Aktivitas Wisata yang Wajib Lo Lakukan saat ke Tiga Gili di Lombok

Para pencinta traveling pasti sudah nggak asing lagi dengan berbagai macam destinasi wisata yang ada di Lombok. Selain memiliki deretan pantai yang indah di pulau intinya, Lombok juga dikenal dengan Gili atau tiga pulau kecil yang mempesona lho, bro. Dimana saja pulau tersebut? Lalu, apa saja aktivitas menarik yang bisa dilakukan di ketiga pulau yang menakjubkan ini? Simak ulasan selengkapnya berikut ini!

Aktivitas Wisata yang Wajib Lo Lakukan saat ke Tiga Gili di Lombok

Menikmati hangatnya matahari sambal berbaring di atas halusnya pasir pantai memang sangatlah menyenangkan. Namun, saat berkunjung ke Pulau Lombok lo bisa melakukan banyak aktivitas wisata yang lebih dari itu lho, bro.

Apalagi Pulau Lombok juga dikenal memiliki tiga Gili yang sangat populer di kalangan pencinta travelling, yaitu Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air.  Selain memiliki keindahan yang sangat memanjakan mata, ketiga Gili ini juga memiliki berbagai macam aktivitas wisata yang sayang untuk dilewatkan lho, bro. Berikut ini beberapa aktivitas wisata yang wajib lo lakukan saat berkunjung ke tiga Gili di Lombok, Nusa Tenggara Barat!

Berenang dan Mencoba Watersport di Laut yang Bersih

Aktivitas Wisata yang Wajib Lo Lakukan saat ke Tiga Gili di Lombok

Image source: ombaksunset.com

Hal paling praktis yang wajib lo lakukan tentu saja adalah berenang di laut Gili yang bersih. Yup, Ketiga Gili di Selatan Pulau Lombok ini memang terkenal memiliki pantai dan air laut yang sangat jernih.

Namun, tetap perhatikan batasan area tepi pantainya yang memang diperbolehkan untuk berenang. Biasanya, area aman ini ditandai dengan tali-tali dan balon-balon kecil yang mengambang di atas air laut. Jangan sampai melewati batasan tersebut ya, bro!

Selain berenang, lo juga bisa mencoba berbagai watersport juga, bro. Disepanjang pantai Gili Trawangan biasanya banyak agen-agen travel maupun hotel-hotel yang menawarkan paket watersport, mulai dari banana boat, kayak, jet ski, memancing, water skiing, paddle board, surfing, dan sebagainya. Semua aktivitas wisata tersebut tinggal lo pilih, mana yang paling disukai dan tentunya disesuaikan dengan budget travelling yang lo miliki, bro.

Snorkeling di Hopping Island

Aktivitas Wisata yang Wajib Lo Lakukan saat ke Tiga Gili di Lombok

Image source: ergonpandawa-gilitrawangan.com

Tentu akan sangat ‘mubazir’, jika lo hanya snorkelling di satu Gili saja. Pasalnya, ketiga Gili ini sangatlah menggoda dan saying sekali dilewatkan begitu saja, bro.

Cara yang paling efisien dan menyenangkan saat berniat mengunjungi Gili adalah dengan cara hopping island ke tiga Gili, yaitu Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air. Apalagi, saat berkunjung di Gili Meno lo bisa snorkelling bersama penyu. Tapi ingat, jangan sentuh penyu-penyu tersebut ya, bro.

Sebenarnya, ada dua cara untuk snorkelling di hopping island. Pertama, lo bisa mengikuti tur hopping island. Atau dengan cara menyewa boat secara private untuk menuju ke tiga Gili tersebut. Namun, cara yang kedua ini terbilang lebih mahal dari yang pertama ya, bro.

Nikmati Keindahan Bawah Laut Gili dengan Diving

Aktivitas Wisata yang Wajib Lo Lakukan saat ke Tiga Gili di Lombok

Image source: villas-edenia.com

Jika lo sudah memiliki lisensi menyelam, maka lo bisa langsung order untuk join diving di dive center yang banyak bertebaran di sepanjang Gili Trawangan ini. Nah, kalau belum, lo bisa mengambil paket fun dive agar tetap bisa menikmati keindahan bawah laut di tiga Gili ini, bro.

Untuk paket fun dive, biasanya lo bakal di training selama kurang lebih dua jam. Lo bakal diberi pelatihan baik teori maupun praktek langsung mencoba menggunakan peralatan diving dan latihan diving di kolam renang yang memang sudah disiapkan untuk latihan. Setelah itu, lo akan diantar ke spot diving yang menyajikan panorama bawah laut yang sangat berkesan dan nggak akan bisa lo lupain deh, bro.

Bersepeda atau Naik Cidomo Keliling Gili

Aktivitas Wisata yang Wajib Lo Lakukan saat ke Tiga Gili di Lombok

Image source: lashworldtour.com

Menariknya, Gili-gili di Lombok menerapkan larangan penggunaan sepeda motor. Sehingga satu-satunya kendaraan yang boleh lalu lalang di Gili hanyalah sepeda dan cidomo atau sejenis kereta kuda khas Gili, bro.

Mengelilingi Gili yang luasnya sekitar 7.5 km dengan Cidomo akan menghabiskan waktu sekitar 1 jam, dengan biaya sekitar 150 ribu rupiah saja, bro. Namun, untuk lebih puasnya, sewalah sepeda, yang harganya berkisar 75 ribu rupiah per hari.

Waktu yang paling tepat untuk berkeliling adalah di pagi hari saat menjelang sunrise ataupun di sore hari saat menjelang sunset. Pasalnya, pada saat-saat inilah matahari tidak terlalu panas menyengat, sehingga sangat segar untuk melakukan aktivitas tersebut sambil mengitari jalan setapak di sepanjang gilinya. Jangan lupa, untuk datangi spot-spot melihat sunset atau sunrise-nya yang menawan ya, bro!

Nah, itulah beberapa aktivitas wisata yang wajib lo lakukan saat berkunjung ke tiga Gili di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Selamat berpetualang!

 

Referensi : https://review.bukalapak.com/hobbies/7-kegiatan-ini-wajib-kamu-lakukan-di-3-pulau-gili-di-lombok-2511
Urban Action Beginner Extreme solo traveling

8 COMMENTS

SHARE
Yuniarto ( Tato )
bagussssssss
Heni Oen
kayaknya asyik nih idenya
Ldr_Lstyd
cocok dicoba
Yuniarto ( Tato )
Pesona Indonesia
Ricko Pratama Putra
Menarik sekali
Hilman rusdiyanto
mantabbb
acosabriansyah@gmail.com
Keren brow
Rdh
Kereeeeen