Tips Aman Staycation di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru

Hotel dengan protokol kesehatan bisa dibilang menjadi suatu keharusan jika lo melakukan perjalanan atau sekadar staycation di masa adaptasi kebiasaan baru ini. Yup, istilah adaptasi kebiasaan baru kini kerap kali digunakan untuk mengacu pada tatanan kehidupan yang baru dalam berkegiatan di tengah wabah pandemi Covid-19. Seperti apa tips aman staycation di masa adaptasi kebiasaan baru? Simak ulasan selengkapnya berikut ini, bro!

Tips Aman Staycation di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru

Sudah mulai bosan dan ingin berlibur? Lo sudah bisa berlibur di masa adaptasi kebiasaan baru ini kok, bro. Yup, pilihan pertama yang paling memungkinkan adalah staycation.

Staycation atau stay vacation merupakan jenis liburan singkat yang lagi tren di zaman sekarang. Staycation dipercaya bisa menghilangkan penat dalam waktu yang terbilang singkat lho, bro.

Dilansir dari Lonely Planet, staycation sangat digemari karena membutuhkan biaya yang lebih murah daripada liburan internasional pada umumnya. Adanya pembatasan dan penutupan akses bagi warga asing di beberapa negara, rasanya akan membuat tren liburan ini semakin meningkat.

Selain standar operasional, lo juga perlu bersikap proaktif untuk tetap menjaga kesehatan dan kebersihan selama di hotel, bro. Biar nggak bingung, yuk simak tips aman staycation di masa adaptasi kebiasaan baru berikut ini!

Jaga Jarak Fisik dengan Orang yang Tak Dikenal

Tips Aman Staycation di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru

Image source: pexels.com/@aratuc-nash

Social distancing atau physical distancing memang sudah diterapkan tidak lama setelah wabah Covid-19 menyebar ke banyak negara. Upaya pencegahan ini dilakukan mengingat penyebaran Covid-19 bisa terjadi dalam jarak dekat antar manusia melalui droplet atau percikan cairan dari batuk, bersin, dan saat berbicara.

Lo pasti bakal berinteraksi dengan staf hotel atau tamu lainnya saat ingin menuju lobby hotel atau pun kamar hotel pesanan. Oleh karena itu, terapkanlah jaga jarak fisik dengan orang yang tak dikenal selama berada di lingkungan hotel baik dengan para staf hotel maupun dengan tamu-tamu lainnya.

Selain itu, sebaiknya juga hindari pertemuan yang melibatkan banyak orang baik di dalam kamar maupun tempat umum. Usahakan juga hindari aktivitas di fasilitas-fasilitas umum yang ada di hotel seperti restoran, kolam renang, dan yang sejenisnya. Kalau butuh makanan atau minuman, lo bisa meminta petugas restoran untuk mengantarnya ke kamar lo, bro. Alternatif lainnya adalah dengan melakukan pemesanan take away atau dibawa pulang, jadi lo tidak berlama-lama berada di tempat tersebut.

Rajin Cuci Tangan

Tips Aman Staycation di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru

Image source: pexels.com/@polina-zimmerman

Pada masa adaptasi kebiasaan baru seperti sekarang ini, hotel yang menerapkan protokol kesehatan pasti bakal menyediakan hand sanitizer di beberapa area, salah satunya di meja resepsionis. Nah, lo bisa cuci tangan dengan menggunakan hand sanitizer tersebut setelah lo memegang permukaan benda yang seringkali disentuh orang banyak, misalnya gagang pintu, tombol lift, dan lain sebagainya, bro.

Selain penggunaan hand sanitizer, lo juga bisa menjaga kebersihan tangan dengan mencucinya menggunakan air dan sabun selama kurang lebih 20 detik. Lakukanlah sebelum dan sesudah makan serta setelah bersentuhan dengan permukaan benda yang seringkali disentuh orang banyak tadi, bro. Hindari juga menyentuh area wajah, mata, dan mulut sebelum mencuci tangan.

Gunakan Masker

Tips Aman Staycation di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru

Image source: pexels.com/@shvetsa

Jika lo berencana liburan staycation di masa adaptasi kebiasaan baru, maka penggunaan masker adalah hal yang wajib lo terapkan, bro. Penggunaan masker sendiri dinilai dapat mengurangi risiko penularan Covid-19 hingga 85%, tentu saja dengan dibarengi jaga jarak fisik. Oleh karena itu, gunakanlah selalu masker saat keluar kamar dan berada di lingkungan hotel ya, bro.

Kebersihan Diri

Selain beberapa tips aman staycation di atas, lo juga perlu memperhatikan protokol kebersihan lainnya, bro. Salah satunya adalah selalu jaga kebersihan tubuh dengan mandi secara rutin. Jangan lupa juga untuk segera mencuci pakaian kotor yang habis digunakan, mengingat virus bisa saja bertahan hidup pada kain dalam waktu tertentu.

Selain itu, selalu tutup mulut dan hidung dengan menggunakan tisu saat batuk atau bersin. Jangan lupa untuk segera membuang tisu tersebut ke tempat sampah. Selalu utamakan kebersihan agar hotel yang lo tempati selalu aman dari wabah pandemi ya, bro!

So, itulah beberapa tips aman staycation di masa adaptasi kebiasaan baru. Pahami dan terapkan tips tersebut agar staycation tetap aman dan berkesan ya, bro. Selamat berpetualang!

 

Referensi : https://www.bobobox.co.id/blog/tips-agar-tetap-aman-saat-menginap-di-hotel/
Tips Beginner Extreme solo traveling

3 COMMENTS

SHARE
Agus Sungkawa
Adaptasi kebiasan baru
Ldr_Lstyd
new normal
Rdh
New normal