Melipir ke Radesa Wisata di Tuntang, Ada Menara Eiffel di Tengah Sawah

Siapa bilang bro kalau mau lihat Menara Eiffel harus ke Paris dulu. Nggak perlu lagi deh urus paspor, apalagi menghabiskan waktu 16 jam buat melihat menara besi ikonik di Prancis itu. Karena lo bisa melihat Menara Eiffel di Kabupaten Semarang.

Melipir ke Radesa Wisata di Tuntang, Ada Menara Eiffel di Tengah Sawah

Menara Eiffel di Semarang ini sudah pasti cuma replika. Tapi nggak kalah bagus kok dengan asalnya. Objek wisata ini terletak di Rawa Pening, salah yang paling baru Radesa Wisata. Umurnya masih baru banget karena di-launching pada 19 Juli 2020 kemarin. 

Menara Eiffel replika ini menjulang tinggi di atas rawa. Kalau mau ke sana jarak tempuhnya dari Kota Salatiga cuma 9 kilometer. Kira-kira bisa hanya menempuh waktu kurang lebih 20 menit aja.

Terbuat dari Bambu

Melipir ke Radesa Wisata di Tuntang, Ada Menara Eiffel di Tengah Sawah

Image source: instagram.com/ivamotret

Meski secara pandangan mata mirip, tapi Menara Eiffel di Radesa Wisata ini nggak bisa disamakan dengan yang aslinya di Eropa sana. Kalau di Paris pakai material besi di Indonesia ini memakai bahan bambu.

Cukup tinggi lho bro, kurang lebih menjulang ke atas 38 meter dengan lebarnya 12,5 meter yang mirip dengan aslinya. Menara replika ini dibuat tinggi juga supaya kapal nelayan yang mau cari ikan di bawahnya masih bisa melintas.  Untuk membangun replika Menara Eiffel ini dibutuhkan sebanyak 450 bambu.

Spot Foto Instagramable

Melipir ke Radesa Wisata di Tuntang, Ada Menara Eiffel di Tengah Sawah

Image source: instagram.com/danarsibolang_

Salah satu alasan membuat replika Menara Eiffel di Jawa Tengah ini agar sumber daya alam yang dimiliki Indonesia bisa mendunia. Makanya material yang dipakai juga dari bambu.

Pengerjaan Menara ini sudah dimulai sejak September 2019. Butuh waktu 7 sampai 8 bulan sampai akhirnya menara replika ini benar-benar berdiri kokoh di atas rawa.

Oh iya, tempat ini dinamai Radesa juga diambil dari seorang tokoh besar Indonesia yakni Raden Saleh. Kedepannya tempat ini bakal dijadikan destinasi wisata yang lengkap dengan kearifan lokal tentunya.

Menara yang terbilang unik dan jarang banget ada di Indonesia menjadikan tempat ini banyak dikunjungi wisatawan. Radesa Wisata menyuguhkan spot instagramable, dan yang jadi salah satu andalannya ya si replika Menara Eiffel ini. 

Di sana lo bisa berjalan lewat jembatan bambu menuju ke Menara Eiffel. Nah dari situ bisa juga naik ke menaranya untuk menyaksikan pemandangan Rawa Pening. Ada juga wisata kuliner, wisata perahu, wisata perahu bebek, di tengah Danau Rawa Pening.

Radesa wisata ini masih soft launching, tapi sudah banyak pengunjung yang datang ke sana. Tiket masuknya cukup murah yakni seharga Rp10.000/orang, biaya sewa perahu keliling wisata air Rp 15.000/orang, atau menggunakan perahu bebek Rp 15.000/orang. Nggak usah takut, pengunjung akan dilengkapi dengan rompi atau pelampung agar lebih aman. Radesa Wisata buka mulai pukul 08.00-17.00 WIB. Namun usai grand opening, jam buka rencana akan sampai pukul 21.30 WIB. 

Kalau ada tempat bagus kayak gini main di rawa jadi nggak ragu lagi. Fasilitasnya lengkap dan pemandangannya juga ciamik bro. Gimana, sudah siap main ke rawa?

 

Source: https://kumparan.com/kumparantravel/tak-perlu-ke-paris-kamu-juga-bisa-menikmati-indahnya-menara-eiffel-di-semarang-1twPU4vZSRS/full
Urban Places Beginner Extreme solo traveling

14 COMMENTS

SHARE
Ldr_Lstyd
jadi pengen kesana
Bahar
Nice info
Ilham akbar
Nice info
Hilman rusdiyanto
mantabbb
Heni Oen
thanks infonya baru tahu
agung
tq info ya
Dewandaru Krisna Wisnu
Masuk list agenda
Agung Sutrisno
Bagaikan berwisata diluar negri
Masni
Pengen banget
Heni Oen
menara di tengah sawah