Tips Menghindari Gangguan Hewan Liar saat Berkemah

Menikmati malam yang tenang dari dalam tenda di tengah rimbunnya pepohonan ditambah udara yang segar di pagi hari pasti bakal jadi momen liburan yang sangat berkesan dan takkan terlupakan. Namun, berpetualang di alam bebas tentu saja memiliki sejumlah risiko yang tidak diharapkan, termasuk serangan hewan liar salah satunya. Bagaimana tips menghindari gangguan hewan liar saat berkemah? Berikut ulasan selengkapnya!

Tips Menghindari Gangguan Hewan Liar saat Berkemah

Pada saat berkemah, keamanan dan keselamatan merupakan hal yang paling penting untuk diperhatikan. Selain cuaca buruk, lo juga harus tetap waspada terhadap serangan hewan liar saat berkemah, bro. Jangan sampai, suasana menyenangkan acara berkemah lo berubah menjadi mencekam karena adanya gangguan dari hewan liar yang tidak diduga-duga sebelumnya.

Bagaimanapun juga, alam bebas merupakan rumah atau habitat asli para hewan liar yang hidup di dalamnya. Oleh karena itu, lo harus terapkan beberapa tips menghindari gangguan hewan liar saat berkemah berikut ini, bro!

Usahakan Jangan Mendirikan Tenda pada Malam Hari

Tips Menghindari Gangguan Hewan Liar saat Berkemah

Image source: unsplash.com/@dnevozhai

Perhitungkan lagi waktu pendakian dengan seksama, tentu saja agar lo bisa mendirikan tenda sebelum matahari terbenam di ufuk barat. Bukan hanya minim cahaya, mendirikan tenda pada malam hari juga bisa mengundang rasa penasaran hewan buas yang aktif pada malam hari, bro.

Pilih Lokasi Camping yang Tepat

Tips Menghindari Gangguan Hewan Liar saat Berkemah

Image source: unsplash.com/@jonathanforage

Usahakan bangun tenda di tempat yang terbilang aman dan tidak menindih rerumputan. Selain itu, hindari juga membangun tenda terlalu jauh dari jalur pendakian dan terlalu dekat dengan sumber air.

Pasalnya, daerah berumput dan sumber air biasanya menjadi tempat bagi hewan kecil seperti serangga dan hewan melata lainnya berkumpul. Jadi, hindarilah tempat-tempat tersebut dan dirikanlah tenda di area terbuka yang cenderung kosong serta aman untuk ditempati sementara waktu.

Jangan Meninggalkan Sisa Makanan

Tips Menghindari Gangguan Hewan Liar saat Berkemah

Image source: unsplash.com/@anniespratt

Banyak hewan liar tertarik dengan aroma makanan yang kuat. Jadi, bersihkan semua sisa makanan, masukan ke dalam tempat sampah. Jika memungkinkan, gantunglah tempat sampah di pohon-pohon sekitar tenda. Tapi, sampahnya jangan lupa dibawa turun ke basecamp ya, bro!

Bawa Kantong Plastik

Tips Menghindari Gangguan Hewan Liar saat Berkemah

Image source: pexels.com/@shvetsa

Kantong plastik bisa sangat berguna untuk membungkus sampah, sisa makanan, dan baju. Usahakan, jangan kenakan pakaian yang digunakan pada saat memasak untuk tidur pada malam hari. Pasalnya, aroma masakan yang lo masak bisa menempel di baju dan mengundang hewan liar datang untuk mencarinya, bro. Sebaiknya, ganti pakaian dan bungkus pakaian sebelumnya menggunakan kantong plastik agar lebih aman dari ancaman hewan liar saat berkemah.

Taburkan Garam di Sekeliling Area Camping

Walaupun kurang ampuh untuk mengusir ular, sebagian besar hewan melata dan beberapa serangga di tanah tetap tidak menyukai garam lho, bro. Bawalah satu atau dua bungkus garam dan taburi di sekeliling tenda. Hal ini adalah upaya untuk mencegah hewan-hewan tersebut masuk ke dalam tenda dan mengganggu istirahat lo, bro.

Hindari Penggunaan Parfum

Hewan liar biasanya memiliki indera penciuman yang tajam. Jadi, jika ada aroma atau harum yang tidak dikenal masuk ke daerah kekuasaannya, insting mereka pasti secara otomatis akan mencari dan mendatangi sumber aroma tersebut. Jadi, selama berkemah, usahakan hindari penggunaan parfum, terutama yang beraroma kuat.

Nyalakan Lampu Senter saat Malam

Hewan buas yang hidup di malam hari biasanya akan menghindari cahaya terang. Oleh karena itu, nyalakanlah lampu senter atau lampu darurat agar hewan-hewan tersebut mengurungkan niatnya untuk datang ke tenda lo, bro.

Namun, risikonya lo mungkin bakal harus berurusan dengan serangga yang beterbangan ketika lampu-lampu menyala. Untuk mengatasi masalah ini, lo bisa gunakan lotion anti serangga agar bisa beristirahat dengan tenang, bro.

Selain tips menghindari gangguan hewan liar saat berkemah di atas, jangan pernah meninggalkan jejak sampah, memberi makan hewan liar, ataupun memetik tanaman saat berkemah, bro. Pasalnya, seringkali perilaku tersebutlah yang memancing hewan-hewan liar tersebut untuk menyerang. Selamat berpetualang!

 

Referensi : https://akasakaoutdoor.co.id/blogs/aks-tips/tips-menghindari-gangguan-hewan-liar-pada-saat-camping
Tips Beginner Extreme solo traveling

3 COMMENTS

SHARE
Agus Sungkawa
Tips yang bermanfaat
Ilham akbar
Nice info
Rdh
Nice info