MAR 23, 2018

Jaket Pintar Karya Anak Bangsa Ini Bisa Berfungsi Juga Sebagai Carrier Lho!

Pas banget nih bro buat yang lo yang sedang mencari jaket baru atau peralatan untuk mendaki. Karena ada sebuah jaket pintar yang dapat berfungsi juga sebagai carrier. Untuk lebih lanjutnya lihat saja artikel di bawah ini. Selamat membaca bro!


Saat mendaki gunung, carrier dan jaket merupakan salah satu barang wajib yang harus dibawa. Sayang, karena umumnya bentuk carrier dan jaket yang sangat besar, akan membuat banyak pendaki kerepotan. Apalagi ketika mereka menghadapi medan curam. Kedua benda ini bisa sangat merepotkan.

Tapi itu dulu bro, pasalnya sekarang ini sudah ada jaket keren yang bisa berfungsi juga sebagai carrier. Bahkan konon katanya, jaket pintar ini mampu menampung semua keperluan selama pendakian. Well, keren banget kan bro?

Nah, yang lebih kerennya lagi, jaket yang diberi nama Zaphanza ini merupakan karya anak bangsa lho! Adalah Muhamad Zahwan Jamaludin, Reza Fahmi, M Ikhwan Hanif, Panji Laksono dan Venza Roma Saputra, yang berhasil menyajikan karya inovatif ini.

Dalam keterangannya, mahasiswa dari Institut Pertanian Bogor (IPB) ini mengaku jika pembuatan jaket Zaphanza, terinspirasi ketika mereka melakukan pendakian gunung beberapa tahun silam.

Sama seperti pendaki lainnya, ketika itu mereka harus direpotkan dengan membawa tas carrier yang cukup besar. Mereka berfikir, membawa tubuh saja sudah sangat kerepotan, ini malah ditambah lagi dengan carrier, malah jadi lebih repot kan?

Nah dari situ akhirnya mereka berpikir untuk mencari solusi bagaimana cara supaya bisa membawa semua perbekalan pendakian, tanpa perlu repot membawa carrier. Alhasil, pembuatan jaket Zaphanza pun mulai dilirik sebagai pengganti carrier, sekaligus penghangat tubuh.

Ilsutrasi Pendakian Gunung. Credit: mtcharlestonresort.com/

Secara umum, jaket ini berfungsi sama seperti jaket gunung lainnya, tahan air dan tahan angin. Tapi di samping itu, Zaphanza punya fungsi ganda, yakni mampu mengangkut semua kebutuhan pendakian, dari mulai sleeping bag, tenda hingga raincoat.

Zaphanza dilengkapi juga dengan banyak kantung sebagai media penyimpan perlengkapan. Sedangkan untuk dengan kapasitas tiga orang, benda ajaib ini bisa menampungnya di bagian belakangm dan besi penyangga tenda bisa disimpan secara vertikal dalam kantung bagian punggung. Keren kan bro?

Selain itu, jaket ini pun bisa menampung keperluan lainnya, seperti kompas, senter, termometer, sarung tangan, peralatan makan, dan kotak P3K dan lainnya dalam kantung jaket bagian dalam. Dengan jaket ini, lo jadi nggak perlu lagi membawa carrier.

Jadi yaa benar-benar lo seperti hanya membawa badan lo saja pada saat ingin mendaki gunung. Pokoknya jaket ini memiliki fingsi yang benar-benar dapat mempermudah lo dalam melakukan segala aktifitas.

Dengan rancangan jaket ini yang bagus pasti akan membuat lo tertarik untuk membelinya. Karena dari bentuk modelnya saja tidak monoton kok. Dengan perpaduan warna antara oranye dan hitam sudah menggambarkan ketangguhan yang dimiliki oleh jaket ini serta ketengguhan yang menggunakannya juga.

