Tips Memasak Nasi Menggunakan Nesting

Nasi bisa dibilang menjadi makanan yang tak bisa dipisahkan sebagian besar masyarakat Indonesia. Kini, dengan hadirnya teknologi magic com dan rice cooker, lo bisa lebih praktis menanak nasi, bro. Namun, bagaimana cara memasak butiran beras agar menjadi nasi yang nikmat disantap saat berkemah di alam bebas? Simak tips memasak nasi menggunakan nesting berikut ini, bro!

Tips Memasak Nasi Menggunakan Nesting

Para pendaki gunung pasti sudah nggak asing dengan peralatan mendaki yang satu ini. Yup, nesting adalah peralatan masak yang bisa juga di alih fungsikan sebagai peralatan makan. Lo bisa memasak air, memasak sayur-sayuran atau bahkan memasak mie instan di peralatan mendaki yang satu ini. Satu lagi yang paling penting, yaitu memasak nasi juga bisa menggunakan nesting, bro!

Memasak nasi menggunakan nesting memang membutuhkan keahlian khusus. Pasalnya, jika dilakukan dengan cara yang kurang tepat, nasi bisa saja tidak matang merata. Bahkan, bisa saja mengakibatkan gosong pada bagian bawahnya, bro.

Seperti apa cara cara memasak butiran beras agar menjadi nasi yang nikmat disantap saat berkemah di alam bebas? Berikut ini beberapa tips memasak nasi menggunakan nesting yang bisa lo terapkan saat berpetualang!

Siapkan Peralatan Memasak Nasi

Tips Memasak Nasi Menggunakan Nesting

Image source: bikepacking.com

Sebelum mulai memasak, siapkan nesting, kompor portable, gas, dan air. Sebaiknya, gunakan nesting yang berukuran paling besar saat memasak nasi. Pasalnya, nesting yang berukuran besar bakal lebih memudahkan proses-proses memasak nasi menggunakan nesting selanjutnya, bro.

Dan yang paling penting jangan lupa sediakan beras secukupnya. Jangan sampai lupa membawa beras saat berpetualang di alam bebas ya, bro. Sebab, biasanya ada saja pendaki yang melupakan bahan makanan yang satu ini.

Cuci Bersih Beras dan Tuang Air Bersih ke dalam Nesting

Tips Memasak Nasi Menggunakan Nesting

Image source: sonora.id

Tips memasak nasi menggunakan nesting selanjutnya yaitu, masukkan beras ke wadah atau ke nestingnya langsung. Jika memiliki air lebih, maka sebaiknya cuci beras dahulu sampai bersih, bro. Setelah dirasa cukup bersih, lo bisa tuangkan beras tersebut ke dalam nesting dan tuangkan air bersih dengan perbandingan 1 : 2 ke dalam nesting.

Pastikan Pasokan Gas Cukup

Tips Memasak Nasi Menggunakan Nesting

Image source: jakartanotebook.com

Setelah itu, nyalakan kompor dan letakan nesting di atas kompor. Pastikan isi gas tidak terlalu sedikit dan sebaiknya sediakan gas cadangan. Pasalnya, proses memasak nasi tidaklah sebentar, bro.

Jangan sampai di tengah-tengah proses memasak nasi kompor yang lo gunakan mati dan beras yang dimasak belum matang sempurna. Duh, jangan sampai ya, bro.

Biarkan Sekitar 7 Sampai 12 Menit

Tips memasak nasi menggunakan nesting selanjutnya yaitu, biarkan sekitar 7 sampai 12 menit. Jangan lupa tutup nestingnya dan gunakan api besar, agar bisa lebih cepat matang tentunya. Nah, pada momen ini lo bisa sambil memasak masakan lain atau bertukar cerita dengan teman seperjalanan lo, bro.

Setelah itu, aduk-aduk beras yang ada di dalam nesting berulang kali. Pengadukan ini bertujuan agar nasi bisa matang merata. Bisa juga untuk mengurangi risiko gosong pada bagian bawah nesting, bro.

Kecilkan Api dan Tunggu Sekitar 15 Menit

Tutup nesting, lalu kecilkan api sampai nasi benar-benar matang atau sekitar 15 menit. Tingkatkan kewaspadaan momen yang satu ini, bro. Pasalnya, kompor yang lo gunakan untuk memasak beras bisa saja mati karena kehabisan bahan bakar gas.

Setelah itu, buka tutup nesting dan aduk nasi menggunakan sendok. Pastikan, tekstur nasi sudah tidak basah saat diaduk. Setelah diaduk, diamkan beberapa menit agar tidak terlalu panas sebelum disantap, bro.

Taraa! Nasi hasil memasak menggunakan nesting siap di santap. Selamat menikmati!

 


Referensi : https://akasakaoutdoor.co.id/blogs/aks-tips/begini-cara-memasak-nasi-saat-kemah-yang-benar
Tips Beginner Extreme solo traveling

8 COMMENTS

SHARE
Yumna Aditya Prakoso
siyap gan makasih
eNeS
paling aman sih pakai cooking set yg udah ada anti lengketnya. pengalaman lebih gampang
Agus Sungkawa
Informasi bermanfaaat
Heni Oen
info bermanfaat
Bahar
Nice info
Ldr_Lstyd
nice info
Agung Sutrisno
Peralatan masak yang wajib dibawa oleh pendaki gunung