Sejarah Aneh Kopi, Pernah Dikenal Sebagai Minuman Menakutkan!

Siapa yang suka minuman berkafein satu ini? Yap, kopi menjadi salah satu minuman berkafein yang digemari oleh banyak orang. Ternyata kopi memiliki sejarah yang cukup aneh dan nyeleneh, bro. Simak ulasan selengkapnya berikut ini!

Sejarah Aneh Kopi, Pernah Dikenal Sebagai Minuman Menakutkan!

Kopi yang biasa dinikmati saat bersantai ini disebut sebagai komoditas yang paling banyak diperdagangkan setelah minyak bumi. Kopi juga dipercaya berasal dari Ethiopia, kopi juga digunakan di Timur Tengah pada abad ke-16 untuk membantu konsentrasi. Tapi, apakah lo tahu kalau kopi ternyata memiliki fakta lain yang mencengangkan, bro?

Nggak hanya pada saat ini aja, dalam sejarah kopi sudah memiliki banyak kegunaan, dari spiritual hingga stimulan. Ternyata ada beberapa fakta tentang penemuan kopi yang bisa dibilang aneh dan mencengangkan. Penasaran apa aja? Berikut deretan sejarah penemuan kopi di dunia.

Kopi Ditemukan oleh Penggembala Kambing

Sejarah Aneh Kopi, Pernah Dikenal Sebagai Minuman Menakutkan!

Imagr source: WordPress.com

Legenda mengatakan bahwa Kaldi, penggembala kambing di Ethiopia abad ke-9, menemukan efek energi dan menyegarkan ketika ia melihat kambingnya bersemangat setelah memakan biji kopi. Kaldi memberi tahu kepala biara setempat tentang hal ini dan kepala biara datang dengan gagasan mengeringkan dan merebusnya untuk membuat minuman.

Pada suatu waktu, Abbas dan para biarawannya menemukan bahwa minuman itu membuat mereka terjaga selama berjam-jam. Berita itu kemudian menyebar sejauh semenanjung Arab.

Diyakini Bahwa Kopi itu ‘Berdosa’

Sejarah Aneh Kopi, Pernah Dikenal Sebagai Minuman Menakutkan!

Image source: unsplash.com/@nate_dumlao

Kopi, seperti alkohol, memiliki sejarah panjang pelarangan, menarik rasa takut dan kecurigaan. Minum kopi sempat dilarang oleh para ahli hukum dan ulama di Mekah pada 1511. Pihak oposisi yang dipimpin gubernur Mekah Khair Beg, takut bahwa kopi akan mendorong perlawanan terhadap pemerintahannya dengan menyatukan para pria untuk menggagalkannya.

Maka lahirlah asosiasi kopi dengan penuh hasutan dan revolusi, bahwa kopi itu ‘berdosa’. Tetapi kontroversi mengenai apakah memabukkan atau nggak, hanya membuat masalah ini selama 13 tahun berlalu begitu aja sampai larangan itu akhirnya dicabut pada tahun 1524 oleh perintah dari Ottoman Sultan Turki Selim I.

Di Kairo juga ada larangan serupa pada 1532, kedai kopi dan gudang kopi di sana pun digeledah.

Kopi Sempat Dikenal Sebagai Minuman Iblis

Sejarah Aneh Kopi, Pernah Dikenal Sebagai Minuman Menakutkan!

Image source: unsplash.com/@asthetik

Nggak butuh waktu lama untuk penyebaran kopi dari tanah Arab ke daratan Eropa. Venesia menjadi negara pertama yang mendapatkan kopi lewat perdagangan yang menguntungkan. Pada awal kedatangannya, kopi nggak serta merta mulus, tetap menjadi kontroversi.

Ketika datang di daratan Eropa, ternyata kopi juga dianggap sebagai minuman keras yang misterius, eksotis, dan memabukkan. Kopi juga sempat disebut sebagai ‘minuman iblis’ bagi umat Katolik karena kecurigaan untuk pengganti anggur.

Saking khawatirnya, Paus Klemens VIII turun tangan dan mencicipinya dan mengatakan bahwa minuman iblis itu sangat lezat. Sejak saat itu, kopi telah dijuluki minuman iblis, atau cangkir iblis.

Kedai Kopi Jadi ‘Internet Pertama’

Bagi banyak pria melek huruf pada saat itu, kedai kopi ibarat korannya, internetnya, atau tempat di mana informasi berkeliaran. Pada 1675, di Inggris sudah ada setidaknya 3.000 kedai kopi. Beberapa bahkan memiliki tempat tidur dan sarapan untuk tamu yang bermalam.

Nah, begitulah ternyata sejarah aneh penemuan kopi yang pernah ada di dunia. Bagaimana menurut lo, bro? Aneh dan nyeleneh banget ternyata sejarah minuman yang satu ini, ya.

 

Source: male.co.id
In Depth Beginner Extreme solo traveling

8 COMMENTS

SHARE
Bahar
Nice info
Agus Sungkawa
Baru tahu sejarahnya kopi
Heni Oen
waduh baru tau
Yuniarto ( Tato )
Sejarahnya ada juga ya
Ldr_Lstyd
nice info
Rdh
Nice info
acosabriansyah@gmail.com
Pengetahuan Baru, Pengalaman Baru dan Inspirasi Baru
Syahrul Ramadan
Nice infonya