Alnwick Garden, Taman Bunga Paling Mematikan di Inggris

Kalau berkunjung ke taman bunga, pasti tujuan utamanya adalah melihat warna-warni bunga nan indah yang bermekaran ya, bro. Tapi, bagaimana jadinya kalau ternyata tanaman bunga tersebut beracun dan justru mematikan? Di Inggris ada taman bunga yang mematikan, bro! Simak ulasan selengkapnya berikut ini!

Alnwick Garden, Taman Bunga Paling Mematikan di Inggris

Berwisata ke taman bunga yang dipenuhi dengan berbagai macam tanaman serta jenis bunga warna-warni memang terdengar menyenangkan. Pada umumnya sebuah taman itu pasti ditanami dengan tumbuhan ataupun bunga yang indah, serta jauh dari kata ‘mematikan’.

Namun, hal tersebut sepertinya nggak berlaku dengan salah satu taman bunga yang ada di Inggris. Adalah Alnwick Garden, sebuah taman yang dipenuhi oleh koleksi ribuan tanaman paling beracun dan mematikan di dunia.

Dilansir Atlas Obscura, taman ini dibuat oleh salah seorang bangsawan Inggris, Orto Botanico. Ia terinspirasi membuat sebuah taman yang menyerupai salah satu kebun raya yang cukup terkenal di Padua, Italia.

Taman yang Bisa Membunuh Manusia

Alnwick Garden, Taman Bunga Paling Mematikan di Inggris

Image source: northeastfamilyfun.co.uk

Orto Botanico akhirnya menyulap dan mendedikasikan sepenuhnya taman ini untuk ditanami tumbuhan beracun paling berbahaya dan mematikan. Bahkan saking mematikannya, di sekitar taman terdapat sebuah papan tanda yang bertuliskan ‘taman ini bisa membunuhmu’.

Hal ini bertujuan untuk memberi peringatan ke para wisatawan agar nggak sembarangan menyentuh tanaman yang ada di sana.

Tanaman Mematikan Legendaris

Alnwick Garden, Taman Bunga Paling Mematikan di Inggris

Image source: northeastfamilyfun.co.uk

Sementara itu, di balik gerbang hitam besar dari Alnwick Garden, terdapat sekitar 100 jenis tanaman mematikan dan juga legendaris, seperti Atropa belladonna (Deadly Nightshade), Strychnos nux-vomica (Strychnine), dan Conium maculatum (Hemlock).

Ketika mengunjungi taman ini, para wisatawan akan didampingi oleh seorang pemandu yang akan menjelaskan asal-usul, jenis, dan juga betapa berbahayanya racun yang ada di tanaman tersebut.

Para pemandu tersebut juga nggak akan pernah bosan untuk memperingatkan para wisatawan agar nggak menyentuh dan mencium tanaman apapun di tempat ini. Karena memang, racun yang ada di tanaman-tanaman itu dapat mengancam nyawa manusia yang menyentuhnya.

Diwariskan dari Generasi ke Generasi

Alnwick Garden, Taman Bunga Paling Mematikan di Inggris

Image source: David Clark/Geograph

Taman seluas 14 hektar ini dibuka pada tahun 2005. Selain dikenal mematikan, ternyata Alnwick Garden memiliki sejarah yang panjang, karena tanaman ini diwariskan dari generasi ke generasi oleh seorang bangsawan Inggris.

Kala itu, sebelum taman ini dibuat, seorang bangsawan menginginkan sebuah taman yang berbeda dan membuat sesuatu yang lebih modern. Hingga akhirnya terciptalah sebuah kebun yang dipenuhi oleh tanaman beracun paling mematikan tersebut.

Sang bangsawan pun lebih memilih tanaman beracun ketimbang menanam tanaman obat. Ia memutuskan untuk menanam bunga atau tumbuhan beracun dan mematikan yang langka, serta sulit untuk didapat. Bahkan beberapa kebun miliknya itu juga ditanami oleh tanaman narkotika, seperti opium poppy, ganja, jamur ajaib, dan tembakau.

Perlu Izin Khusus dari Pemerintah

Saat membuka Alnwick Garden, banyak tanaman yang memerlukan izin khusus dari pemerintah setempat. Hal ini karena bahaya yang ditimbulkan oleh tanaman beracun sangat nyata, dan beberapa di antaranya dapat membunuh atau sakit hanya dengan melalui sentuhan. Ada pula beberapa tanaman yang harus diberi pembatas dan berada dalam pengawasan pihak keamanan selama 24 jam.

Terlepas dari hal tersebut, taman ini nyatanya mampu menghadirkan daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Karena meski beracun, ada beberapa bagian lain dari taman ini yang menarik untuk dijelajahi.

Misalnya, rumah pohon yang sangat besar, serta bertingkat-tingkat dan juga sebuah labirin bambu. Di taman ini juga terdapat sebuah Kastil Alnwick yang menjulang tinggi yang bentuk bangunannya mirip seperti Kastil Hogwarts dalam film Harry Potter, bro.

Untuk mengunjungi Alnwick Garden, wisatawan harus membayar £14.30 untuk dewasa atau sekitar Rp 268 ribu dan £5.50 untuk anak-anak atau sekitar Rp 103 ribu. Harga tiket juga dapat berubah sewaktu-waktu tergantung musim.

Nah, bagaimana menurut lo, bro? Bikin ngeri atau malah bikin tertarik buat mengunjungi taman bunga mematikan ini?

 

Source: kumparan.com
Wilderness Beginner Extreme solo traveling

10 COMMENTS

SHARE
Fajar Satritama
Thx info
Bahar
Nice info
Heni Oen
Wisata ekstrem cantik tapi beracun
Heni Oen
cantik tapi mematikan
Rdh
Nice info
arief
cantik yg membunuh tp asli keren tempatnya
Yuniarto ( Tato )
ngeri brooo
Hilman rusdiyanto
niceeeee
Dewandaru Krisna Wisnu
Di persilahkan yg sudah bosan idup
Dewandi amirullah
Cantik cantik beracun info yg bermanfaat heheh