Tips Caving Buat Pemula Biar Lebih Siap Menjelajahi Gua

Susur gua atau caving pada dasarnya bukanlah aktivitas luar ruangan yang biasa saja. Sedikit berbeda dengan kegiatan lainnya, diperlukan keahlian khusus dan pemahaman tertentu sebelum lo melakukan caving agar siap menghadapi berbagai risiko yang bakal lo temui saat di dalam gua. Oleh karena itu, lo harus tahu tips-tips caving bagi pemula agar lebih siap saat menjelajahi gua yang menantang, bro.

Tips Caving Buat Pemula Biar Lebih Siap Menjelajahi Gua

Caving atau susur gua merupakan kegiatan yang biasanya dilakukan oleh para pecinta alam untuk menjelajahi kedalaman gua yang menantang. Selain membutuhkan kondisi fisik yang fit dan sehat, lo juga membutuhkan beberapa pengetahuan terkait tips menyusuri gua yang tepat, bro. Pasalnya, meskipun kelihatannya mudah, menyusuri gua tidak bisa dilakukan sembarangan.

Meskipun begitu, semua orang pasti bisa mempelajari tips caving yang tepat. Nah, kalau lo baru ingin mencoba aktivitas extreme yang satu ini, berarti lo harus mengetahui tips-tips caving bagi pemula agar lebih siap saat menjelajahi gua yang menantang berikut ini, bro!

Kenali Struktur Goa Sebelum Caving

Tips Caving Buat Pemula Biar Lebih Siap Menjelajahi Gua

Image source: pexels.com/@simonmigaj

Sebelum melakukan caving, pastikan lo mengenal atau mengetahui struktur gua yang akan lo jelajahi, bro. Apakah gua yang akan disusuri termasuk horizontal atau vertikal. Hal ini sangat penting, karena struktur gua akan sangat mempengaruhi peralatan yang akan dibawa.

Jika ingin menjelajahi gua horizontal biasanya lo harus membawa helm, caving sling, cover all, dan caving pack sack, bro. Sedangkan untuk gua vertikal, lo pasti bakal membutuhkan peralatan yang bisa membantu untuk naik, turun, dan penunjang lainnya.

Untuk naik, biasanya membutuhkan foot loop jammer dan chest jammer. Sedangkan saat turun, lo bakal membutuhkan bobin descender, rack, dan auto stop descender. Untuk penunjang, peralatan yang harus dibawa biasanya berupa pengaman untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan saat caving, bro.

Pelajari Teknik Caving Dasar

Tips Caving Buat Pemula Biar Lebih Siap Menjelajahi Gua

Meskipun idealnya untuk menelusuri sebuah gua diperlukan postur tubuh yang kecil, tetapi hal tersebut tidak selalu menjamin lho, bro. Pada dasarnya, yang dibutuhkan dalam caving adalah tubuh yang sehat, fleksibel, dan mampu menghadapi segala rintangan dengan baik.

Panik adalah hal yang harus dihindari kalau lo ingin mencoba caving, bro. Sebab, disadari atau tidak, tempat gelap dan sempit seringkali memicu adrenalin yang membuat lo mudah panik. Bersikap tenang merupakan hal terpenting saat lo menjelajahi gua. Selain hal yang telah disebutkan sebelumnya, ada teknik lain yang harus lo pahami dan kuasai, bro.

Jika menyusuri gua horizontal, pastikan kondisi lutut dan siku tangan optimal. Pasalnya, lo pasti bakal membutuhkan anggota tubuh ini untuk membungkuk, merayap, tengkurap, dan bahkan telentang. Selain itu, lo juga pasti bakal membutuhkan kemampuan menyelam dan berenang ketika menyusuri gua horizontal yang berisiko terendam air atau banjir ketika tiba-tiba turun hujan.

Sedangkan saat menyusuri gua vertikal, yang dibutuhkan adalah kemampuan untuk menyeimbangkan berat badan dan keterampilan menggunakan tali. Karena biasanya saat menyusuri gua vertikal, teknik caving yang dibutuhkan adalah single rope technique (SRT) atau teknik tali tunggal, bro.

Lakukan Pemetaan Ketika Caving

Tips Caving Buat Pemula Biar Lebih Siap Menjelajahi Gua

Jika lo berniat ingin menjelajahi gua, maka melakukan pemetaan merupakan sebuah keharusan. Pemetaan merupakan kegiatan yang bersifat perekaman dan pendokumentasian kondisi gua secara menyeluruh. Hal ini wajib dilakukan mengingat salah satu tujuan utama caving adalah untuk mengenali struktur dan kondisi asli sebuah gua, bro.

Inilah mengapa selain peralatan caving, lo juga harus membawa alat-alat lain untuk mendokumentasikan setiap sudut gua. Pemetaan memiliki kaitan yang erat dengan teknik caving karena sebuah peta dapat menentukan teknik apa yang harus digunakan caver selanjutnya saat akan menjelajahi gua, bro.

Lakukan Penelusuran dengan Caver Berpengalaman

Selain mempelajari beberapa teknik caving dasar, pastikan saat menjelajahi gua lo didampingi oleh caver yang berpengalaman, bro. Selain memiliki jam terbang yang tinggi, caver berpengalaman biasanya juga tahu apa saja yang harus dilakukan saat mengalami situasi sulit di dalam gua.

Nah, itulah tips-tips caving bagi pemula agar lebih siap saat menjelajahi gua yang menantang. Semoga informasi di atas bisa menjadi referensi bermanfaat buat lo ya, bro. Selamat berpetualang!

 

Referensi : https://akasakaoutdoor.co.id/blogs/aks-tips/teknik-caving-bagi-pemula
Tips Beginner Extreme solo traveling

4 COMMENTS

SHARE
Agus Sungkawa
Tips yang bermanfaat
Heni Oen
thanks tipsnya
Hilman rusdiyanto
info bagus
Bahar
Nice info