Menikmati Sejuknya Kota Soe, Tempat Terdingin di Pulau Timor

Mendengar wilayah Nusa Tenggara Timur pasti sudah kebayang deh destinasi wisata yang bakal dikunjungi. Pulau Komodo dan sederet pulau-pulau cantik nggak mungkin deh luput dari list liburan.

Menikmati Sejuknya Kota Soe, Tempat Terdingin di Pulau Timor

Maklum aja, NTT memang bisa dibilang surganya keindahan alam Indonesia. Pantainya eksotis, perbukitan di sana juga memukau para wisatawan.  Nggak ada yang salah kok sama anggapan itu. Karena memang NTT dikenal dengan wisata bahari yang cantik banget.

Tapi, lo sudah dengar belum destinasi di Kota Soe? Di sana juga menyimpan spot liburan yang menarik banget buat dikunjungi. Letaknya di Kabupaten Timor Tengah Selatan atau (TTS), NTT. Kota Soe dijuluki sebagai The Freezing City, karena cuacanya lebih dingin dibanding dengan kota-kota lain di Pulau Timor.

Tapi kalau merujuk data BMKG NTT, Kota Soe (TTS) justru berada pada urutan ke tiga dengan suhu 18 derajat celsius. Masih ada Kota Ruteng (Manggarai) yang pada saat-saat tertentu suhunya bisa mencapai 10 derajat celsius, dan juga Bajawa (Ngada) yang memiliki suhu 14 derajat celsius.

Nggak Jauh dari Kupang

Menikmati Sejuknya Kota Soe, Tempat Terdingin di Pulau Timor

Image source: instagram.com/walderdedy.s

Kota Soe ini nggak jauh lokasi dari Kupang. Karena panoramanya memikat hari, makanya Soe biasanya jadi tempat singgah para wisatawan dari Kupang menuju Timor Leste. 

Mampir ke Kota Soe dijamin lo punya pengalaman lain selama liburan karena lokasi juga berada di ketinggian 792 meter di atas permukaan laut. Belum lagi kalau waktu matahari tenggelam, Kota Soe bisa jadi spot paling romantis. 

Desa Fatu’ulan

Menikmati Sejuknya Kota Soe, Tempat Terdingin di Pulau Timor

Image source: instagram.com/meickyrichardo

Desa ini diselimuti kabut tebal hampir sepanjang hari. Di sana lo bisa melihat merasakan pesona padang yang hijau, tanaman yang tumbuh subur, dan banyaknya hewan seperti kuda

Desa ini berjarak sekitar 40 Km dari jantung Kota Soe. Buat menuju daerah ini, lo bisa menempuh jalur darat, menggunakan mobil atau motor dengan waktu tempuh sekitar 2 jam.  

Yang bikin menariknya nih bro, Desa Fatu’ulan juga memiliki kekayaan budaya leluhur Atoin Meto (orang Timor). Masih banyak rumah tradisional orang Timor di sana. Jadi kalau lo yang biasa tinggal di perkotaan bisa merasakan hal yang beda dan menenangkan jiwa sejenak.

Nah, karena semuanya masih terjaga banget dari segi alam dan budayanya,  desa ini dapat julukan desa di atas. Suasana perkampungannya bikin tenang banget deh, sejuk karena berada di lereng Gunung Marapi dengan ketinggian 600-800 mdpl.

Bukit Fatukopa

Menikmati Sejuknya Kota Soe, Tempat Terdingin di Pulau Timor

Image source: instagram.com/katrinmercy

Nama 'Fatukopa' berasal dari bahasa Dawan yang berarti batu kapal. Bukit ini kelihatan unik karena kalau dilihat dari posisi tertentu, maka akan terlihat seperti kapal.

Masyarakat sekitar menganggap bukit yang menyerupai kapal ini adalah Bahtera Nabi Nuh yang karam. Kalau lo penasaran, bukit Fatukopa posisinya ada di Kecamatan Fatukopa, Kabupaten Timor Tengah Selatan, NTT. Jaraknya sekitar 55 Km dari Timur Kota Soe.

Perbukitan Fatu Nausus

Menikmati Sejuknya Kota Soe, Tempat Terdingin di Pulau Timor

Image source: instagram.com/zulfikarahmad_21

Kalau masih kurang puas, ada juga destinasi bukit Fatu Nausus. Batu bekas penambagan marmer ini bakal bikin kagum karena seakan lo berdiri di antara tembok-tembok batu raksasa.

Menariknya lagi, di lokasi ini lo bisa menikmati hijaunya alam sekitar perbukitan yang menjadi latar Nausus dari sela-sela tebing batu tersebut. Fatu Nausus berada di daerah Kapan, ibu kota Kecamatan Mollo Utara, NTT.

 

Source: https://kumparan.com/kumparantravel/menikmati-keindahan-soe-kota-dingin-di-ntt-dari-5-tempat-ini-1sBBl0ANowt/full
Wilderness Beginner Extreme solo traveling

32 COMMENTS

SHARE
dephy
Pulau Komodo dan sederet pulau-pulau cantik nggak mungkin deh luput dari list liburan.
Heni Oen
Wah bakalan seru dan asyik nih
agung
tq info ya
Ldr_Lstyd
keren tempatnya
Agung Sutrisno
Kota yang memiliki suhu rendah.
Yuniarto ( Tato )
nyamannnnn
Heni Oen
pengen juga.ngerasain
Bahar
Mantappp
Agus Sungkawa
Sangat sejuk
Hilman rusdiyanto
sioppppppp