Cara Menggunakan Kompas dengan Perhatikan Arah Mata Angin

Mendaki gunung tentu perlu membawa berbagai perlengkapan pendukung dalam melakukan aktivitas selama pendakian. Termasuk kompas yang digunakan sebagai penunjuk arah supaya nggak tersesat. Tapi, lo sudah bisa menggunakan kompas dengan tepat, bro?

Cara Menggunakan Kompas dengan Perhatikan Arah Mata Angin

Mendaki gunung memang menjadi salah satu kegiatan yang digemari oleh banyak orang. Kegiatan yang juga menjadi sarana rekreasi ini sekaligus memberikan pengalaman yang berbeda. Namun, kegiatan mendaki gunung juga memerlukan tenaga dan kondisi fisik yang prima. Nggak hanya itu, beberapa keterampilan khusus juga diperlukan saat proses pendakian.

Salah satunya adalah keterampilan menggunakan kompas. Meskipun terkadang, para pendaki didampingi oleh profesional yang memahami setiap jalur pendakian. Tapi nggak ada salahnya jika setiap pendaki mengerti cara menggunakan kompas dengan baik.

Meski nggak mudah dan butuh ketelitian, tapi lo bisa belajar cara menggunakan kompas dengan baik, bro. Simak ulasan selengkapnya berikut ini!

Temukan Lokasi

Cara Menggunakan Kompas dengan Perhatikan Arah Mata Angin

Image source: pexels.com/@joshuaworoniecki

Cara menggunakan kompas yang tepat dapat dibagi menjadi 2 bagian. Bagian pertama adalah mencari tahu lokasi lo berada terlebih dahulu. Dalam hal ini setidaknya perlu menemukan 2 tempat yang terkenal, seperti gunung atau danau. Semakin banyak menemukan landmark, maka semakin mudah menentukan arah dengan baik.

Berikut beberapa cara menggunakan kompas yang perlu dipersiapkan:

  1. Dengan menggunakan kompas, arahkan peta dengan arah mata angin yang benar. Yaitu arah utara yang mengarah ke utara dengan sebenarnya bukan arah selatan dan lain sebagainya.
  2. Ambil arah landmark atau lokasi yang terkenal dan menjadi acuan pertama. Caranya sejajarkan arah panah dengan landmark yang dipilih. Lalu putar bezel sampai jarum sejajar dengan tanda untuk arah utara. Perlu diketahui, angka di sebelah garis indeks merupakan arah lo.
  3. Pada peta, letakkan salah satu sudut garis lurus kompas pada landmark. Putar seluruh jarum kompas sampai jarum sejajar arah utara pada bezel. Buat garis tepi dengan menggunakan pensil.
  4. Ulangi langkah ke-2 dan ke-3 untuk landmark yang lain. Jika sudah menemukan titik perpotongan, maka diperkirakan itu adalah lokasi lo.

Cara Menuju Lokasi yang Diinginkan

Cara Menggunakan Kompas dengan Perhatikan Arah Mata Angin

Image source: pexels.com/@vladbagacian

Cara menggunakan kompas selanjutnya adalah menentukan arah menuju lokasi yang diinginkan. Ini dilakukan tepat setelah menemukan lokasi tempat lo berada. Maka lo bisa menggunakan kompas menuju titik lokasi manapun pada peta yang diinginkan.

Berikut adalah cara menggunakan kompas untuk menuju lokasi yang bisa dipraktikkan:

  • Tempatkan sudut pelat dasar kompas pada lokasi lo berada. Kemudian putar seluruh kompas sampai garis lurus membentuk garis antara lokasi dan tujuan yang akan dicapai.
  • Putar bezel sampai garis kisi pada pelat dasar sesuai dengan garis kisi pada peta.
  • Bacalah angka di sebelah haris indeks. Angka ini menunjukkan arah lo.
  • Pegang kompas tepat berada di depan tubuh lo. Putar tubuh lo sampai panah utara pada bezel sesuai dengan jarum kompas. Maka arah panah akan menunjukkan jalur untuk mencapai lokasi tujuan yang diinginkan.

Dalam hal ini, perlu diketahui bahwa utara magnet nggak sama dengan arah utara sebenarnya. Sudut di antara keduanya merupakan deklinasi, yang dapat berubah-ubah tergantung lokasi lo berada.

Nah, itulah beberapa cara menggunakan kompas dengan baik dan benar. Walaupun sudah ada alat penunjuk arah yang lebih modern seperti GPS, namun perlu koneksi internet yang baik dan stabil supaya bisa bekerja dengan lancar. Maka dari itu, kompas menjadi alat yang tepat jika digunakan saat melakukan pendakian.

 

Source: www.merdeka.com
Tips Beginner Extreme solo traveling

5 COMMENTS

SHARE
Agus Sungkawa
Nice informasi
Heni Oen
makasih infonya
Bahar
Nice info
agung
tq info ya
Hilman rusdiyanto
terima kasih infonya