Makanan Instan Sehat yang Aman Dibawa Saat Mendaki Gunung!

Setiap perjalanan mendaki gunung pasti membutuhkan berbagai macam persiapan matang agar bisa sukses sampai ke puncak dan pulang ke rumah dengan selamat. Termasuk persiapan logistik berupa bahan makanan yang praktis dan sumber asupan energi selama mendaki. Selain mi instan, lo bisa bawa beberapa makanan instan sehat saat mendaki gunung berikut ini, bro!

Makanan Instan Sehat yang Aman Dibawa Saat Mendaki Gunung!

Makanan siap saji atau yang biasa disebut makanan instan merupakan makanan yang bisa disiapkan dengan cepat dan lebih praktis dibawa kemana pun, termasuk mendaki gunung. Yup, makanan jenis ini memang seringkali dimanfaatkan para petualang yang hobi menjelajahi alam liar, termasuk pendaki gunung.

Mi instan memang sangatlah praktis dan seringkali diandalkan para pendaki untuk mengisi perut yang sudah keroncongan. Namun, konsumsi mi instan secara berlebihan ternyata tidak baik bagi tubuh lho, bro. Apalagi, untuk mengisi perut saat mendaki gunung yang memerlukan energi dan nutrisi ekstra bagi tubuh. Oleh karena itu, lo harus tahu beberapa makanan instan sehat yang bisa lo bawa saat mendaki gunung berikut ini, bro!

Oatmeal

Makanan Instan Sehat yang Aman Dibawa Saat Mendaki Gunung!

Image source: unsplash.com/@moniqa

Makanan instan sehat yang satu ini bisa dibilang merupakan salah satu jenis makanan bergizi yang praktis untuk dibawa dan diolah saat mendaki gunung. Kemasan oatmeal sendiri sangatlah beragam. Namun, para pendaki biasanya memilih jenis sereal dengan kemasan sachet agar lebih ringkas dibawa dan tidak terlalu memakan tempat di dalam carrier.

Oatmeal juga memiliki beberapa kandungan gizi yang sangat bermanfaat lho, bro. Mulai dari vitamin B kompleks hingga serat pangan yang baik bagi tubuh, pencernaan dan kesehatan jantung. Selain itu, oatmeal juga bermanfaat untuk ‘mengusir’ rasa lemas, mules dan bahkan rasa mudah lapar, karena serat dan vitamin yang terkandung di dalamnya, bro.

Roti Gandum

Makanan Instan Sehat yang Aman Dibawa Saat Mendaki Gunung!

Image source: pexels.com/@magda-ehlers

Roti gandum merupakan jenis makanan yang terbuat dari biji gandum utuh, tekstur roti lebih kasar, lebih tawar dan berwarna coklat. Biasanya, biji gandum utuh mempunyai lapisan lengkap seperti benih, dedak dan endosperma atau bagian dari biji tumbuhan yang berbunga, bro. Tiga lapisan tersebut memiliki kandungan tinggi protein, serat, antioksidan, magnesium, zat besi, vitamin B, karbohidrat dan mineral lainnya.

Karbohidrat dan protein tinggi ini tentu sangat berguna sebagai sumber energi saat lo mendaki gunung, bro. Selain itu, kandungan serat yang tinggi juga bakal membuat perut lo kenyang lebih lama. Jadi, lo nggak akan mudah lapar saat perjalanan mendaki gunung. Kalau nggak terlalu suka dengan roti gandum, lo juga bisa membawa roti tawar atau roti basah lainnya kok, bro.

Sosis, Nugget dan Tempura

Makanan Instan Sehat yang Aman Dibawa Saat Mendaki Gunung!

Image source: unsplash.com/@sebbiepie

Sosis, Nugget dan tempura juga termasuk salah satu makanan instan yang sehat dan cocok banget buat santapan saat mendaki gunung, bro. Selain memiliki rasa yang terbilang enak, makanan ini juga sangat praktis dan mudah untuk disajikan.

Sosis daging diketahui memiliki beberapa kandungan seperti vitamin B12, protein dan zat besi yang cukup tinggi. Sosis ini bisa lo masak dengan berbagai cara bro, mulai dari sosis bakar, sosis asam manis, sosis goreng atau bisa juga dinikmati langsung tanpa diolah.

Bisa juga dijadikan sebagai pendamping roti atau kentang dengan menambahkan saus mayonaise dan sayuran seperti selada dan tomat. Kalau lo nggak terlalu menyukai sosis, pilihan lainnya adalah nugget tempura, aneka bakso (bakso sapi, bakso ikan, tahu bakso dan semacamnya), atau otak-otak.

Madu, Coklat, Kurma atau Gula Merah

Makanan Instan Sehat yang Aman Dibawa Saat Mendaki Gunung!

Nah, ini dia makanan instan yang sehat dan nggak boleh absen dari list logistik saat mendaki gunung. Yup, madu, coklat, kurma dan gula merah memang merupakan jenis makanan yang dapat memberikan tenaga ketika lo mengonsumsinya, bro.

Keempat jenis makanan ini sangatlah mudah ditemukan dalam banyak kemasan, seperti kurma yang dalam bentuk cair, madu dengan kemasan botol plastik dan lain sebagainya. Kemasan praktis dan kandungan gizi dari makanan instan inilah yang menjadi nilai lebih untuk perbekalan saat mendaki gunung, bro.

Sarden atau Tuna Kaleng Berbumbu

Makanan instan sehat yang bisa lo bawa saat mendaki gunung selanjutnya yaitu sarden atau tuna kaleng yang sudah dibumbui. Lo hanya perlu memanaskannya atau bisa juga ditambah dengan irisan cabai, tomat dan bawang sesuai selera lo, bro.

Untuk makanan pendamping, lo bisa memasak nasi, membawa lontong dari rumah atau menggunakan ubi-ubian seperti kentang. Biasanya, jenis makanan ini digunakan untuk pendakian singkat, misalnya sehari semalam. Pasalnya, jika terlalu lama disimpan pada suhu yang tidak terjaga makanan instan yang satu ini bisa menimbulkan aroma yang kurang sedap, bro.

So, itulah beberapa Makanan instan sehat yang bisa lo bawa saat mendaki gunung. Selamat berpetualang!

 

Referensi : https://www.gotravelly.com/blog/makanan-sehat-di-saat-naik-gunung/
Extreme Action Beginner Extreme solo traveling

6 COMMENTS

SHARE
SRI YAYA ASTUTI
Setiap perjalanan mendaki gunung pasti membutuhkan berbagai macam persiapan matang agar bisa sukses sampai ke puncak dan pulang ke rumah dengan selamat.
Ldr_Lstyd
NICE INFO
agung
tq info ya
Hilman rusdiyanto
mantabbbbb
Agung Sutrisno
Yang jelas harus bergizi dan sehat serta dapat menggantikan energi dalam tubuh yang telah terbuang
Agus Sungkawa
Makanan yang sehat dan bergizi