit. Pendakian itu sendiri agak melelahkan, namun pemandangan yang terpampang bakal membayar semua rasa lelah, bro.

Melihat keindahan Bukit Holbung di Pulau Samosir ini tentu bikin makin penasaran untuk berkunjung ke sana ya, bro? Siapa yang mau berkunjung ke Bukit Holbung di masa Adaptasi Kebiasaan Baru?

 

Source: travelingyuk.com
Wilderness Beginner Extreme solo traveling

16 COMMENTS

SHARE
Yumna Aditya Prakoso
keren banget gan
Agung Sutrisno
Bukit Holbung wajib dijadikan destinasi wisata,
Heni Oen
Bagus banget
Bahar
Nice info
Ldr_Lstyd
indah sekali
Fajar Satritama
Nice info
Fajar Satritama
Nice info
Heni Oen
pengen juga kesana .pasti bagus alamnya
Heni Oen
bagus banget alamnya
Heni Oen
mata segar melihat oemandangan bagus