Tips dalam Memilih Frame Sepeda BMX yang Tepat

Saat ini, sepeda BMX sangat diminati di masyarakat. Sepeda BMX banyak diminati karena multifungsi. Yup, selain dapat menjadi teman yang nyaman untuk bersepeda, sepeda BMX juga bisa digunakan untuk melakukan berbagai macam aksi freestyle lho, bro. Bagaimana tips dalam memilih frame sepeda BMX yang tepat? Simak ulasan selengkapnya berikut ini, bro!

Tips dalam Memilih Frame Sepeda BMX yang Tepat

Agar bisa melakukan berbagai macam atraksi freestyle dengan aman dan nyaman, tentu diperlukan sepeda BMX yang berkualitas. Frame yang kokoh dan berkualitas bisa dibilang menjadi syarat utama sepeda BMX yang aman dan nyaman diajak beratraksi memacu adrenalin.

Frame adalah bagian utama dari sepeda dan merupakan kerangka semua komponen lainnya yang terpasang. Tidak semua frame sepeda diciptakan sama. Semua tergantung dari kebutuhan si pengendara sepeda, bro. Jika pemilihan frame kurang tepat, maka bisa saja berakibat fatal dari segi kenyamanan dan keamanan si pengendara sepeda tersebut.

Lalu, seperti apakah frame yang memiliki kualitas baik? Langsung saja simak tips-tips dalam memilih frame sepeda BMX yang tepat berikut ini, bro!

Frame Harus Kuat dan Kokoh

Tips dalam Memilih Frame Sepeda BMX yang Tepat

Image source: unsplash.com/@anton_shakirov

Frame yang kuat dan kukuh adalah hal mutlak yang harus lo perhatikan saat ingin membeli sepeda BMX, bro. Bahan yang digunakan untuk membuat frame juga tak boleh luput dari perhatian. Pada umumnya, ada beberapa jenis bahan yang cukup sering digunakan untuk bahan frame sepeda, beberapa diantaranya chromoly, titanium, carbon fiber, aluminium, dan baja.

Meskipun ada banyak jenis bahan yang biasa digunakan, tapi frame sepeda BMX yang bagus biasanya terbuat dari chromoly sebagai bahan dasarnya. Harga dari bahan ini juga terbilang murah lho, bro.

Chromoly merupakan bahan frame sepeda campuran dari chromium dan molybdenum. Material ini hampir serupa dengan baja, tapi lebih ringan dan agak sulit berkarat dari baja biasa. Jika dibandingkan dengan alloy atau hi-ten steel, chromoly adalah yang paling berat, tapi mempunyai kelenturan dan kekuatan yang lebih baik dibandingkan dengan kedua material tersebut, bro.

Selain itu, frame sepeda BMX yang baik biasanya menggunakan frame ganda yang memiliki sambungan di antara kedua frame tersebut. Pastikan juga kerapian sambungan frame tersebut, bro. Selain kuat, frame sepeda BMX dirancang dengan bobot yang sangat ringan. Dengan bobot yang ringan, sepeda BMX akan semakin nyaman digunakan untuk berbagai macam lompatan freestyle.

Pastikan Ukuran Frame Sesuai Dengan Ukuran Badan

Tips dalam Memilih Frame Sepeda BMX yang Tepat

Image source: unsplash.com/@jxk

Sebelum membeli sepeda BMX, sebaiknya perhatikan juga ukuran frame pilihan lo, bro. Hal ini sangat penting, karena ukuran frame yang ideal akan menentukan kenyamanan saat bersepeda. Perhatikan dengan teliti ukuran frame sepeda BMX, agar benar-benar pas dan sesuai dengan ukuran badan lo, bro.

Frame yang cocok dan sesuai dengan ukuran tinggi badan pasti bakal membuat lo lebih nyaman saat bersepeda. Sebaiknya, pilihlah frame yang lebih rendah tingginya daripada tinggi badan lo, bro. Frame yang lebih rendah juga sangat cocok digunakan untuk freestyle karena biasanya mampu membuat sepeda BMX bergerak lebih lincah dan dinamis. Frame yang rendah juga relatif lebih aman bila dibandingkan dengan ukuran yang lebih tinggi dari tinggi badan pengendaranya.

Frame Harus Terbuat dari Bahan Anti Karat

Tips dalam Memilih Frame Sepeda BMX yang Tepat

Image source: unsplash.com/@henmankk

Satu lagi tips dalam memilih frame sepeda BMX yang tepat nih bro, yaitu usahakan memilih frame yang terbuat dari bahan yang tidak mudah berkarat. Dalam hal ini, hanya ada dua jenis bahan frame yang disarankan untuk lo pilih, yakni chromoly dan titanium. Kedua jenis bahan frame ini paling tahan terhadap karat, bro.

Nah, itulah beberapa tips dalam memilih frame sepeda BMX yang tepat. Semoga bisa menambah wawasan dan bermanfaat ya, bro. Terus gelorakan semangat I Dare!

 

Referensi : https://review.bukalapak.com/sports/3-hal-yang-harus-kamu-perhatikan-dalam-memilih-frame-sepeda-bmx-66945
Tips Beginner Extreme solo traveling

5 COMMENTS

SHARE
Ldr_Lstyd
nice info
Agung Sutrisno
Harus pandai memilih Frame Titanium dan cromolly frame anti karat
Rdh
Nice info
agung
tq info ya
Bahar
Nice info