Tips Nyaman Travelling Menggunakan Bus

Travelling menggunakan bus memang memiliki sensasi dan kesan tersendiri. Selain itu, bus juga bisa menjadi salah satu alternatif untuk menjangkau daerah-daerah yang tak bisa dijangkau oleh kereta api atau pesawat. Travelling menggunakan bus tetap bisa nyaman lho, bro. Seperti apa tips nyaman travelling menggunakan bus? Berikut ulasan selengkapnya!

Tips Nyaman Travelling Menggunakan Bus

Menikmati perjalanan jarak jauh menggunakan bus untuk tujuan travelling bisa dibilang menjadi 'seni liburan' yang masih sangat diminati oleh para traveller.Yup, travelling menggunakan bus memang memiliki sensasi dan kesannya tersendiri.

Salah satu kelebihan travelling  menggunakan bus yaitu bisa menjangkau daerah-daerah yang tidak terjangkau oleh moda transportasi kereta api dan pesawat terbang. Namun, salah satu alat transportasi masal di darat ini juga punya kekurangan lho, bro. Salah satunya yaitu waktu tempuh yang terbilang lama dibandingkan alat transportasi lainnya.

Tapi jangan khawatir, lo tetap bisa nyaman travelling menggunakan bus kok, bro. Asalkan mengerti dan memahami tipsnya. Berikut ini beberapa tips nyaman yang bisa lo terapkan saat travellling menggunakan bus!

Cari Informasi Lengkap Mengenai Bus

Tips Nyaman Travelling Menggunakan Bus

Image source: pexels.com/@bongkarn-thanyakij

Sebelum memesan atau membeli tiket bus, sebaiknya cari informasi terkait bus yang akan lo gunakan tersebut, bro. Carilah informasi selengkap-lengkapnya, mulai dari rute perjalanan yang akan dilewati bus, hingga berapa kali bus akan singgah ke restoran.

Untuk memudahkan ke tempat tujuan, lo juga bisa bertanya pada sopir atau kondektur apakah bus bisa berhenti sebelum terminal atau tujuan akhir. Pasalnya, dengan begitu lo bisa saja langsung turun di destinasi wisata tujuan lo tanpa harus transit di terminal. Hal tersebut juga otomatis akan menghemat budget dan waktu travelling lo, bro.

Beli Tiket di Agen Resmi

Tips Nyaman Travelling Menggunakan Bus

Image source: unsplash.com/@christianw

Agar terhindar dari calo atau penipuan, belilah tiket di pool resmi ataupun agen resmi yang telah bekerja sama dengan perusahaan otobus (PO). Jika lo berencana bepergian menggunakan bus pada hari libur panjang, maka sebaiknya pesan tiket bus jauh-jauh hari.

Hal tersebut tentu saja untuk menghindari kehabisan tiket karena membludaknya peminat pengguna bus. Dengan memesan tiket bus jauh-jauh hari, lo juga bisa lebih leluasa memilih tempat duduk lho, bro.

Bawa Obat-obatan Pribadi

Tips Nyaman Travelling Menggunakan Bus

Image source: amazon.co.uk

Tips nyaman travelling menggunakan bus selanjutnya, yaitu pastikan membawa obat-obatan pribadi ya, bro. Tujuannya, tentu saja untuk berjaga-jaga jika tiba-tiba di tengah perjalanan lo merasa nggak enak badan.

Apalagi kalau lo punya riwayat mabuk darat. Sebaiknya, bawa obat khusus untuk mengatasi masalah yang satu ini ya, bro.

Siapkan Cemilan dan Gadget

Tips Nyaman Travelling Menggunakan Bus

Image source: unsplash.com/@callmehangry

Lo juga bisa membawa cemilan atau makanan ringan untuk mengganjal rasa lapar ketika di perjalanan. Tapi, saat ini ada juga beberapa bus yang menyediakan makanan ringan selama perjalanan lho, bro. Bahkan, ada juga yang menyediakan makan prasmanan di rest area yang menjadi tempat pemberhentian bus.

Perjalanan dengan bus cenderung panjang dan waktu tempuh yang terbilang lama, pastikan juga baterai gadget dalam keadaan penuh ya, bro! Pasalnya, tidak semua bus menyediakan stop kontak untuk mengisi daya baterai gadget para penumpangnya. Oleh karena itu, sebaiknya siapkan power bank untuk mengusir rasa jenuh yang mungkin hingga selama perjalanan.

Gunakan Jaket Dan Kaos Kaki

Jika bus yang lo tumpangi menggunakan AC dan menempuh perjalanan malam hari, maka sebaiknya gunakan jaket tebal dan kaos kaki pada saat di dalam bus. Tujuannya, tentu saja untuk berjaga-jaga dari hawa dingin yang sangat menusuk pada malam hari.

Kecil-besarnya semburan AC yang biasanya ada di atas tempat duduk memang bisa diatur, tapi hawa dinginnya pasti bakal sangat terasa saat malam hari. Semburan hawa dingin AC yang terkadang langsung mengenai badan, juga sangat berisiko membuat lo sakit dan mengacaukan rencana travelling lo, bro.

Bawa Perlengkapan Pendukung

Agar bisa duduk dengan nyaman, atau bisa tidur nyenyak selama di dalam bus, maka sebaiknya siapkan juga bantal leher, bro. Tujuannya, yaitu untuk antisipasi jika tidak disediakan bantal di dalam bus.

Bawa juga penutup mata agar bisa tidur nyenyak tanpa terganggu cahaya. Lo juga bisa menggantinya dengan membawa kacamata hitam untuk melindungi mata dari terik silau sinar matahari saat di dalam bus. Dengan begitu, lo bisa lebih nyaman saat berada di dalam bus, bro.

Pisahkan Barang Bawaan Berharga

Setiap bus pasti menyediakan bagasi untuk menaruh barang-barang bawaan para penumpang. Bawalah tas kecil untuk menaruh barang-barang berharga seperti dompet, gadget, dan barang-barang berharga lainnya. Bawa tas kecil tersebut kemanapun lo pergi, untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan.

So, itulah beberapa tips nyaman yang bisa lo terapkan saat travelling menggunakan bus. Selamat berpetualang!

 

Referensi : https://www.seva.id/blog/selalu-waspada-ini-tips-nyaman-naik-bus-malam-hari-012020/
Tips Beginner Extreme solo traveling

2 COMMENTS

SHARE
Bahar
Nice info
Rdh
Nice info