Oleh sebab itu sangat akan disayangkan sekali apabila lo tidak dapat membeli jaket ini bro. Selain dari fungsinya yang akan mempermudah lo dalam melakukan aktifitas mendaki lo, jaket ini juga memiliki sebuah nilai kebanggaan sendiri loh. Dibuat oleh karya anak bangsa sendiri merupakan sesuatu yang tidak memiliki harga bro.

Jaket Zaphanza. Credit: jabar.pojoksatu.id

Jadi gimana bro dengan hadirnya jaket ini? Tentunya akan sangat membantu yaa. Untuk faktor keselamatannya, jaket ini tidak perlu dikhawatirkan lagi bro. Ditambah pula dari bahan-bahan yang dimiliki serta kualitasnya memang baik.

Perlu diketahui juga bahwa jaket ini sudah di uji coba sebelumnya. Pernah diuji coba dalam beberapa pendakian. Seperti di Gunung Semeru dan Gunung Slamet. Dan tentu hasilnya memuaskan bro.

Pendakian jadi terasa lebih nyaman dibandingkan menggunakn tas atau carrier yang besar. Karena lo saja sudah kesusahan untuk membawa tubuh lo pada saat sedang mendaki. Dan semoga dari hadirnya jaket ini dapat mendatangkan tren baru di para pendaki.

Apalagi jika tren itu datang dari hasil karya negara kita sendiri. Tentunya akan menjadi sesuatu yang menggembirakan. Dan juga dari adanya jaket ini mampu mendatangakn pendaki-pendaki baru lagi yang tentunya akan meramaikan pendakian di gunung-gunung di Indonesia.

Namun perlu disadari juga bro, karena sudah ada jaket yang multifungsi untuk pendakian gunung ini. Alangkah baiknya kita harus selalu untuk menjaga kebersihan dari gunung-gunung yang kita daki.

Karena dari menjaga kebersihan itu sendiri kita sudah membantu Indonesia untuk menuju ke negara yang bersih serta memiliki alam indah nan asri. Seperti sampah plastik itu benar-benar harus diperhatikan yaa bro.

Sampah platstik lah yang paling banyak ditemukan apabila lo sedang mendaki gunung. Karena plastic itu akan lama sekali hancurnya bilamana tidak di buang pada tempatnya. Jadi harus selalu diingat yaa.

Kembali lagi mengenai dari jaket Zaphanza ini. Kita sebagai anak muda Indonesia harus terus mendukung dengan kehadiran terobosan ini. Supaya karya anak bangsa ini bisa bersaing di kancah internasional.

Jangang selalu merek-merek luar negeri saja yang lo gunakan. Karena tidak semua merek luar negeri itu memiliki kualiatas yang baik. Produk dalam negeri juga banyak kok yang memiliki kulitas yang tentunya tidak kalah.

Ilustrasi Pemandangan Pegunungan. Credit: montreall.com/

Namun kembali lagi tinggal bagaimana kita melestarikan produk-produk dalam negeri akan selalu bisa berada di atas permukaan. Oleh sebab itu selalulah untuk mendukung produk-produk Indonesia. Kalau bukan kita yang akan mendukungnya siapa lagi bro.

Jadi kembali lagi dengan kehadiran dari jaket ini pasti akan mempermudah lo dalam segala aktifitas outdoor yang memang sudah menjadi hobi lo. Lo jadi bisa menikmati hobi lo itu tanpa harus memikirkan banyak hal lagi.

Semuanya disulap menjadi mudah oleh jaket Zaphanza ini. Untuk itu teruslah untuk mengobarkan semangat serta sisi petualang lo bro. Dan janganlah berhenti bereksplorasi!

 

 


Please login to comment
3 COMMENTS
Sunaryo Widodo
March 24, 2018 at 12:16 AM

Keren mantap jiwa


Endang P
March 28, 2018 at 8:12 AM

keren bgt


Hendy Nugroho
October 2, 2018 at 4:45 AM

Ordernya kemana gan.. Ada tahu?