Mampir ke Pulau Karang Jamuang Perempuan Dilarang Menginap, Kenapa Ya?

Memilih pulau untuk destinasi liburan itu nggak pernah salah. Selain bisa main di air, suara deburan ombak dan semilir angin bisa bikin suasana hati jadi lebih tenang.

Mampir ke Pulau Karang Jamuang Perempuan Dilarang Menginap, Kenapa Ya?

Di Ujung Pangkah, Gresik, Jawa Timur ada pulau tak berpenghuni yang indah banget. Pasirnya bahkan tanpa jejak kaki manusia. Berenang tanpa busana pun bisa jadi nggak ada melihat. Tapi jangan dilakukan ya bro. Ingat etika

Kalau pulau sepi begini, buat menghilangkan penat cocok banget. Nama pulaunya Karang Jamuang. Tapi nelayan di sana banyak yang kasih sebutan Pulau Nyamukan.

Pulau ini dikelilingi dengan laut biru jernih serta pantai berpasir putih dan mercusuar yang jadi ciri khasnya. Uniknya, pulau ini menyimpan banyak mitos-mitos yang bikin bulu bergidik.

Perempuan Dilarang Menginap

Mampir ke Pulau Karang Jamuang Perempuan Dilarang Menginap, Kenapa Ya?

Image source: instagram.com/rizky_vog

Seharusnya pulau yang belum terjamah banyak orang menjadi lokasi wisata yang menarik banget buat didatangi. Tapi pulau ini punya 'aturan' sendiri.

Konon, perempuan dilarang menginap di Pulau Karang Jamuang. Jangan sekali-kali melanggar ya bro. Peraturan ini bisa dibilang aneh, tapi memang sampai saat ini belum ada yang berani melanggar.

Menurut kepercayaan di sana, setiap ada yang melanggar aturan maka bisa terjadi masalah. Jadi katanya, kalau ada perempuan yang nekat bermalam atau menginap di sana, maka pulau ini terlihat seakan tenggelam. Jadi kalaupun ada perempuan yang ke sana cuma bisa sampai pukul 17.00 WIB. Kalau ada niat untuk menginap, baiknya ikuti aturan lokal di sana. Inget bro, jangan langgar aturan.

Lokasi Pulau Karang Jamuang

Mampir ke Pulau Karang Jamuang Perempuan Dilarang Menginap, Kenapa Ya?

Image source: instagram.com/dickytombz

Untuk menuju ke Karang Jamuang, lo bisa menyeberang dari Surabaya menggunakan kapal sewaan. Atau bisa juga ditempuh melalui Ujung Pangkah dengan menggunakan perahu tradisional milik nelayan dengan waktu tempuh sekitar tiga jam perjalanan. 

Tapi kalau mau yang lebih menantang, lo bisa melakukan perjalanan dengan perahu tradisional bermotor atau Ujung Pangkah mesin dongpreng. Kalau beruntung, lo bisa bertemu kawanan lumba-lumba di perairan sekitar pulau yang melintas saat perjalanan.

Spot Foto Instagramable

Oh iya, Pulau Karang Jamuang ini adalah pulau buatan. Buat yang foto-foto nggak perlu khawatir karena banyak juga spot-spot foto yang bisa bikin galeri ponsel penuh. Di sana ada spot unik bangkai kapal yang bisa dijadikan background

Nggak cuma itu aja bro, kalau sudah lepas senja di Karang Jamuang, biasanya ada nelayan lokal mampir atau menginap sebelum melanjutkan perjalanan pulang ke Ujung Pangkah.

Perahu-perahu nelayan itu kadang bersandar lengkap dengan hasil tangkapannya. Nah, kalau sudah bersandar gitu, lo bisa memanfaatkan untuk bikin pesta bakar ikan kecil-kecilan. Seru kan habis main air di pulau terus isi perut dengan ikan segar. Harga ikan-ikan hasil tangkapan nelayan nggak mahal kok. 

Nikmatnya liburan di pulau yang belum terjamah tuh itu. Bisa interaksi dengan warga lokal maupun bantu-bantu perputaran ekonomi di sana. Kualitas ikan nggak kalah lho sama sajian di restoran-restoran. Vakansi di pulau jadi seru.

 

source: https://travel.dream.co.id/community/karang-jamuang-pulau-terlarang-bagi-perempuan-151007u.html
Urban Places Beginner Extreme solo traveling

14 COMMENTS

SHARE
dephy
selalu ikuti dan taati aturan lokal
Bahar
Nice info
Heni Oen
wah kira2 alasannya apa
Ilham akbar
Nice info
Heni Oen
Pulang yang.hilang krn air pasang wajar. di.kutub aja es mulai mencair
agung
tq info ya
Heni Oen
wah kira kira kenapa yah
Ldr_Lstyd
ternyataaa
Agung Sutrisno
Pulau sepi cocok buat menghilangkan penat
Masni
Aturan memang harus di ikuti