Melihat Lebih Dekat Desa yang Bersih di Dunia, Jalannya Pakai Sampan

Mustahil rasanya sebuah wilayah bisa bebas dari polusi bahkan sampah. Faktanya, tempat paling bersih di dunia itu nyata adanya. Tempat itu ada di Belanda, sebuah Desa bernama Giethoorn yang kondisinya benar-benar nggak ada polusi sama sekali. Makanya desa ini juga dilabeli sebagai desa terbersih dunia. 

Melihat Lebih Dekat Desa yang Bersih di Dunia, Jalannya Pakai Sampan

Desa ini juga dikenal dengan sebutan Little Venice. Uniknya desa ini hanya bisa diakses dengan menggunakan perahu sampan. Jangan harap lo bisa melihat mobil atau motor. Masyarakat di sana lebih memilih berjalan kaki untuk bepergian. Total ada 176 jembatan, taman dan berbagai tempat indah.

Jadi kalau pun ada jalan setapak itu hanya untuk pejalan kaki. Selebihnya hanya sungai yang membentang. Setiap rumah berhadapan dengan sungai dan jembatan. Sehingga warga setempat pun selalu memastikan agar sungai senantiasa bersih dari limbah. 

Keindahan Giethoorn dan keunikan konsep pemukiman di sana membuat para wisatawan dari seluruh dunia penasaran untuk melihat lebih dekat desa ini. Sampai sekarang, Giethoorn menjadi salah satu tujuan wisata populer di Belanda. 

Desa ini terletak di Overijssel. Keasrian Desa Giethoorn tak terkalahkan deh. Sejuk dan suasananya segar banget. Serba hijau dan warna warni dari dedaunan dan bunga.

Sejarah Desa Tanpa Jalan Raya

Melihat Lebih Dekat Desa yang Bersih di Dunia, Jalannya Pakai Sampan

Image source: cntraveler.com

Giethoorn punya kanal yang tersebar di kotanya, yang jika digabungkan menjadi sepanjang 4,8 kilometer. Selain itu ada pula jalur sepeda yang membentang di pinggir kanal. Daerah wisata ini telah ada sejak abad ke-13 dan ditempati oleh para petani gambut.

Nama Giethoorn sendiri berasal dari kata Geytenhorn atau yang berarti Tanduk Kambing. Penduduk kemudian menyebut pemukiman mereka dengan nama Geytenhorn. Kemudian menjadi Greythorn, lalu berubah menjadi Giethoorn.

Disebut Tanduk Kambing karena para petani yang mendiami kawasan tersebut kemudian menemukan kumpulan tanduk kambing liar yang diduga mati akibat bencana banjir pada tahun 1170. Pada zaman dulu, wilayah ini terdiri dari kayu dan gambut tinggi. 

Kolam dan kanal di Giethoorn kemudian tercipta karena adanya aktivitas ekstraksi gambut. Konon, aktivitas ini telah ada sejak abad ke-11 dan 12.

Nah singkat cerita, pada tahun 1750, aktivitas ekstraksi gambut berhenti. Penduduk di sana kemudian beralih menjadi peternak. Mereka membiakkan sapi, memotong rumput dan jerami, serta mengembangkan sektor pertanian dan perikanan sebagai kegiatan tambahan.

Penduduk Hanya Bersepeda, Jalan, dan Naik Perahu

Melihat Lebih Dekat Desa yang Bersih di Dunia, Jalannya Pakai Sampan

Image source: smithsonianmag.com

Setiap hari, sekitar 2.600 penduduk desa ini hanya menggunakan sepeda, berjalan kaki, kano, atau menyewa perahu saat sedang beraktivitas sehari-sehari. Jadi di Giethoorn lo nggak ada dengar bunyi klakson atau deru kendaraan yang bikin kuping terasa bising.

Kanal sepanjang 4 kilometer ini sebagai akses utama. Air yang jernih dan kiri-kanan dan berhiaskan pohon rindang menjadi pemandangan menarik selama perjalanan wisata di sini. 

Kalau berkunjung ke sana, kendaraan harus diparkir di luar desa. Yang bikin takjub lagi, di desa ini nggak ada sampah sama sekali yang berserakan. Tak hanya rumah-rumah warga, di sana juga ada fasilitas lain seperti restoran, toko-toko, dan lain-lain. Yang membuat Giethoorn dinobatkan sebagai salah satu desa paling bersih di dunia adalah udaranya yang bebas polusi dan air yang bersih dari limbah.

Seru banget kelihatannya ya. Siapa berencana mampir bro?

 

Source: https://kumparan.com/kumparantravel/giethoorn-desa-paling-bersih-di-dunia-yang-tak-punya-jalan-raya-hingga-sampah-1trIII52HXq/full
Urban Places Beginner Extreme solo traveling

13 COMMENTS

SHARE
Ery firman hidayat
Ayo Indonesia contoh negara Belanda sungainya bersih udaranya bersih kapan negara kita seperti ini
dephy
INDAH BANGET
Yumna Aditya Prakoso
keren gan
Fajar Satritama
Thx info bro
eNeS
kerenan juga sungai di area pabrik tekstil. warna warni dan harum juga hmm
Heni Oen
seandainya ada di Jakarta
Ldr_Lstyd
indah cuy
Ilham akbar
Nice info
Dewandaru Krisna Wisnu
Sejuk bgt ngliatnya
Masni
Indahnya